Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Covid-19: Indonesia menghadapi krisis oksigen dan menjangkau negara-negara untuk meminta bantuan | berita Dunia

Indonesia, negara terpadat keempat di dunia, saat ini mengalami kekurangan pasokan oksigen akut untuk merawat pasien kritis dengan penyakit virus corona (COVID-19). Ini adalah perubahan radikal dalam situasi, karena hanya dua bulan lalu, pada bulan Mei, Indonesia menyediakan pasokan oksigen ke India, ketika India dilanda gelombang kedua epidemi. Indonesia memasok India dengan sekitar 3.400 tabung oksigen dan kondensor.

Pemerintah Indonesia telah menjangkau beberapa negara termasuk China, Singapura dan Australia untuk mengatasi hipoksia mereka. Luhut Binsar Pandjaitan, menteri yang bertanggung jawab menanggapi pandemi Covid-19 di negara itu, mengatakan kepada The Associated Press pada hari Jumat bahwa pemerintah telah menerima pengiriman lebih dari 1.000 tabung oksigen, kondensor, ventilator, dan alat kesehatan lainnya yang tiba dari Singapura. bersama dengan 1.000 ventilator. Pengantar dari Australia.

Pandjitan mengatakan pada hari Jumat bahwa pemerintah juga berencana untuk membeli 36.000 ton oksigen dan 10.000 kondensor dari Singapura, menambahkan bahwa ia melakukan kontak dengan China dan negara-negara lain.

Indonesia sejauh ini mencatat 2.455.912 kasus dan 64.631 kematian akibat penyakit virus tersebut. Namun, laporan menunjukkan bahwa kasus dan kematian tidak dilaporkan dan jumlah sebenarnya jauh lebih tinggi daripada angka resmi. Pada hari Jumat, negara itu melaporkan 38.124 kasus dan 871 kematian lagi dalam 24 jam terakhir. Ini adalah pertama kalinya dalam enam hari negara itu tidak mengalami rekor kenaikan jumlah korban harian.

Namun, negara tersebut saat ini menghadapi gelombang pandemi yang lebih parah karena rumah sakit yang penuh sesak dengan peningkatan jumlah pasien Covid-19 yang terinfeksi serius. Dan Associated Press melaporkan bahwa banyak dari pasien ini sekarat dalam isolasi di rumah atau saat menunggu untuk menerima perawatan darurat.

READ  Foto-foto saudara perempuan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menjadi viral saat dia dipromosikan ke badan pemerintahan tertinggi negara itu | Galeri foto

Di Jawa, rumah sakit mulai mendirikan unit perawatan intensif sementara (ICU) pada pertengahan Juni. Awal pekan ini, ruang gawat darurat di sebuah rumah sakit umum di Bandung ditutup setelah pasokan oksigen habis, kata Yaya Muliana, wakil walikota kota itu kepada The Associated Press.

Menurut data pemerintah, kebutuhan oksigen harian Indonesia meningkat menjadi 1.928 ton dan total kapasitas produksi yang tersedia adalah 2.262 ton per hari.

“Saya minta 100% oksigen untuk keperluan medis dulu, itu artinya semua alokasi industri harus dialihkan ke medis,” kata Menteri Pandjetan, Jumat, seraya menambahkan bahwa itu berpacu dengan waktu dan “kita harus bertindak cepat. .” Sebagai tanggapan, Kementerian Perindustrian negara itu mengeluarkan perintah resmi agar semua pasokan oksigen dikirim ke rumah sakit yang kewalahan dengan pasien Covid-19 dan mendesak orang-orang di sektor industri untuk bekerja sama. “

Di bidang vaksinasi, pemerintah mengatakan Jumat bahwa 1,47 juta petugas kesehatan di negara itu akan mendapatkan suntikan booster ketiga dengan vaksin Moderna. Keputusan ini muncul setelah beberapa petugas kesehatan, yang telah divaksinasi lengkap dengan vaksin Sinovac China, meninggal karena penyakit virus tersebut.

(dengan masukan dari AP)