SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dana Desa untuk Bintan Berkurang Rp600 Juta

  • Reporter:
  • Senin, 18 Desember 2017 | 11:14
  • Dibaca : 323 kali
Dana Desa untuk Bintan Berkurang Rp600 Juta
ilustrasi

BINTANBUYU – Pemerintah pusat memangkas dana desa untuk 36 desa di Bintan sebesar Rp600 juta, dari Rp31,5 miliar pada APBN 2017 menjadi Rp30,9 miliar pada APBN 2018. Pengurangan ini, karena penerapan formulasi rasio berbeda dalam pengelolaan dana desa.

“Pengurangan dana desa untuk Bintan dikarenakan pemerintah pusat menerapkan formulasi rasio perhitungan dana desa berbeda untuk setiap desa di seluruh Indonesia,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Bintan Ronny Kartika di Toapaya, Minggu (17/12/2017).

Dia mengatakan, penghitungan formulasi rasio untuk penentuan besaran pemberian dana Desa dipengaruhi oleh formulasi rasio angka kemiskinan. Selain itu, pemerintah pusta juga mencantumkan pembobotan pada rasio jumlah penduduk, serta radio luas wilayah dan radio indeks kesulitan geografis suatu desa.
“Berdasarkan hasil perhitungan keseluruhan formulasi rasio untuk desa di Bintan, Dana Desa paling besar akan diterima oleh Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong sebesar Rp1,13 miliar dan jumlah terkecil diterima Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya senilai Rp709 juta,” ujar Ronny.

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com