Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China mendaratkan kendaraan di Mars

SebuahPukul 17:17 GMT Pada 14 Mei Tianwen -1Misi China, yang telah mengorbit Mars sejak 10 Februari, sedikit mengubah jalurnya – yang menempatkannya pada jalurnya untuk mencapai permukaan planet enam jam kemudian. Tiga jam kemudian, dia membagi dirinya menjadi dua jam. Satu bagian mengatur ulang lintasannya sehingga melewati planet dan tetap berada di orbit. Yang lainnya, proyektil tertutup dengan pelindung termal di luar dan muatan berharga di dalam, sedang surut ke permukaan dengan kecepatan 17.000 kilometer per jam.

Dengarkan cerita ini

Nikmati lebih banyak audio dan podcast iOS atau Laki-laki dalam penampilan.

Itu memasuki atmosfer pada ketinggian 125 kilometer di atas permukaan bumi, dan terbakar di langit yang aneh seperti meteor. Setelah gesekan dengan udara menurunkan sebagian besar energi kinetiknya, saya menyebarkan parasut. Cangkangnya terbuka, memperlihatkan landasan pendaratan berkaki empat, mesin roket, dan penjelajah roda enam di atasnya. Mesin dinyalakan. Dengan hanya tersisa 100 meter di peron, ia berhenti sejenak, sementara sensornya mencari rintangan yang akan menghalangi pendaratan yang aman. Kemudian ia menetap di awan debu merah di Utopia Planetia, salah satu dataran datar besar di belahan bumi utara Mars.

tanah

Masuk, turun dan mendarat (Perusahaan Listrik LebanonSecara historis, ini adalah bagian paling berbahaya dari misi Mars mana pun. Setiap sistem rekayasa harus berfungsi secara optimal. Semua ini harus terjadi sepenuhnya atas dasar pemrosesan dan pemrograman data di dalam pesawat, tanpa pengawasan manusia. Mars saat ini berjarak 320 meter dari Bumi, yang berarti sinyal radio antarplanet membutuhkan waktu 18 menit untuk bergerak ke setiap arah. Pada saat para insinyur, peneliti dan pejabat berkumpul di Pusat Kontrol Luar Angkasa Beijing tahu pasti bahwa pesawat ruang angkasa memasuki atmosfer, debu sudah lama mengendap.

Begitu berita mencapai pusat kendalinya, media China hanya membuang-buang waktu untuk mengumumkan kemenangan sebuah bangsa yang terbangun yang, sebagian besar, tidak menyadari kegembiraan drama yang berputar-putar di langit. Sadar akan Perusahaan Listrik LebanonMengenai taruhannya, pihak berwenang memberikan sedikit peringatan sebelumnya tentang upaya untuk mendarat. detailnya Tianwen -1Manuver orbit dilakukan oleh para amatir yang mengamati pengukuran China dari kejauhan menggunakan piringan radio dari era Apollo di Jerman.

Pengumuman tersebut menegaskan tidak hanya pendaratan itu sendiri, tetapi juga keberhasilan lengkap dari misi yang mengarahkannya. Mengorbit dan mendarat di planet yang belum pernah dikunjungi China sebelumnya, Tianwen -1 Itu menjadi misi paling sukses ke Mars dalam sejarah. Amerika tidak mendarat di Mars sampai lima tahun setelah orbit pertamanya.

Namun, baik pesawat luar angkasa AS pertama maupun penerusnya Viking Kendaraan pendarat melakukan perjalanan mereka pada tahun 1970-an. Uni Soviet berhasil mendarat pada waktu itu juga. Tapi Badan Antariksa Eropa (Yang – yang manaDia gagal dalam misi dua kali, pada tahun 2003 dan 2016 – upaya kedua untuk bermitra dengan badan antariksa Rusia, Roscosmos. Melakukannya dengan benar untuk pertama kalinya pasti merupakan pencapaian, bahkan setengah abad kemudian. Selain itu, ini adalah salah satu dari banyak pencapaian. Pada Januari 2019, Tiongkok menjadi negara pertama yang menempatkan penjelajah di sisi jauh bulan. Bulan lalu mereka meluncurkan bagian pertama dari stasiun luar angkasa baru. Bagian kedua akan segera jatuh tempo.

Namun, China masih punya cara untuk pergi. Kemampuan Penentuan, Kapal pendarat satu ton yang dioperasikan oleh Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional AS, NASA, Ditempatkan di lokasi yang dipilih dengan cermat di kawah Jizero pada tanggal 18 Februari, jauh melebihi lokasi penjelajah China. Zhurong, Ini adalah seperempat dari ukurannya. Dan Penentuan Ia memiliki keuntungan dari infrastruktur orbital yang mapan dalam bentuk jaringan relai Mars, dan lima satelit (tiga Amerika, dua Eropa) yang dapat mengirim data bandwidth tinggi kembali ke Bumi. Salah satu alasan yang diberikan ZorongGagal mengirim gambar lagi hingga 19 Mei itu Tianwen -1 Pengorbit harus memperbaiki orbitnya lagi untuk menyampaikan pesan.

kapan Zorong Berguling dari platformnya ke dataran, ia akan memfokuskan perhatian pada data dari radar penembus tanah, yang dirancang untuk dapat mendeteksi es di kedalaman hingga 100 meter. Distribusi es menarik bagi mereka yang mempelajari Mars, yang mendefinisikan batas-batas potensi kelayakhunian planet di masa lalu yang tidak terlalu kering, dan mungkin juga masa depan manusianya.

Proyek Pemetaan Es Air Bawah Permukaan Mars (Renang), Yang merupakan upaya untuk mensintesis hasil dari berbagai gaya bertanya, menunjukkan kapan Viking 2 Mengikis permukaan di lokasi pendaratannya di bagian lain Utopia Planitia pada tahun 1970-an, lengan robotiknya mungkin berjarak beberapa sentimeter dari lapisan es. Tapi itu terjadi pada 48 derajat lintang utara. ZorongLokasi pendaratan terletak di 25 ° LU di dalam kawasan tropis Mars, di mana kemungkinan es di bawah permukaan masih tersisa di dekat permukaan. Namun, kemungkinannya bukan tidak mungkin – dan itu akan membuat penemuan es menjadi lebih menarik.

Pendaki liar

Sejauh mana Zorong Anda akan menemukan es yang sulit untuk diceritakan. Ini serupa dalam ukuran dan desain Jiwa Dan Kesempatan, Dua penjelajah mendarat di Amerika pada tahun 2004, dan seperti mereka, harapan hidup rata-rata resmi adalah 90 sols (Sol adalah hari Mars, 40 menit lebih lama dari hari Bumi) Jiwa Berakhir selama enam tahun, Kesempatan 14, yang telah menempuh jarak 45 km. Jika teknik Cina memiliki kaliber yang sebanding dan tim operasinya juga pintar, Zorong Dia mungkin masih memiliki perjalanan panjang di depannya.

Bahkan mungkin berlanjut hingga tonggak sejarah berikutnya dalam eksplorasi Mars: Sampel Kembali ke Bumi. Itu adalah sebuah tujuan NASA Dia membicarakannya selama beberapa dekade dan sekarang bermaksud untuk menyadarinya. bagian dari ketekunanMisi perusahaan adalah merakit cache sampel yang akan diambil kemudian oleh joint NASA dan Badan Antariksa Eropa Tugas. Dalam beberapa tahun, rencananya mengatakan, Amerika akan mendapatkan penawaran dekat dengan bunker itu. Ini akan berisi pesawat ruang angkasa Eropa kecil untuk mengambil sampel dan rudal yang mampu membawanya ke orbit, di mana pesawat ruang angkasa Eropa lain akan mengambilnya dan mengembalikannya ke Bumi. Ini adalah misi sains planet paling ambisius yang saat ini sedang direncanakan.

China juga dilaporkan merencanakan misi pengembalian sampel untuk diluncurkan sekitar akhir dekade ini. Dia mendemonstrasikan beberapa kemampuan yang diperlukan untuk ini dengan mengembalikan sampel dari bulan tahun lalu. Jika tujuannya adalah untuk mengembalikan sampel lama yang dapat diakses dari pendarat rudal on-board, mungkin saja misi ini akan selesai sekitar waktu yang sama dengan penyelesaian misi yang lebih kompleks. NASA dan Badan Antariksa Eropa Mencoba. Itu akan menjadi perlombaan luar angkasa yang sangat menarik.

Artikel ini muncul di bagian Sains dan Teknologi edisi cetak di bawah judul “Selamat Datang di Utopia.”

READ  Misi Tianwen-1 China membuktikan pendaratan kendaraan bersejarah itu di Mars