Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

CEO Boeing Dave Calhoun dikritik oleh komite Senat

CEO Boeing Dave Calhoun dikritik oleh komite Senat

New Delhi:

Dalam pengakuan yang mengejutkan di hadapan komite Kongres AS, CEO Boeing Dave Calhoun mengakui bahwa raksasa maskapai penerbangan tersebut melakukan tindakan pembalasan terhadap pelapor, yang bertentangan dengan kebijakan yang dinyatakan secara publik.

Pengakuan Calhoun disampaikan saat sidang Senat yang menegangkan yang bertujuan menyelidiki praktik keselamatan Boeing setelah dua kecelakaan fatal pesawat 737 MAX pada tahun 2018 dan 2019. Tragedi ini menewaskan 346 orang dan mengungkap kelemahan serius dalam proses manufaktur dan pengendalian Boeing.

Momen perhitungan

Senator Richard Blumenthal, yang memimpin sidang, mengkritik keras kepemimpinan Boeing. “Boeing berada pada momen perhitungan dan peluang untuk mengubah budaya keselamatan yang sudah rusak,” katanya.

Blumenthal mengungkapkan bahwa subkomite yang mengawasi penyelidikan menerima kesaksian dari lebih dari selusin pelapor, banyak di antaranya menggambarkan tempat kerja di mana masalah keselamatan sering diabaikan atau dihukum.

Ketika ditanya berapa banyak karyawan Boeing yang dipecat karena tindakan pembalasan yang dilakukan oleh pelapor, Calhoun mengakui, “Senator, saya tidak tahu angka itu. Tapi saya tahu itu terjadi.”

Kesaksian para pelapor

Sidang tersebut mencakup kesaksian dari karyawan saat ini dan mantan karyawan Boeing yang memberikan gambaran buruk tentang sebuah perusahaan yang memprioritaskan keuntungan daripada keselamatan. Di antara mereka adalah insinyur Sam Saleh Pour, yang mengklaim bahwa Dreamliner dapat mengalami kecelakaan besar karena kesalahan proses produksi.

Saleh Pour, yang telah bekerja di Boeing selama hampir dua dekade, mengibaratkan potensi insiden seperti membengkokkan klip kertas berulang kali. “Kalau dilakukan sekali atau dua kali… tidak akan rusak. Tapi suatu saat akan rusak,” katanya pada bulan April tahun ini.

Sebuah memorandum dari subkomite merinci pengaduan pelapor baru. Salah satu laporan yang sangat meresahkan datang dari Sam Mohawk, yang menuduh bahwa Boeing diperintahkan untuk menyembunyikan suku cadang yang disimpan secara tidak benar dari inspektur penerbangan federal. Menurut Mr Mohawk, hal ini diduga dilakukan untuk menghindari peningkatan kapasitas penyimpanan dan staf yang mahal

READ  Papua Nugini melaporkan lebih dari 2.000 orang tertimbun tanah longsor

Pertahanan Dave Calhoun

Calhoun memulai kesaksiannya dengan meminta maaf kepada keluarga korban kecelakaan 737 MAX, dengan mengatakan: “Budaya kami jauh dari sempurna, namun kami mengambil tindakan dan membuat kemajuan.” Terlepas dari pernyataannya, ketidakmampuan Calhoun untuk memberikan angka spesifik mengenai kasus pembalasan terhadap pelapor telah menuai kritik tajam dari anggota parlemen.

Senator Partai Republik Josh Hawley dari Missouri menuduh Calhoun mengutamakan keuntungan di atas keselamatan. Dia mengkritik paket kompensasi Calhoun sebesar $33 juta dan mempertanyakan kepemimpinannya, dengan mengatakan: “Andalah masalahnya. Dan saya berharap kepada Tuhan Anda tidak menghancurkan perusahaan ini sebelum dapat diselamatkan.”

Hawley mengatakan bahwa Calhoun tetap menjabat adalah sebuah “parodi” dan mengapa dia tidak boleh mengundurkan diri.

“Senator, saya mendukung hal ini,” jawab Mr. Calhoun.

Video unggulan hari ini

Seorang warga Amerika keturunan India memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat di Amerika Serikat