Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bisakah ledakan sinar gamma memberi kita energi tak terbatas?

Semburan sinar gamma adalah yang paling kuat dan paling terang di alam semesta. Itu hanya berlangsung beberapa detik tetapi melepaskan sejumlah besar energi – pada kenyataannya, sebanyak yang telah dipancarkan matahari sepanjang hidupnya. Menurut para ilmuwan, mungkin ada cara untuk meniru proses yang mengarah pada ledakan ini dalam apa yang bisa menjadi pengubah permainan di industri energi.

Semburan sinar gamma (GRB) Percaya Itu terjadi ketika lubang hitam terbentuk. Yang pertama diamati pada tahun 1967, tetapi hanya pada tahun 1991 Compton Gamma Ray Observatory dengan Explosive and Transient Source Experiment (BATSE) diluncurkan. BATSE mendeteksi sekitar satu ledakan sinar gamma per hari. Sekarang, ledakan sinar gamma yang paling kuat mungkin telah memberi para ilmuwan kunci untuk pengulangan mereka.

GRB 190114C, Peringatan Ilmiah menulis, berasal dari 4,5 miliar tahun cahaya dan menghasilkan energi sekitar satu triliun elektron volt. Anda tidak perlu terbiasa dengan prosedur listrik untuk memahami skala ledakan: jika memiliki triliunan apa pun di dalamnya, itu pasti kuat.

Awal tahun ini, para ilmuwan dari Universitas Columbia dan Universitas Adolfo Ibanez di Chili bekerja sama tersebut Mereka menemukan cara untuk memanen energi dari lubang hitam dengan memisahkan dan menghubungkan kembali garis-garis magnet di sepanjang cakrawala peristiwa – yang disebut titik tidak bisa kembali di mana lubang hitam menyerap segalanya dan bahkan cahaya pun tidak dapat kembali.

Proses pemisahan dan penyambungan kembali ini dapat mempercepat partikel plasma di sekitar lubang hitam menjadi energi negatif, kata para peneliti. Hal ini pada gilirannya akan menghasilkan sejumlah besar energi yang dapat diekstraksi.

Sekarang, sebuah tim dari Pusat Internasional untuk Jaringan Astrofisika Relativistik (ICRANet), sebuah organisasi yang berbasis di Italia, mengatakan telah menemukan mekanisme yang menyebabkan ledakan sinar gamma.

READ  Kepunahan mamut berbulu disebabkan oleh perubahan iklim, bukan perburuan manusia

Terkait: “Kita akan melihat minyak senilai $200”: Rusia dan menteri OPEC meledakkan rencana nol-bersih IEA

Mereka menyebutnya hipernova biner, dan ini adalah sistem dua bintang, satu bintang karbon-oksigen dan satu bintang neutron. Bintang karbon dan oksigen mendekati akhir hidupnya, dan ketika berubah menjadi supernova, yang merupakan cara bintang mati, ia memuntahkan materi yang diserap bintang neutron, menyebabkannya melintasi titik massa kritisnya dan berubah menjadi bintang. lubang hitam. Proses terjadinya ini menyebabkan semburan sinar gamma.

Itu teorinya, tapi tim yang dipimpin Rahim Moradi juga menjelaskan bagaimana prosesnya bisa direplikasi. Ini karena percepatan partikel di sepanjang garis magnet, yang mengekstrak energi putaran dari atmosfer lubang hitam: wilayah di mana kontinum ruang-waktu berputar begitu cepat sehingga setiap objek berputar ke arah yang sama dengan lubang hitam.

“Mesin baru yang disajikan dalam publikasi baru membuat tugas melalui proses relativistik murni umum, grapheto elektrodinamik: lubang hitam yang berputar, berinteraksi dengan medan magnet di sekitarnya, menciptakan medan listrik yang mempercepat elektron di sekitarnya ke energi yang sangat tinggi sehingga menghasilkan energi yang tinggi. -energi radiasi dan sinar kosmik berenergi ultraviolet tinggi,” jelas salah satu penulis penelitian, Remo Ruffini, seperti dilansir Science Alert.

Ini mungkin tampak terlalu mengada-ada dan terlalu teoretis untuk memiliki implikasi praktis. Namun, lubang hitam telah menangkap imajinasi para ilmuwan karena keberadaan mereka hanyalah sebuah teori. Kemudian mereka dikonfirmasi. Sekitar setengah abad yang lalu, fisikawan Inggris Roger Penrose menggambarkan masa depan di mana manusia atau alien dapat memanen energi lubang hitam dengan menjatuhkan objek ke atmosfernya dan mempercepatnya menjadi energi negatif. Tahun lalu, para ilmuwan dari Universitas Glasgow membuat bukti konsep untuk proses ini.

READ  Los Angeles County mencapai level kuning; Pembukaan kembali skala besar mungkin segera hadir

Dengan kata lain, apa yang tampak seperti fantasi beberapa dekade yang lalu telah berubah menjadi fenomena nyata dan apa yang tampaknya merupakan cara yang mustahil untuk menggunakan fenomena ini untuk mengekstrak energi lima puluh tahun yang lalu sekarang secara hipotetis mungkin. Semburan sinar gamma berulang juga mungkin terjadi.

Oleh Irina Slough untuk Oilprice.com

Bacaan Teratas Lainnya dari Oilprice.com:

Baca artikel ini di OilPrice.com