Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China melanjutkan latihan militer di sekitar Taiwan sehari setelah jadwal berakhir

Angkatan Darat melakukan serangkaian latihan angkatan laut dan udara yang belum pernah terjadi sebelumnya di dekat Taiwan. (file)

Beijing:

Militer China mengumumkan latihan militer baru pada Senin di laut dan wilayah udara di sekitar Taiwan — sehari setelah jadwal penyelesaian latihan terbesarnya sebagai protes atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taipei pekan lalu.

Komando Teater Timur China mengatakan akan melakukan latihan bersama yang berfokus pada operasi anti-kapal selam dan serangan angkatan laut – membenarkan kekhawatiran beberapa analis keamanan dan diplomat bahwa Beijing akan terus menekan pertahanan Taiwan.

Kunjungan Pelosi ke Taiwan pekan lalu membuat marah China, yang menganggap pulau otonom itu miliknya sendiri, dan menanggapinya dengan meluncurkan uji coba rudal balistik di Taipei untuk pertama kalinya, serta mengabaikan beberapa jalur dialog dengan Washington.

Durasi pasti dan lokasi latihan terbaru belum diketahui, tetapi Taiwan telah melonggarkan pembatasan penerbangan di dekat enam area latihan Tiongkok sebelumnya di sekitar pulau itu.

Sesaat sebelum latihan terakhir diumumkan, Presiden Taiwan Tsai Ing-wen bertemu dengan Perdana Menteri Saint Vincent dan Grenadines yang berkunjung, Ralph Gonsalves, dan mengatakan kepadanya bahwa dia tergerak oleh tekadnya untuk berkunjung meskipun ada tekanan militer China.

“Perdana Menteri Gonsalves telah menyatakan dalam beberapa hari terakhir bahwa latihan militer China tidak akan mencegahnya mengunjungi teman-teman di Taiwan. Pernyataan ini sangat mempengaruhi kami,” kata Tsai pada pesta penyambutan Gonsalves di Taipei.

Tidak jelas apakah Tsai memberikan undangan kepada Gonsalves sebelum atau setelah kunjungan Pelosi. “Kami tidak mengungkapkan perencanaan internal atau komunikasi antar pemerintah,” kata kementerian luar negeri Taiwan dalam menanggapi pertanyaan Reuters.

READ  Bisakah Anda melihat jerapah yang tidak memiliki kembaran dalam ilusi optik ini?

Selain menembakkan 11 rudal balistik jarak pendek selama empat hari latihan sebelumnya, kapal perang China, jet tempur dan drone bermanuver secara luas di sekitar pulau.

Sesaat sebelum latihan itu berakhir pada hari Minggu, sekitar 10 kapal perang dari China dan Taiwan bermanuver dalam jarak dekat di sekitar garis tengah tidak resmi Selat Taiwan, menurut seseorang yang mengetahui situasi yang terlibat dalam perencanaan keamanan.

Pembicaraan militer telah ditunda

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal, pesawat, dan drone militer China mensimulasikan serangan di pulau itu dan angkatan laut. Dikatakan telah mengirim pesawat dan kapal untuk merespons “dengan tepat”.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan China melanjutkan tekanan diplomatiknya terhadap Amerika Serikat, mempertahankan penangguhan pembicaraan militernya sebagai protes atas kunjungan Pelosi.

“Situasi tegang saat ini di Selat Taiwan benar-benar diprovokasi dan diciptakan oleh pihak AS atas inisiatifnya sendiri, dan pihak AS harus memikul tanggung jawab penuh dan konsekuensi serius dari ini,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Wu Qian dalam sebuah posting online.

“Intinya tidak bisa dipatahkan, komunikasi membutuhkan ketulusan,” kata Wu.

China membatalkan pembicaraan formal yang melibatkan kepemimpinan tingkat teater, koordinasi kebijakan pertahanan dan konsultasi angkatan laut-militer pada hari Jumat ketika Pelosi meninggalkan wilayah tersebut.

Pejabat Pentagon, Departemen Luar Negeri dan Gedung Putih mengutuk langkah itu, menyebutnya sebagai reaksi berlebihan dan tidak bertanggung jawab.

Analis keamanan dan diplomat mengatakan bahwa pemutusan beberapa kontak China dengan militer AS meningkatkan risiko eskalasi yang tidak disengaja atas Taiwan pada saat yang kritis.

Seorang pejabat AS mencatat bahwa pejabat China tidak menanggapi panggilan oleh pejabat senior Pentagon di tengah ketegangan pekan lalu, tetapi mereka tidak melihat ini sebagai pemutusan hubungan resmi dengan tokoh-tokoh terkemuka, seperti Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin.

READ  Perwira Sikh Angkatan Darat Inggris Harpreet Chandy memulai petualangan di Antartika

Ditanya langsung tentang laporan tersebut, juru bicara Kementerian Pertahanan Wu mengatakan, “Tindakan penanggulangan yang relevan China adalah peringatan yang diperlukan dari provokasi AS dan Taiwan, dan pertahanan yang sah atas kedaulatan dan keamanan nasional.”

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)