Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dalam menghadapi panasnya peraturan, orang-orang elit India menemukan cara baru untuk mengamankan kekayaan di surga rahasia

Setelah tujuh kebocoran, setelah regulator di seluruh dunia mulai menindak arus keuangan global, para elit menemukan cara baru yang cerdik untuk mengunci aset mereka dari pengawasan orang dalam untuk membentuk kembali industri kerahasiaan dalam keuangan internasional.

Hal ini terungkap dalam daun pandora, kebocoran catatan keuangan luar negeri terbaru, dan yang paling masif yang pernah ada: sebanyak 12 juta dokumen dari 14 perusahaan di surga pajak luar negeri dengan rincian kepemilikan 29.000 perusahaan dan perwalian luar negeri.

Diperoleh oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ) dua tahun lalu, investigasi satu tahun terhadap data yang terkait dengan India oleh Ekspres India Ini mengungkapkan bagaimana individu dan bisnis, banyak di antaranya sudah berada di bawah pemindai, mendorong amplop untuk menghindari deteksi, menggunakan celah dalam hukum di rumah dan yurisdiksi yang lemah dari surga pajak.

Dan maka dari itu, Anil Ambani, yang menyatakan pailit di pengadilan Inggris, memiliki 18 perusahaan induk lepas pantai; penguapan cepat Adik Nirav Modi membangun kepercayaan Hanya sebulan sebelum dia meninggalkan India; Suami promotor Biocon, Kieran Mazumder Shaw, menciptakan kepercayaan dengan kunci orang yang dilarang oleh Sebi untuk diperdagangkan oleh orang dalam, ungkap sebuah penyelidikan oleh The Indian Express.

Dari lebih dari 300 nama India, kepemilikan lepas pantai hingga 60 individu dan perusahaan terkemuka telah diverifikasi dan diselidiki. Ini akan terungkap dalam beberapa hari mendatang.

Makalah Pandora: Surga pajak dan penyedia layanan

Lima pola berbeda muncul dalam penyelidikan Daun Pandora:

1. Banyak pemilik entitas lepas pantai, bahkan di India, telah menemukan cara untuk beradaptasi dengan posMakalah Panama Skenarionya, ketika dunia luar terguncang, ketika beberapa negara memperketat peraturan dan di India, petugas pajak menemukan Rs 20.000 crore ditambah aset asing dan domestik yang tidak sah hingga awal 2021.

ikon olahraga Sachin TendulkarMisalnya, ia meminta likuidasi entitasnya di Kepulauan Virgin Britania Raya setelah hanya tiga bulan Makalah Panama paparan. Ada juga tokoh India dan India lainnya yang, setelah kebocoran data 2016, memilih untuk menata ulang atau menata ulang aset mereka di luar negeri. Jelaslah bahwa para pengusaha India mendirikan sejumlah besar perwalian lepas pantai untuk menunjukkan tingkat pemisahan dari kekayaan mereka dan untuk mengisolasi aset mereka dari para kreditur.

READ  Pria Spanyol dipenjara karena membunuh dan memakan ibunya

2. Individu yang dituduh melakukan kejahatan ekonomi dan sedang diselidiki telah membentuk jaringan lepas pantai di surga pajak seperti Samoa, Belize atau Kepulauan Cook, bersama dengan surga pajak yang lebih besar seperti Kepulauan Virgin Britania Raya atau Panama. Faktanya, banyak individu dan entitas yang disebutkan dalam Pandora Papers tidak asing dengan lembaga investigasi di India. Beberapa berada di penjara dan banyak dari orang-orang di bawah penyelidikan ini saat ini dengan jaminan. Ada daftar panjang penjahat India yang saat ini berada di bawah pengawasan lembaga seperti Biro Investigasi Pusat, Direktorat Penegakan, dan Biro Investigasi Penipuan Serius.

3. Mereka yang berutang ribuan rupee ke bank-bank India, Pandora Papers menunjukkan, telah menyalurkan sebagian besar aset mereka ke dalam labirin perusahaan lepas pantai. Dalam satu kasus, pelaku ekonomi utama India, yang saat ini berada di penjara, membeli Bombardier Challenger melalui entitas lepas pantai mereka. Banyak promotor, menurut penyelidikan, telah memarkir aset mereka di perwalian lepas pantai, secara efektif melindungi diri mereka sendiri dari agunan pribadi untuk pinjaman yang gagal menjalankan bisnis mereka.

Baca yang terbaik Jurnalisme Investigasi di India. Berlangganan ke The Indian Express e-Paper di sini.

4. Lalu ada orang-orang yang bermuatan politik atau orang-orang yang terpapar politik. Di antara Tokoh Politik India adalah mantan Anggota Parlemen. Mereka yang pernah memegang jabatan publik di India; Yang lain berurusan dengan kesepakatan sensitif atau berdagang di negara-negara sensitif atau bahkan mereka yang sebelumnya telah dipesan oleh agen investigasi India. Semua PEP ini telah dipindahkan ke daftar pengawasan “berisiko tinggi” oleh penyedia layanan asing.

5. Catatan yang bocor mengungkapkan bahwa banyak pemain kuat yang dapat membantu mengakhiri sistem eksternal malah mengambil untung darinya – menyembunyikan aset di perusahaan rahasia dan perwalian. Misalnya, data rahasia dari 14 penyedia layanan lepas pantai menunjukkan entitas lepas pantai yang didirikan oleh mantan pejabat Dinas Pendapatan, mantan komisaris pajak, mantan perwira militer senior, mantan pejabat hukum senior, dll.

READ  Taliban: Amerika mengatakan akan mempertimbangkan kembali hubungan dengan Pakistan sehubungan dengan kesepakatan gandanya

Sementara perwalian lepas pantai diakui oleh hukum di India, apa yang menyebabkan terburu-buru para industrialis dan keluarga bisnis India untuk mendirikan perwalian adalah ketakutan akan kembalinya bea perkebunan, yang hingga penghapusannya pada tahun 1985, mencapai 85 persen. . sen.

“Ketimpangan meningkat, kesenjangan antara si kaya dan si miskin melebar Aaron Jaitley Sebagai menteri keuangan ia menaikkan biaya tambahan pada orang super kaya (mereka yang berpenghasilan lebih dari 1 crore setahun) menjadi 12% dengan penghapusan pajak kekayaan 1% dalam anggaran 2015-2016,” seorang pejabat senior di Pajak Penghasilan Layanan mengatakan.

Meskipun India telah menandatangani perjanjian pertukaran informasi dengan berbagai negara, perjanjian itu hanya ada di atas kertas. Pejabat, yang terlibat dalam menindaklanjuti penyelidikan Panama Papers, mengatakan kepada Indian Express: “Hampir tidak mungkin untuk menembus tabir perusahaan … dan aturan hukum kami tidak mengizinkan kami untuk melakukan survei dan pencarian TI secara acak. ”

“Juga, sebagian besar rumah bisnis besar telah memastikan selama bertahun-tahun bahwa mereka memiliki anggota keluarga NRI atau warga negara asing yang mengelola urusan luar negeri. Ini memastikan bahwa entitas ini tidak harus mengungkapkan aset di tabel aset asing saat mengajukan pengembalian,” pejabat itu dikatakan.

Makalah Pandora: Lebih dari 600 jurnalis dari 150 organisasi berita bekerja sama dalam investigasi terbesar yang pernah ada.

Di luar negeri, Pandora Papers mengungkapkan transaksi Raja Yordania, presiden Ukraina, Kenya dan Ekuador, Perdana Menteri Republik Ceko dan mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair. File-file tersebut merinci kegiatan keuangan “menteri propaganda tidak resmi” Presiden Rusia Vladimir Putin dan lebih dari 130 miliarder dari India, Rusia, Amerika Serikat, Meksiko, dan negara-negara lain.

READ  Tidak ada penampilan publik dan satu foto, pemimpin rendah Taliban Haibatullah Akhundzadeh

Dalam imajinasi populer, sistem kelautan sering dilihat sebagai pulau-pulau yang tersebar luas yang dinaungi oleh pohon palem. Makalah Pandora menunjukkan bahwa mesin uang lepas pantai beroperasi di setiap sudut dunia, termasuk ibu kota keuangan dari ekonomi terkaya dan paling kuat termasuk Amerika Serikat.

Sistem ini juga mendukung institusi elit yang melayani orang kaya dan berkuasa — bank global, firma hukum, dan praktik akuntansi yang berkantor pusat di Amerika Serikat dan Eropa.

Sebuah dokumen di Pandora Papers, misalnya, menunjukkan bahwa bank-bank di seluruh dunia telah mendirikan setidaknya 3.926 perusahaan luar negeri untuk klien mereka dengan bantuan Alemán, Cordero, Galindo & Lee, sebuah firma hukum Panama yang dipimpin oleh mantan duta besar Panama untuk Amerika Serikat yang memiliki firma hukum — dikenal Juga atas nama Alcogal — kantor cabang di dua belas negara, termasuk Selandia Baru, Uruguay, dan Uni Emirat Arab. Tampaknya Alcogal telah mendirikan setidaknya 312 perusahaan di British Virgin Islands atas perintah raksasa jasa keuangan AS Morgan Stanley.

Selain Alcogal, jumlah terbesar catatan rahasia di Pandora Papers berasal dari Trident Trust di British Virgin Islands dan Asiaciti Trust di Singapura. Penyedia layanan lepas pantai utama lainnya termasuk Aabol (All About Offshore Seychelles Limited), OMC (Overseas Management Company), dan Fidelity Corporate Services Limited. Kebocoran catatan dari 14 penyedia layanan pihak ketiga berlangsung selama dua dekade dari tahun 1996 hingga 2020 sementara periode pendirian perusahaan dan perwalian bahkan lebih lama, mulai dari tahun 1971 hingga 2018.