Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

China mungkin menyertakan helikopter dalam misi pengembalian sampel Mars

HELSINKI — China menyempurnakan detail misi Tianwen 3 untuk mengumpulkan sampel dari Mars dan mengirimkannya ke Bumi.

Detail misi baru dan target spesifik terungkap dalam presentasi yang dibuat pada Konferensi Ilmu Antariksa Dalam Internasional di Hefei, Provinsi Anhui, 22 April.

Misi tersebut akan menggunakan sepasang roket Long March 5 untuk mengirim dua set pesawat ruang angkasa terpisah menuju Planet Merah sekitar tahun 2030 dengan tujuan mengumpulkan dan mengembalikan 500 gram sampel.

Tujuan misi termasuk mencari bukti kehidupan di Mars, memahami evolusi ekologis dan iklim Planet Merah dan kemungkinan tempat tinggalnya di masa lalu.

Dua peluncuran Long March 5 masing-masing akan membawa modul pendarat, pendakian, pengorbit, dan pengembalian. Masuk, turun, dan mendarat akan bergantung pada teknologi yang digunakan untuk mendaratkan penjelajah Zhurong sebagai bagian dari misi China Tianwen-1 ke Mars.

Pengambilan sampel, seperti misi pengembalian sampel bulan Chang’e-5 China 2020, akan menggunakan lengan robot berbasis rover untuk mengumpulkan sampel permukaan dan bor untuk mengumpulkan material hingga dua meter di bawah permukaan.

Dalam perkembangan baru, pendarat juga akan memiliki kemampuan terbatas untuk mengumpulkan sampel di dekat lokasi pendaratan, baik menggunakan robot berkaki enam atau ciptaan seperti helikopter. Akademi Ilmu Pengetahuan China (CAS) akan mengungkap prototipe yang terakhir pada tahun 2021.

Sampel yang dikumpulkan akan dikirim ke orbit Mars menggunakan kendaraan pendakian dua tahap. Ini akan terdiri dari tahap pertama padat dan tahap atas propelan cair dengan massa total minimal 360 kg.

Kendaraan pendakian kemudian berlabuh dengan modul pengorbit dan kembali, dengan dok dibantu oleh lengan robot. Materi yang dikumpulkan kemudian akan ditransfer ke modul pengembalian untuk dikembalikan ke Bumi.

READ  SpaceX meluncurkan 56 satelit Starlink baru ke orbit dan mendaratkan roket ke laut

Jadwal peluncuran yang tidak jelas menunjukkan, tetapi tidak mengonfirmasi, pembalikan dari jadwal peluncuran 2028 yang disebutkan sebelumnya.

Profil misi telah diajukan untuk pengembalian sampel Mars di China pada Juni 2022 untuk peluncuran yang ditargetkan pada akhir 2028 dengan sampel dikirim ke Bumi pada Juli 2031.

Jadwal 2028 akan melihat sampel dikirim ke Bumi sebelum NASA dan misi Pengembalian Sampel Mars Badan Antariksa Eropa. Misi tersebut juga bertujuan untuk mengirimkan sekitar 500 gram sampel Mars ke Bumi.

Pemilihan lokasi pendaratan dilakukan dengan mengundang masukan dari tim internasional. Kendala teknik berarti bahwa pendaratan akan terjadi antara 17 dan 30 derajat lintang utara, karena kebutuhan daya dan penerangan. Elips pendaratan akan berukuran 50 kali 20 kilometer.

Situs potensial mengharuskan mereka berada setidaknya 3.000 meter di bawah ketinggian nol, atau setara dengan permukaan laut di Bumi. Ini memberi penjelajah lebih banyak atmosfer untuk bergerak untuk memperlambat penurunannya ke Mars.

Pemilihan lokasi juga akan diimbangi dengan tujuan ilmiah. Lokasi yang dipilih harus dianggap relevan secara astrobiologis, dengan prioritas diberikan pada medan Mars yang berusia lebih dari 3,5 miliar tahun.

Lingkungan yang cocok untuk kemunculan dan pelestarian kehidupan seperti sistem sedimen atau hidrotermal, bukti aktivitas air di masa lalu, dan keanekaragaman geologi disebutkan sebagai prioritas utama. itu

Misi tersebut juga akan mematuhi standar tertinggi dari protokol perlindungan planet, menurut presentasi tersebut.

Liu Jizhong dari China Lunar Exploration and Space Program Center of CNSA, dan Huo Zengqian dari Institute of Geology of the Chinese Academy of Geosciences menyampaikan penawaran Di Hefei, yang kemudian pelanggan di media sosial China.

READ  10 strategi untuk membangun perangkat kecemasan Anda sendiri