Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

DAY ON FX/FI: Zloty kembali ke level yang lebih tinggi setelah rilis risalah rapat MPC, tetapi tren global tidak mendukung PLN

Pada paruh pertama hari itu, zloty jatuh terhadap mata uang utama, tetapi setelah risalah rapat MPC September diterbitkan, mata uang lokal kembali ke level yang lebih tinggi. Menurut pendapat ekonom di Millennium Bank, Mateusz Sotovic, sentimen global tidak membantu meningkatkan apresiasi zloty. Setelah peningkatan yang kuat dalam hasil di pasar utang domestik, ruang lingkup untuk kenaikan tambahan terbatas.

“Akhir kuartal menarik di zloty, volatilitasnya tinggi, sekitar 5 gram. Euro mencoba stabil di level tertinggi sejak Maret – 4,64 – gagal. Di paruh kedua hari itu, zloty naik secara signifikan , yang sebagian dapat terkait dengan faktor lokal dan menggambarkan pertemuan Komite Kebijakan Moneter terbaru yang diterbitkan hari ini, yang menunjukkan bahwa ada proposal untuk menaikkan suku bunga acuan menjadi 2 persen. Selain itu, Bank Nasional Ceko menaikkan suku bunga utama lebih kuat dari diharapkan dan ini mendukung mata uang kawasan.”

“Secara keseluruhan, bagaimanapun, sentimen global masih tidak menguntungkan untuk mata uang seperti zloty, jadi saya tidak akan optimis. Saya akan mengambil risiko mengatakan bahwa pada bulan Oktober kita masih akan melihat pelemahan zloty, yang akan terkait dengan peristiwa global. yang seharusnya memberi tekanan pada pasar di awal bulan.”

Pada hari Kamis, di paruh pertama hari itu, zloty jatuh terhadap euro dan dolar – dengan nilai tukar EUR/PLZ tetap di atas 4,64 sekitar tengah hari, dan USD/PLZ – di atas 4,01. Namun, setelah pukul 14.00, mata uang lokal mulai menguat – setelah uraian yang diterbitkan dari pertemuan Dewan Kebijakan Moneter bulan September di mana, antara lain, permintaan dibuat untuk menaikkan suku bunga acuan menjadi 2,00 persen.

READ  Perusahaan umum di Dortmund sedang bersiap untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Stege

Pada hari Kamis, Bank Nasional Ceko mengumumkan keputusan suku bunganya, yang memutuskan untuk menaikkan suku bunga utama, suku bunga repo dua minggu, sebesar 75 basis poin menjadi 1,5 persen. Pasar memperkirakan kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin.

Di dalam negeri, pasar menunggu publikasi Jumat dari Badan Pusat Statistik mengenai inflasi September. Menurut konsensus yang disiapkan oleh PAP Biznes, CPI adalah 5,6% pada bulan September. secara tahunan versus 5,5 persen tahun-ke-tahun di bulan Agustus.

Menurut pendapat dari Millennium Economist, pembacaan CPI hari Jumat mungkin sedikit meningkatkan mata uang lokal, tetapi tidak akan membalikkan tren negatif.

“Kami memperlakukan pembacaan inflasi besok sebagai penentu netral dari tren global negatif. Tampaknya pembacaan mungkin sedikit lebih tinggi dari yang diharapkan dan akan menjadi kerikil untuk apresiasi zloty, tetapi tidak dari tingkat yang dapat meniadakan kemungkinan yang mungkin terjadi. dampak negatif dari lingkungan eksternal “- ia menunjukkan.

Pasar Al-Din

“Pasar utang masih dalam tren naik, dan sesi hari ini adalah contoh terbaiknya. Keuntungan hasil di seluruh kurva mengejutkan – saat ini, kami memiliki 2,21% pada obligasi 10 tahun. Reaksi pasar terhadap pergerakan tersebut tampaknya meningkatkan tolok ukur di Polandia dan apa yang terjadi dalam kebijakan moneter kawasan itu, ”- Bisnis Sotovic mengatakan kepada PAP.

“Meskipun pembacaan CSO Jumat tentang inflasi mungkin lebih tinggi dari yang diharapkan, tidak ada banyak ruang untuk peningkatan imbal hasil. Data tersebut dapat menghasilkan peningkatan imbal hasil sekitar 2-3 basis poin, sementara memasuki minggu depan akan menjadi rebound di dinamis Dari masa lalu ”- tambahnya.

Kamis Kamis Rabu
16.01 9.34 15.26
Euro / Polandia zloty 4,6026 4,6313 46342
Dolar Amerika Serikat / Zloty Polandia 3,9747 3,9904 39809
Franc Swiss / Polandia zloty 4.2491 4272 4.2776
EUR / USD 1.158 11.606 1,1641
DS1023 0,71 0,62 0,61
PS1026 1,56 1,54 1,5
DS0432 2,18 2,17 2,12

(PAP Biznes)

tempat tidur / begitu /