Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Cahaya utara mengubah langit menjadi merah, hijau, dan ungu di seluruh Eropa

Cahaya utara mengubah langit menjadi merah, hijau, dan ungu di seluruh Eropa

Aurora borealis juga melanda sebagian besar wilayah Rusia dan Ukraina

New Delhi:

Pengamat langit di Eropa dikejutkan ketika cahaya utara mengubah langit malam menjadi merah, hijau, dan ungu di beberapa negara pada hari Minggu. Gambar yang diposting online menunjukkan langit malam dalam nuansa merah, hijau, dan ungu cerah di sebagian besar wilayah Eropa.

Apa yang disebut “aurora borealis” juga memandikan sebagian besar wilayah Rusia, Ukraina, Siberia, dan Pegunungan Ural dengan warna hijau, merah tua, dan ungu dalam semalam.

“Malam ini ada cahaya utara paling kuat yang pernah saya lihat! Saya sudah mengejarnya selama hampir 6 tahun hampir setiap malam musim dingin, tapi saya belum pernah melihat oksigen merah begitu kuat dengan mata telanjang,” X (sebelumnya) Pengguna Twitter asal Norwegia menulis di platform tersebut. .

Pengguna X lainnya berkata: “Siang – dan malam yang luar biasa – yang kami alami di Orkney… matahari yang terik di siang hari dan aurora malam ini!”

Seorang pengguna juga membagikan foto cahaya utara di langit Bosnia dan Kroasia.

Bagaimana cahaya utara dihasilkan?

Cahaya utara dihasilkan oleh aliran partikel bermuatan Matahari yang menembus atmosfer bumi dan bertabrakan dengan molekul gas, yang kemudian melepaskan foton cahaya.

READ  berita ukraina langsung, berita rusia - ukraina hari ini, berita perang ukraina rusia, berita krisis ukraina, berita perang dunia ketiga, hari kemenangan rusia, dewan hak asasi manusia PBB, india, hak asasi manusia, resolusi PBB

Mereka paling sering terjadi di dekat Kutub Utara.

Menurut sebuah laporan, cahaya utara diperkirakan akan lebih kuat tahun ini dibandingkan selama satu dekade terakhir karena peningkatan aktivitas matahari.