Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dalam 500 halaman, Cattell and Bouquet telah menggambar ribuan kehidupan Josephine Baker

Catel dan Bocquet adalah tamu luar biasa untuk Basilack Comic Strip Festival. Duo ini memiliki spesialisasi: menceritakan kisah orang-orang yang paling terlupakan dalam sejarah. Alice Guy, Kiki de Montparnasse, Olympus de Gouges dan pada tahun 2016. Josephine Baker dianugerahi kehormatan salah satu novel grafisnya.

Mereka adalah bintang dari Festival Komik Basilac y Oberouche (Dordogne) ke-32! Duo Catel dan Bocquet telah menjadi sorotan sepanjang akhir pekan. Catel Muller, desainer, dan Jose Luis Bouquet, penulis skenario, dikenal karena novel grafis mereka yang berfokus pada karakter wanita besar yang terlupakan. Untuk France Bleu Périgord, mereka kembali dalam buku yang didedikasikan lima tahun lalu untuk Josephine Becker, penyanyi perlawanan dan kekasih Dordogne yang akan memasuki Pantheon November mendatang. Ilustrasi Josephine oleh Cattell Muller juga merupakan poster Festival Buku Komik Basilac 2021.

“Luar biasa untuk menggambar”

Pada tahun 2016, kehidupan luar biasa Josephine Baker menjadi pusat dari salah satu karya Cattell and Bouquet: dari masa mudanya di St. Louis di Amerika Serikat hingga karirnya sebagai pemimpin majalah termasuk Milland Palace. Pekerjaan itu berlangsung hampir tiga tahun.

Pertama Anda harus mencari arsip, foto dan video, kadang-kadang termasuk sabuk pisang yang terkenal, tulisan-tulisan yang akan diadaptasi, kemudian saatnya untuk menentukan: “Ini berarti pergi ke St. Louis, tempat kelahiran Josephine dan mengikuti seluruh perjalanannya, yang secara luar biasa melewati Milland yang merupakan momen penting dalam hidupnya.” Seorang penulis skenario menjelaskan novel Jose Luis Bouquet. Berbekal pensilCatel Muller menghidupkan Milandes di tahun-tahun Baker, di mana kamar anak-anak ditempati oleh suku pelangi: “Gambar yang luar biasa, sangat sulit untuk dilihat. Ini juga rumit karena kastil berputar ke segala arah, tetapi sangat merangsang. Kami ingin menciptakan kehidupan ini, dan tidak ada yang akan mempercayai kami” Cattell Mueller menambahkan.

READ  Dibalik "Intisam" kisah nyata workshop teater yang luar biasa di penjara
Catel dan Bocquet di depan lukisan Josephine Baker yang dipamerkan selama BD en Périgord © Radio Prancis
Flavianus Gruyere

panel hitam dan putih, Fitur serba bisa Gambarkan nasib Josephine Baker. Sebuah gaya yang menarik bagi Jean-Claude Bouillon-Becker, salah satu dari Dua Belas Anak. Dialah yang bertanya pada duo itu: “Saya menginginkan seni yang menyenangkan, sesuatu yang bisa menyentuh yang lebih muda. Di sana, satu dalam kehalusan keberadaan dan dengan demikian seni”. Keberadaan yang tak tertandingi, ribuan nyawa terlacak dalam hampir 500 halaman.

Jean-Claude Bouillon-Becker menasihati keduanya selama pembuatan novel grafis
Jean-Claude Bouillon-Becker menasihati keduanya selama pembuatan novel grafis © Radio Prancis
Flavianus Gruyere

“Hal ini diperlukan untuk membuatnya masuk ke dalam buku-buku sejarah.”

Josephine Baker akan memasuki Pantheon pada 30 November dalam upacara yang dihadiri oleh Presiden Republik Emmanuel Macron. Pengumuman duo paling bahagia Catel and Bocquet: “Idenya telah berkembang. Tidak hanya untuk mengakui Josephine sebagai seniman yang bersemangat, tetapi juga sebagai seniman manusia yang keras, itu masih jauh. Tapi garis akhirnya indah dan berbunga-bunga.” Jose Luis Bouquet berkata: Sekarang perlu untuk membuatnya diketahui masyarakat umum dan khusus untuk anak muda Menurut Cattell Muller: “Dia adalah pahlawan wanita di semua tingkatan, seorang model yang harus dimasukkan dalam buku-buku sejarah sehingga gadis-gadis muda dapat membebaskan diri di depan model seperti itu.”