Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Daimler menempatkan 607 pekerja sementara ke pabrik Rastatt dalam waktu singkat

Dewan kerja ingin bertarung

Daimler ingin menyingkirkan 607 pekerja sementara di Rastatt dalam waktu singkat. Pada awal minggu depan, itu harus berakhir bagi mereka yang terkena dampak. Dewan Pekerjaan ketakutan – dan seorang pejuang.

Perwakilan Dewan Buruh dan IG Metall memberikan informasi di depan gerbang pabrik tentang situasi pekerja sementara di pabrik Benz di Rastatt.

Foto: Hans-Jürgen Collette

Perubahan shift: Pada 14:30 banyak karyawan mengalir dari Gerbang No. 5 pabrik Daimler di Rastatt. Secara khusus, tidak ada yang mau mengomentari peristiwa yang terjadi di situs, tetapi isinya bulat: “Ini berantakan,” kata seorang pekerja saat dia lewat.

Dalam beberapa hari dia akan kehilangan banyak rekan kerja. Pada akhir September, kelompok akan menempatkan 607 pekerja sementara di depan pintu dalam waktu singkat. Anggota Dewan Bisnis ketakutan.

Perwakilan komisi berkumpul di depan gerbang pada sore hari untuk menginformasikan pandangan mereka kepada publik. “Kelompok memiliki tanggung jawab sosial,” kata ketua Dewan Pekerjaan, Mourad Sur. Itu tidak adil baginya.” Dia memiliki perasaan bahwa tindakan itu “direncanakan dengan baik sebelumnya.”

Pekerja sementara yang terkena dampak di Daimler menemukan pembatalan dalam waktu singkat

Namun, mereka yang terkena dampak mengetahui langkah tersebut, dalam waktu yang sangat singkat. Pada Rabu sore, beberapa dari mereka menerima email dari agen tenaga kerja sementara di Dekra, tempat mereka bekerja. Kalimat pertama: “Sayangnya, kami harus memberi tahu Anda hari ini bahwa tugas Anda di pabrik Rastatt Mercedes-Benz AG telah dihentikan oleh Mercedes-Benz AG pada 30 September 2021.”

Seorang juru bicara Daimler membenarkan keputusan bahwa “untuk merencanakan program untuk beberapa bulan ke depan, tidak mungkin untuk terus mempekerjakan semua pekerja sementara di pabrik Rastatt”. Sesuai kesepakatan, kontrak mereka berakhir pada akhir September.

Daimler menempatkan pekerja sementara di pintu: kekurangan semikonduktor adalah alasannya

Dalam emailnya kepada mereka yang terkena dampak, Decra menyebutkan kekurangan semikonduktor sebagai penyebabnya. Karena kurangnya komponen dari Timur Jauh, produksi di pabrik Rastatt telah dihentikan beberapa kali tahun ini. Tenaga kerja dikirim untuk bekerja untuk waktu yang singkat. Sayangnya, keadaan semikonduktor membuat Daimler tidak lagi dapat mengatur shift ketiga yang direncanakan dalam produksi tahun ini. Permintaan pelanggan terhadap produk masih sangat tinggi.

Kondisi pesanan pabrik sangat bagus.

Anna Gross Schulte, seorang konsultan

Di atas segalanya, ini adalah poin terakhir yang mengganggu anggota Dewan Buruh Anna Große-Schule. “Status pesanan di pabrik sangat bagus,” katanya. Jika ikat pinggang kencang, itu karena keripik tidak berada di tempat yang tepat.

Daimler akan mengambil alih 398 pekerja sementara tahun depan

Salah satu orang yang menerima email Dekra adalah Alex W.. Dia telah berada di jalur perakitan di Daimler sebagai pekerja sementara sejak 2017. Dari sudut pandangnya, pembenaran kelompok ada di depan. Sebenarnya ini tentang sesuatu yang lain. Kelompok tersebut harus mengambil alih sebagian besar pekerja sementara pada akhir 2022 atau musim semi 2023. Ini diputuskan oleh legislator setelah 36 bulan bekerja sementara. “Mereka ingin mencegahnya,” kata Alex W..

Hal ini juga terbukti untuk Dewan Bisnis. Sor berbicara tentang “efek pintu putar”. Jika kelompok tersebut membatalkan pekerja kontrak dan kemudian mengirim mereka kembali ke pabrik, periode 36 bulan akan dimulai kembali. Hal ini pernah terjadi sebelumnya pada tahun 2019. Secara spesifik, 398 dari 607 pekerja tidak tetap dijadwalkan akan mengambil alih tahun depan.

Menurut wakil presiden Dewan Kerja, Torsten Hoenke, manajemen pabrik membatalkan pendaftaran tanpa berkonsultasi dengan Dewan Kerja. Hak rekan Dekra akan diinjak-injak. Langkah ini merupakan pukulan nasib bagi banyak keluarga.

Ini hanya buruk.

Bodo Sealer, IG Metall

Bodo Seiler, perwakilan resmi kedua IG Metall Gaggenau, setuju: “Cara manajemen pabrik memperlakukan orang-orang yang telah melakukan yang terbaik selama bertahun-tahun dan yang juga berkontribusi pada kesuksesan perusahaan sangat buruk.”

Seorang juru bicara perusahaan mencatat 400 akuisisi sejak 2017.

Sebagai bukti lebih lanjut bahwa produsen mobil hanya tertarik untuk menghindari pengambilalihan, Dewan Tenaga Kerja mengevaluasi segmen dalam email Dekra. Dikatakan, “Dalam konteks ini, Mercedes-Benz AG sudah memberikan konfirmasi bahwa 300 pekerja sementara akan dikerahkan lagi di lokasi Rastatt pada kuartal pertama tahun 2022.”

Kali ini juga, mereka yang terkena dampak dapat berharap untuk kembali ke pabrik. Namun, akun waktunya akan disetel ulang ke nol lagi. Alex W. yakin bahwa situs tidak akan dapat melakukannya tanpa pekerja sementara untuk waktu yang lama: “Kami melakukan pekerjaan di sana yang tidak ingin dilakukan orang lain.”

Seorang juru bicara Daimler mencatat bahwa pekerjaan sementara “telah menjadi jembatan untuk pekerjaan tetap di Daimler selama bertahun-tahun”. Sejak tahun 2017, pabrik Mercedes-Benz Rastatt telah menampung lebih dari 400 pekerja komersial sementara sebagai karyawan tetap.

READ  Discovery dan WarnerMedia adalah perhatian media baru