Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

BRICS LIVE SUMMIT: PM Modi tiba di Afrika Selatan, mendapat sambutan besar di Johannesburg

BRICS LIVE SUMMIT: PM Modi tiba di Afrika Selatan, mendapat sambutan besar di Johannesburg

Pembaruan langsung BRICS Summit 2023: Perdana Menteri Narendra Modi pada hari Selasa tiba di Johannesburg, Afrika Selatan, untuk kunjungan dua hari menghadiri KTT BRICS ke-15. Sebelum kepergiannya, Perdana Menteri Modi mengatakan bahwa KTT BRICS akan memberikan kesempatan yang berguna bagi para anggotanya untuk mengidentifikasi bidang kerja sama di masa depan. Dia mengatakan India menghargai bahwa BRICS telah menjadi platform untuk membahas masalah-masalah yang menjadi perhatian seluruh dunia selatan. Setibanya di sana, perdana menteri dijadwalkan untuk mengambil bagian dalam Dialog Pemimpin Forum Bisnis BRICS dan Dewan Pemimpin BRICS. KTT BRICS utama akan diadakan pada 23 Agustus.

Ini akan terdiri dari dua sesi – satu tentang kerja sama dalam pengelompokan, mereformasi sistem multilateral dan memerangi terorisme, dan yang lainnya tentang pemulihan ekonomi global, Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dan prioritas selatan global.

Negara-negara BRICS menyumbang 42 persen dari populasi dunia bersama dengan 27 persen dari PDB global. Perdana Menteri Modi mengunjungi Johannesburg atas undangan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa. Ini akan menjadi KTT tatap muka pertama dari kelompok BRICS, yang mencakup Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, sejak 2019. Presiden Rusia Vladimir Putin telah memutuskan untuk tidak melakukan perjalanan ke Johannesburg untuk menghadiri KTT tersebut.

Modi akan berpartisipasi dalam sesi kepekaan BRICS-Afrika dan Dialog BRICS Plus pada 24 Agustus.

Dalam pernyataan keberangkatannya sebelum mengunjungi Afrika Selatan untuk KTT BRICS ke-15, Perdana Menteri Modi mengatakan bahwa BRICS akan memberikan kesempatan yang berguna bagi kelompok BRICS untuk mengidentifikasi bidang kerja sama di masa depan dan meninjau pengembangan kelembagaan.

“Kami menghargai bahwa BRICS telah menjadi platform untuk diskusi dan pembahasan tentang isu-isu yang menjadi perhatian seluruh dunia selatan, termasuk pentingnya pembangunan dan reformasi sistem multilateral,” katanya.

READ  Dokter Amerika menemukan seekor lalat rumah yang benar-benar sehat di dalam usus seorang pria berusia 63 tahun

Mencatat bahwa ia juga akan berpartisipasi dalam acara ‘BRICSAfrica Outreach’ dan ‘BRICS Plus Dialogue’ yang akan diadakan sebagai bagian dari kegiatan KTT, Modi mengatakan ia berharap dapat berinteraksi dengan sejumlah negara tamu yang telah diundang untuk berpartisipasi. dalam acara ini.

“Saya menantikan pertemuan bilateral dengan beberapa pemimpin yang berada di Johannesburg,” katanya. Modi mengunjungi Afrika Selatan dari 22-24 Agustus untuk menghadiri KTT BRICS ke-15 atas undangan Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa.