Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Bulan purnama dan gerhana bulan sebagian tepat pada saat liburan Halloween

Bulan purnama dan gerhana bulan sebagian tepat pada saat liburan Halloween

Mendaftarlah untuk buletin sains Wonder Theory CNN. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Gerhana bulan sebagian akan mendominasi langit malam pada hari Sabtu dalam tampilan yang mempesona yang memungkinkan pengamat langit melihat sebagian bayangan bumi yang terpantul di bulan.

Bagi mereka yang berada di jalur gerhana yang membentang melintasi Eropa, Afrika, sebagian besar Asia, dan Australia Barat, Menurut Bumi Langit Bulan akan tampak menggigit selama gerhana sebagian mulai pukul 15.34 hingga 16.52 Waktu Bagian Timur.

Gerhana sebagian akan dikelilingi oleh gerhana penumbra yang dimulai pada pukul 14.01 WIB dan menyebabkan Bulan sedikit redup karena pantulan bayangan terluar Bumi, sebaliknya Dikenal sebagai penumbraSebelum bayangan bagian dalam planet yang gelap, umbra, terjadi gerhana sebagian. Masyarakat di sepanjang pantai timur Amerika Utara dan Selatan akan bisa melihat akhir gerhana penumbra, sebelum berakhir pada pukul 18:26 ET. Menurut waktu dan tanggal.

Gary Hirschhorn/Berita Corbis/Getty Images

Bulan purnama berang-berang mulai melewati bayangan bumi selama gerhana bulan total bulan November di New York. Pada hari Sabtu, gerhana bulan sebagian akan terjadi pada mereka yang berada di sisi malam Bumi mulai pukul 15.34 hingga 16.52 waktu Timur.

Sedangkan Bulan tidak akan berubah menjadi merah seperti saat gerhana bulan total, ketika sinar matahari baru sampai ke Bulan setelah melewati atmosfer bumi yang berdebu dan berawan, Menurut NASA Gerhana sebagian akan memberikan tampilan yang mudah dilihat dan tidak memerlukan peralatan tambahan apa pun dokter. Shannon Schmolldirektur Planetarium Abrams di Michigan State University.

“Selama Anda berada di sisi gelap bumi dan Anda bisa melihat bulan, Anda bisa melihatnya terjadi,” kata Schmuhl. “Jika ada observatorium atau tempat dengan teleskop di dekatnya, atau Anda memiliki teleskop, ada baiknya Anda keluar dan melihat lebih dekat detailnya, tapi itu tidak perlu.”

READ  Roket bulan Mega Artemis akan diluncurkan di landasan peluncuran pada 6 Juni

Gerhana bulan sebagian yang akan datang akan bertepatan dengan bulan purnama di bulan Oktober, yang juga dikenal sebagai Bulan Pemburu – kemungkinan dinamakan demikian karena berfungsi sebagai peringatan bagi para pemburu untuk bersiap menghadapi bulan-bulan musim dingin yang akan datang, menurut Almanak Petani Tua.

Gerhana bulan hanya terjadi saat bulan purnama penuh, karena matahari, bumi, dan bulan harus sejajar agar peristiwa tersebut terjadi. Bulan purnama terjadi Saat bulan berada di belakang Bumi Dan kebalikan dari matahari – gerhana bulan juga memerlukan pengaturan ini, tetapi benda langit harus demikian Sejajarkan dengan tepat Schmoll mengatakan bahwa Bulan berada dalam bayangan Bumi ketika dipantulkan dari Matahari.

Gerhana bulan total lebih sejajar dibandingkan gerhana bulan sebagian karena bulan bergerak Sepenuhnya berada dalam bayang-bayang bumiSedangkan gerhana bulan sebagian menunjukkan Bulan hanya melewati sebagian bayangan Bumi.

Orbit Bulan dan Bumi menjadikannya rata-rata Dua gerhana bulan Berbicara setiap tahun. Gerhana bulan terakhir adalah A Gerhana penumbra Pada bulan Mei, karena Bulan meredup saat mengorbit di bayangan terluar Bumi, gerhana bulan berikutnya tidak akan terjadi Hingga Maret 2024.

Schmuhl mengatakan, gerhana bulan dan gerhana matahari cenderung terjadi berpasangan karena pada gerhana matahari mengharuskan bulan berada pada fase bulan baru. Gerhana bulan sebagian pada hari Sabtu terjadi dua minggu setelah gerhana matahari cincin “Cincin Api” di langit Di Amerika.

“Kebanyakan orang tidak bisa melihat Bumi dari sudut pandang apa pun selain dari kehidupan di dalamnya, kecuali astronot dan segelintir orang, jadi menurut saya bisa selalu melihat bayangan itu sungguh menarik,” kata Schmuhl. “Ini adalah pengingat bahwa kita adalah bagian dari alam semesta yang lebih besar.”

READ  Simulasi pemijahan bintang yang menakjubkan adalah yang paling realistis yang pernah ada

Waspadai Yupiter, Saturnus, dan VenusYang juga akan terlihat oleh mereka yang berada di sisi malam Bumi saat gerhana bulan sebagian, kata Schmuhl.

Gerhana bulan berikutnya akan menjadi gerhana penumbra yang akan terlihat oleh para pengamat bintang di Amerika Utara dan bahkan tidak akan terjadi. 25 Maret 2024. Dua minggu kemudian, gerhana matahari total juga akan terlihat di Amerika Utara 8 April 2024.

Meskipun gerhana bulan sebagian akhir pekan ini adalah kesempatan terakhir untuk melihat gerhana tahun 2023, ada alasan lain untuk menantikan langit malam sepanjang sisa tahun ini, termasuk hujan meteor Orionids yang dapat disaksikan hingga berakhir pada bulan November. 22, dan lima lainnya Puncak sisa hujan meteor yang harus ditangkap:

● Tauride Selatan: 5-6 November

● Pemberontakan di Utara: 11-12 November

● Leonid: 17-18 November

● Gemini: 13-14 Desember

● Ursids: 21-22 Desember

Ada dua bulan tersisa di tahun 2023, Menurut Almanak Petani:

● 27 November: Bulan Berang-berang

● 26 Desember: Bulan Dingin