Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Cacar bukan lagi darurat kesehatan global: WHO |  berita Dunia

Cacar bukan lagi darurat kesehatan global: WHO | berita Dunia

Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan Kamis bahwa cacar, sebelumnya disebut cacar monyet, tidak lagi menjadi darurat kesehatan global, hampir setahun setelah penyakit itu mulai menyebar ke seluruh dunia. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan dia menerima rekomendasi komite darurat bahwa wabah virus tidak lagi menjadi darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional.

Mpox (cacar monyet) adalah penyakit virus yang disebabkan oleh virus monkeypox, yang merupakan spesies dari genus Orthopoxvirus. (pinterest)

“Kemarin, komite darurat #mbox bertemu dan merekomendasikan kepada saya bahwa wabah tersebut tidak lagi menjadi Darurat Kesehatan Masyarakat yang Menjadi Kepedulian Internasional,” kata Tedros dalam sebuah tweet.

“Saya telah menerima saran ini, dan dengan senang hati saya umumkan bahwa cacar tidak lagi menjadi darurat kesehatan global.”

Cacar adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus monkeypox yang dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan, pembengkakan kelenjar getah bening dan demam, menurut Organisasi Kesehatan Dunia.

Tedros mencatat bahwa sejauh ini lebih dari 87.000 kasus cacar dan 140 kematian telah dilaporkan ke badan kesehatan PBB dari 111 negara, dengan hampir 90% lebih sedikit kasus yang tercatat dalam tiga bulan terakhir dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

“WHO sangat terdorong oleh respons cepat negara-negara. Kami sekarang melihat kemajuan yang stabil dalam mengendalikan wabah, membangun pelajaran dari HIV dan bekerja sama dengan komunitas yang paling terkena dampak,” katanya.

“Secara khusus, pekerjaan organisasi masyarakat, bersama dengan otoritas kesehatan masyarakat, sangat penting untuk memberi tahu orang-orang tentang bahaya cacar, mendorong dan mendukung perubahan perilaku, dan mengadvokasi tes, vaksin, dan perawatan agar tersedia dan dapat diakses oleh mereka yang sakit. paling membutuhkan.”

Namun, ia menekankan bahwa cacar masih merupakan tantangan kesehatan masyarakat yang besar yang membutuhkan respons yang kuat, proaktif, dan berkelanjutan.

READ  Infeksi Covid-19 menyebar melalui udara, kata pusat itu dalam protokol yang diubah; Kasus aktif semakin menurun