Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China luncurkan kereta maglev, ‘kendaraan darat tercepat di dunia’: lapor

China telah menggunakan teknologi maglev selama hampir dua dekade dalam skala yang sangat terbatas.

Beijing:

China meluncurkan kereta magnet yang mampu mencapai kecepatan tertinggi 600 kilometer per jam pada hari Selasa, kata media pemerintah.

Kecepatan tertinggi akan membuat kereta, yang dikembangkan sendiri oleh China dan dibangun di kota pesisir Qingdao, kendaraan darat tercepat di dunia.

Menggunakan gaya elektromagnetik, kereta feromagnetik “naik” di atas lintasan tanpa kontak antara badan dan rel.

China telah menggunakan teknologi ini selama hampir dua dekade dalam skala yang sangat terbatas. Shanghai memiliki garis magnet pendek yang membentang dari salah satu bandara ke kota.

Meskipun sejauh ini tidak ada garis magnet antara kota atau provinsi di China yang dapat memanfaatkan kecepatan tinggi dengan baik, beberapa kota termasuk Shanghai dan Chengdu telah memulai penelitian.

Dengan kecepatan 600 kilometer per jam, hanya perlu 2,5 jam perjalanan dari Beijing ke Shanghai dengan kereta api — perjalanan lebih dari 1.000 kilometer (620 mil).

Sebagai perbandingan, perjalanan memakan waktu 3 jam dengan pesawat dan 5,5 jam dengan kereta api berkecepatan tinggi.

Negara-negara dari Jepang hingga Jerman juga ingin membangun jaringan magnetik, meskipun biaya tinggi dan ketidaksesuaian dengan infrastruktur lintasan yang ada tetap menjadi kendala bagi perkembangan pesat.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

READ  Dalam percakapan dengan Tarun Anand dari Universal Business School tentang avatar MBA pasca-COVID yang baru