Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China memperingatkan AS tentang hubungan militer dengan Taipei ‘Ini berarti perang’ | berita Dunia

  • Guoqiang mengatakan China tetap dengan tegas menentang setiap pertukaran resmi atau kontak militer antara Amerika Serikat dan Taiwan, dan menuntut agar Washington “memutuskan semua hubungan militer dengan Taiwan.”

oleh hindustantimes.com | Oleh Shankhyaneel Sarkar | Diedit oleh Avik RoyHindustan Times, New Delhi

Diposting pada 25 Juni 2021 pukul 21:23 EST

China memperingatkan Amerika Serikat pada hari Rabu agar tidak meningkatkan kontak militer dengan Taiwan, dengan mengatakan bahwa mencari kemerdekaan Taiwan akan berarti “perang.” Juru bicara kementerian pertahanan China, Ren Guoqiang, mengatakan China percaya pada reunifikasi lengkapnya, dan menyuarakan penentangan Beijing terhadap hubungan militer antara Washington dan Taipei.

Guoqiang mengatakan China tetap dengan tegas menentang setiap pertukaran resmi atau kontak militer antara Amerika Serikat dan Taiwan, dan menuntut agar Washington “memutuskan semua hubungan militer dengan Taiwan.”

“Reunifikasi penuh China adalah kebutuhan sejarah dan peremajaan besar bangsa China adalah tren yang tak terbendung. Aspirasi umum rakyat adalah perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Pernyataan itu mengutip Guoqiang yang mengatakan bahwa ‘kemerdekaan Taiwan’ adalah jalan buntu dan mengejarnya berarti perang.”

Guoqiang mengingatkan Amerika Serikat bahwa mereka sepenuhnya memahami perkembangan dan pertumbuhan China melalui fokus eksternal dan meminta Amerika Serikat untuk mematuhi prinsip satu-China. China menganggap Taiwan sebagai provinsi yang memisahkan diri, dan baru-baru ini meningkatkan tekanan politik dan militer.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu mengatakan negaranya perlu bersiap untuk kemungkinan konflik militer karena taktik intimidasi China yang meningkat. Taiwan telah melaporkan beberapa serangan ke wilayah udaranya oleh pesawat tempur China. Guoqiang juga mengatakan bahwa Tentara Pembebasan Rakyat mengirim pesawat multi-tipe untuk melakukan latihan di Selat Taiwan. Dia menekankan bahwa langkah itu diperlukan dalam menanggapi situasi saat ini di Selat Taiwan dan kebutuhan China untuk melindungi kedaulatannya. Sebagai tanggapan, Amerika Serikat mengintensifkan dukungannya untuk Taipei.

READ  Dijelaskan: Apakah perubahan iklim menyebabkan peningkatan frekuensi kejadian cuaca ekstrem?

Para pemimpin G7 sebelumnya mengeluarkan pernyataan yang mengutuk Beijing atas pelanggaran hak asasi manusianya dan menyoroti perlunya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan. Angkatan Laut AS terus transit melalui Selat Taiwan setiap bulan.

(dengan masukan dari ANI)

Menutup