Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

dalam gambar |  Robot di Mars: Ketekunan mengambil sampel batu pertama

dalam gambar | Robot di Mars: Ketekunan mengambil sampel batu pertama

Badan antariksa AS mengkonfirmasi bahwa robotnya yang gigih berhasil mengambil sampel batu pertama dari Mars.

• Baca juga: Setelah enam bulan di Mars, helikopter NASA telah mencapai ketinggian baru

“Saya punya!” tulis NASA di Twitter pada Senin dini hari dengan foto sampel.

Badan antariksa itu mengatakan pekan lalu bahwa mereka yakin itu melebihi sampel, tetapi ketidakpastian tetap ada karena gambar yang diambil oleh robot tidak meyakinkan karena kurangnya cahaya.

Jadi mesin harus mengambil gambar.

“Dengan pencahayaan yang lebih baik di bagian bawah tabung pengumpul, Anda dapat melihat bahwa sampel batuan yang Anda kumpulkan masih ada di sana,” kata NASA dalam tweet-nya.

Agensi Pers Prancis

Langkah selanjutnya: Ringkas tabung dan simpan.

NASA memilih batu seukuran kantong, yang disebut “Rochette”.

Perseverance gagal dalam upaya pertamanya untuk mengeluarkan sepotong batu dari Mars pada bulan Agustus karena batu itu terlalu reyot.

Unit, yang seukuran SUV besar, mendarat pada 18 Februari di kawah Jezero, yang diyakini para ilmuwan adalah rumah bagi danau yang dalam 3,5 miliar tahun yang lalu. Lingkungan yang dapat menciptakan kondisi yang diperlukan untuk kehidupan di luar bumi.

Agensi Pers Prancis

Tujuannya: untuk mencari tanda-tanda kehidupan purba, seperti jejak kehidupan mikroba yang membatu di bebatuan, tetapi juga untuk lebih memahami geologi Mars.

NASA merencanakan misi untuk mengembalikan tiga puluh sampel ke Bumi pada 2030-an, sehingga mereka dapat dianalisis menggunakan instrumen yang lebih kompleks daripada yang dapat dibawa ke Mars saat ini.

READ  Beginilah bagusnya episode pertama 'League of .'