Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Demam berdarah menyerang Hawaii dua kali dalam satu minggu  Mungkinkah menjadi endemik?

Demam berdarah menyerang Hawaii dua kali dalam satu minggu Mungkinkah menjadi endemik?

Departemen Kesehatan Hawaii sekali lagi mengkonfirmasi adanya kasus demam berdarah yang berhubungan dengan perjalanan, kali ini di pulau Maui, kasus kedua dalam seminggu, setelah kasus di Oahu. Kejadian terakhir sebelum ini terjadi adalah pada bulan Desember. Saat itu, Departemen Pertanahan dan Sumber Daya Alam Hawaii mengingatkan warga bahwa nyamuk hanya membutuhkan sedikit genangan air untuk berkembang biak, seperti ember, tanaman, wadah kecil, dan tanaman.

Menurut Departemen Kesehatan Hawaii, kasus-kasus minggu ini dan beberapa kasus lainnya sepanjang tahun 2023 melibatkan individu yang baru-baru ini bepergian ke tempat-tempat di luar Amerika Serikat di mana demam berdarah sering terjadi.

Demam berdarah merupakan penyakit virus yang ditularkan oleh nyamuk yang menyebar di daerah tropis dan subtropis. Gejalanya meliputi demam mendadak, sakit kepala parah, nyeri sendi dan mata, serta ruam, dan biasanya hilang dalam satu hingga dua minggu. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, penyakit ini bisa berkembang menjadi demam berdarah dengue yang bisa berakibat fatal.

Meskipun demam berdarah belum ada obatnya, ada tindakan pencegahan yang harus dilakukan saat bepergian, dan kemajuan vaksin, yang akan kita bahas di bawah ini.

Hawaii menampung spesies nyamuk yang mampu menularkan demam berdarah.

Tetapi, Demam berdarah Itu tidak didirikan atau diselesaikan di Hawaii. Kasus-kasus terbaru pada tahap ini terbatas pada wisatawan yang kembali dari daerah lain yang terkena dampak.

Terdapat 250 kasus demam berdarah lokal yang terkonfirmasi di Hawaii pada tahun 2016.

Kasus demam berdarah yang ditularkan secara lokal terakhir terjadi di Hawaii pada tahun 2016. Demam berdarah menjadi perhatian yang mendesak pada saat itu, terutama di Big Island, di mana keadaan darurat diumumkan akibat wabah tersebut. Dalam periode empat bulan, terdapat 250 kasus terkonfirmasi, yang merupakan wabah demam berdarah terbesar di Hawaii dalam 70 tahun. Di antara mereka yang terinfeksi adalah 25 pengunjung Hawaii dan 227 penduduk.

READ  Penangkal penuaan? Peran penting HKDC1 dalam menjaga keremajaan sel

Wabah ini kemungkinan besar disebabkan oleh masuknya demam berdarah oleh wisatawan yang terinfeksi, yang dilanjutkan melalui transmisi lokal berikutnya.

Bagaimana Pemasaran di Hawaii Mengabaikan Hampir Semua PengunjungBagaimana Pemasaran di Hawaii Mengabaikan Hampir Semua Pengunjung

Mengapa demam berdarah tidak mewabah di Hawaii?

Hal ini terutama disebabkan oleh kurangnya jumlah nyamuk Aedes aegypti penyebab demam berdarah, selain alasan geografis dan lingkungan.

Keterpencilan Kepulauan Hawaii merupakan penghalang alami terhadap perkembangan demam berdarah. Hal ini, ditambah dengan terbatasnya keberadaan nyamuk demam berdarah, mengurangi kemungkinan penularan lebih lanjut.

Iklim Hawaii adalah faktor lainnya. Walaupun cuaca di Hawaii jelas kondusif bagi nyamuk, seperti yang dibuktikan oleh banyak pengunjung, namun kondisi di Hawaii masih kurang ideal untuk perkembangbiakan nyamuk dan penularan virus yang lebih luas seperti yang terjadi di daerah rawan demam berdarah. Variasi curah hujan musiman di Hawaii dan fluktuasi suhu yang besar juga membantu mengurangi penyebaran nyamuk secara keseluruhan.

Negara bagian menerapkan kontrol yang ketat, termasuk pengawasan dan upaya pengendalian nyamuk, serta intervensi kesehatan masyarakat. Bersikap proaktif di Hawaii membantu mengurangi risiko penularan dan mencegah wabah.

Taman Pantai PoipuTaman Pantai Poipu

Bisakah demam berdarah menjadi endemik di Hawaii?

Masih ada risiko demam berdarah menjadi endemik di Hawaii. Alasannya adalah:

  • Lebih banyak nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Hal ini dapat terjadi secara tidak sengaja melalui kargo atau melalui perjalanan manusia.
  • Perubahan suhu dan curah hujan akibat perubahan iklim dapat menciptakan kondisi yang lebih menguntungkan bagi nyamuk.
  • Wisatawan global yang berasal dari daerah rawan demam berdarah dapat membawa virus ini kembali ke Hawaii, seperti yang terjadi pada tahun 2016, sehingga berpotensi menyebabkan penularan lokal lagi.

Vaksin demam berdarah.

Pencegahan adalah satu-satunya pengobatan yang tersedia secara umum. Strategi pencegahan yang efektif berkisar pada menghindari gigitan nyamuk.

READ  Peluncuran astronot SpaceX Crew-3 untuk NASA: Apa yang harus Anda ketahui

Pengembangan vaksin terhadap demam berdarah telah berlangsung selama seratus tahun. Kemajuan dikatakan terhambat oleh tantangan yang terkait dengan pembentukan kekebalan terhadap empat serotipe virus dengue.

Dua vaksin tersedia secara komersial, Dengvaxia dan Qdenga.

Dengvaxia terutama ditujukan bagi mereka yang sebelumnya pernah menderita demam berdarah atau tinggal di daerah tertentu yang sebagian besar orangnya sudah pernah terkena demam berdarah. Hal ini terutama karena risiko demam berdarah parah dapat meningkat pada mereka yang belum pernah terpajan sebelumnya.

Namun, Qdenga dirancang untuk mereka yang belum pernah mengalami infeksi sebelumnya.

Ada beberapa vaksin lain yang sedang dikembangkan dan menjanjikan masa depan.

Karantina untuk mengakhiri Interisland pertamaKarantina untuk mengakhiri Interisland pertama

Tips menghindari gigitan nyamuk di Hawaii.

Meskipun demam berdarah bukan endemik di Hawaii, yang terbaik adalah menghindari gigitan nyamuk.

  • Berhati-hatilah pada saat puncak aktivitas nyamuk sebelum matahari terbenam dan setelah matahari terbit serta di tempat teduh atau air tawar.
    Pilih akomodasi yang disaring dengan baik atau ber-AC.
  • Jika ada nyamuk, pertimbangkan untuk merawat kamar Anda dengan pengusir nyamuk alami atau kimia dan kosongkan area tersebut setelah penyemprotan.
  • Kenakan pakaian pelindung sebagai garis pertahanan pertama, termasuk celana panjang, kaus kaki, dan kemeja lengan panjang, terutama menjelang matahari terbit dan terbenam.
  • Pakaian mungkin memiliki fitur pengusir nyamuk bawaan.
  • Gunakan obat nyamuk. Penolak yang direkomendasikan oleh CDC termasuk DEET, picaridin, minyak lemon eucalyptus (OLE), PMD, dan IR3535.

Wabah demam berdarah terus terjadi di berbagai belahan dunia, termasuk Amerika Tengah dan Selatan, Asia (seperti Filipina), Timur Tengah, Afrika, dan beberapa kepulauan Pasifik (seperti Wilayah AS, Samoa Amerika, Negara Federasi Mikronesia). , Kepulauan Marshall, dan Palau). ), dan Karibia (termasuk Puerto Riko). Negara dengan tingkat demam berdarah tertinggi adalah Nikaragua, Belize, Honduras, dan El Salvador.

READ  Peluncuran roket Falcon 9 menandai tahun baru eksplorasi ruang angkasa di Cape Canaveral

Kami menyambut masukan Anda.