Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Chocolate Covered Belalang Untuk Meal Salad, Paris Restaurant Sajikan Serangga Sebagai Makanan | Vulgaris

Menu mencicipi Laurent Veyet bukan untuk orang yang lemah hati, tetapi mungkin mengisyaratkan masa depan memberi makan populasi dunia yang berkembang – ada salad udang dengan ulat kuning dan serangga renyah di atas hamparan sayuran dan belalang berlapis cokelat.

Saat matahari menyinari teras luar ruangan restoran di Paris, hidangan hiasan Veyet memenangkan isyarat persetujuan dan embusan kepuasan dari pengunjungnya yang suka berpetualang.

“Ini hidangan yang sempurna untuk pertama kalinya,” kata koki Paris itu, sambil menyiapkan hidangan pasta yang terbuat dari tepung ulat, ubi jalar, dan larva serangga goreng. “Ada beberapa rasa yang sangat menarik. Tidak banyak orang yang bisa mengatakan mereka tidak menyukainya.”

Meal worm muncul di tangan chef Prancis Laurent Vette di restorannya, Innovate, menyajikan makanan berbasis serangga di Paris (Reuters)

Badan Keamanan Pangan Eropa (EFSA) menganggap pada bulan Januari ulat bambu cocok untuk dikonsumsi manusia dan pada bulan Mei setuju untuk menjualnya ke pasar. Badan tersebut telah mempresentasikan lebih dari selusin aplikasi lain dari produk makanan berbasis serangga, termasuk jangkrik dan belalang.

Mealworm dan serangga secara umum dapat menjadi sumber makanan rendah karbon yang berkelanjutan untuk masa depan.

Makan bersama kedua putrinya, Suhail al-Ayari memberikan dukungannya: “Saya merasa seperti berada di restoran tradisional kecuali konsep di balik apa yang saya makan. Terus terang, rasanya sangat mirip (dengan makanan normal).”

Putri kecil Ayari juga berpikiran positif: “Dia ramah lingkungan dan terlebih lagi, dia baik.”

Koki Prancis Laurent Fett menampilkan piring saat dia berdiri di restorannya, Inoveat, menyajikan makanan berbasis serangga di Paris, Prancis (REUTERS)
Koki Prancis Laurent Fett menampilkan piring saat dia berdiri di restorannya, Inoveat, menyajikan makanan berbasis serangga di Paris, Prancis (REUTERS)

Veyet menumbuhkan ulat bambu di tempat, memberi mereka makan gandum dan sayuran. Meskipun ulat bambu terlihat seperti ulat yang tidak menggugah selera, sebenarnya ini adalah larva kumbang gelap, kaya akan protein, lemak, dan serat.

Bahan serbaguna, whole meal worm dapat digunakan dalam kari atau salad, atau digiling untuk membuat tepung untuk pasta, biskuit, atau roti.

READ  Panas juga mencatat, hampir 500 kematian di British Columbia, Kanada
Koki Prancis Laurent Fett menyiapkan sepiring ulat goreng di restorannya, Inoveat, yang hanya menyajikan makanan berbahan serangga di Paris, Prancis (REUTERS)
Koki Prancis Laurent Veet menyiapkan sepiring ulat goreng di restorannya Inoveat, yang hanya menyajikan makanan berbahan dasar serangga di Paris, Prancis (Reuters)

“Serangga itu bergizi,” kata Stefan de Kiersmeker, juru bicara keamanan pangan dan kesehatan di Komisi Eropa. “Mereka benar-benar dapat membantu kita beralih ke pola makan dan pola makan yang lebih sehat dan berkelanjutan.”

Bagi Veyet, tantangannya ada dua: mendapatkan opini publik dan mempelajari cara mencocokkan rasa serangga dengan makanan lain.

“Anda harus menemukan rasa yang tepat, pendamping yang tepat. Semuanya enak,” katanya. “Koki mana pun akan mengatakan hal yang sama kepada Anda.”