SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

BPJS Ketenagakerjaan Jemput Bola Beri Pelayanan Klaim

  • Reporter:
  • Selasa, 20 Maret 2018 | 22:04
  • Dibaca : 406 kali
BPJS Ketenagakerjaan Jemput Bola Beri Pelayanan Klaim
ilustrasi

BATUAJI – Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Batam Sekupang terus meningkatkan pelayanan bagi peserta. Di tahun 2018 ini, salah satu kemudahan pelayanan yang diberikan adalah ‘pick me up service’.

Kepala Bidang Pelayanan Kantor BPJS Ketenagakerjaan Batam Sekupang Eka Kartika mengatakan, pick me up service ini adalah pelayanan jemput klaim untuk memberikan kemudahan bagi peserta yang tak bisa datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

“Layanan jemput bola ini diberikan kepada mereka yang fisiknya tak mungkin untuk datang ke kantor kami. Misalnya peserta terserang penyakit stroke,” ujarnya, Senin (19/3/2018).

Sehingga perwakilan keluarga bisa mewakilkan datang ke Kantor BPJS. Setelah melakukan pengajuan, nantinya akan ada petugas dari BPJS Ketenagkerjaan yang mendatangi peserta dalam proses pencairan klaim.

Kali ini, BPJS Ketenagakerjaan memberikan pelayanan ini kepada M Dahlan AS. Peserta BPJS Ketenagakerjaan ini sedang dirawat di RSUD Embung Fatimah. Hasil diagnosa dokter, Dahlan terkena gejala stroke.

Sebelumnya, pihak keluarga sudah datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan pelayanan ini. Selanjutnya petugas dari BPJS mendatangi peserta ke rumah sakit untuk mempermudah mencairkan klaim program BPJS Jaminan Hari Tua (JHT).

Dahlan menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2018, melalui Yayasan Muhajirin yang beralamat di Tiban. Selama 8 tahun menjadi peserta, ia mendapatkan klaim JHT sebesar Rp12,5 juta.

Program ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2016 lalu, namun masih kurang tersosialisasi kepada masyarakat atau peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Tahun 2018 ini, kami sudah tiga kali memberikan layanan pick me up service ini kepada peserta,” katanya.

Eka menambahkan, layanan ini tak hanya diberikan kepada peserta yang sakit. Sebab perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran juga bisa mengajukan layanan ini, dan nantinya akan ada petugas dari BPJS Ketenagakerjaan yang mendatangi perusahaan tersebut. “Kami jemput bola, jadi memudahkan peserta yang tak bisa datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mencairkan klaim,” kata Eka.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com