SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Buruh Minta Pemerintah Tekan Harga Bahan Pokok

  • Reporter:
  • Kamis, 7 Februari 2019 | 14:41
  • Dibaca : 222 kali
Buruh Minta Pemerintah Tekan Harga Bahan Pokok
Ilustrasi foto teguh prihatna

BATAM KOTA – Sejumlah buruh yang bergabung dalam Faderasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam kembali menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Wali Kota Batam. Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-20 FSPMI, massa buruh meminta agar pemeritah mengeluarkan kebijakan yang pro masyarakat.

Konsulat Cabang FSPMI Kota Batam, Alfitoni mengatakan, aksi unjuk rasa kali ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia. Ada beberap tuntutan yang mereka sampaikan kepada Pemko Batam, di antaranya mengenai lapangan pekerjaan, kemudian ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dan meminta agar pemerintah menyiapkan regulasi terkait dengan revolusi industri 4.0.

“Kami juga meminta kepada Wali Kota Batam untuk bisa menekan harga kebutuhan pokok di Batam,” ujarnya, Rabu (6/2).

Kemudian isu mengenai BPJS Kesehatan menolak Permenkes Nomor 51 tahun 2018 di mana ada urun biaya, lalu cabut PP Nomor 78 tahun 2015 tentang upah yang murah kemudian juga meminta stop outsourching dan pemagangan. Selain itu, para buruh juga menolak tenaga kerja asing (TKA) dari China yang tidak memiliki skil.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan tuntutan yang disampaikan para buruh tentu akan segera ditindaklanjuti Pemko Batam. Salah satunya adalah dengan menyampaikan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dan pemerintah pusat.

Karena sebagian besar apa yang menjadi tuntutan buruh, kewenanganya tidak di Pemko Batam. “Kemudian untuk pengendalian harga, kita sudah ada TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah). Selain itu kami juga terus melakukan pantauan harga di pasar,” ujarnya usai menerima perwakilan buruh. ahmad rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com