Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Demi kepentingan kami, kata Taliban dalam pertemuan regional yang dipimpin India tentang Afghanistan | berita terbaru india

Rezim Taliban di Kabul mengatakan pada hari Rabu bahwa pertemuan regional pertama di Afghanistan yang diadakan oleh India adalah “kepentingan terbaiknya” dan menegaskan kembali kebijakannya bahwa “wilayahnya tidak akan digunakan untuk melawan negara mana pun”.

Dalam sebuah pernyataan audio yang dikeluarkan beberapa jam setelah kesimpulan dari Dialog Keamanan Regional di Afghanistan yang dipimpin oleh Penasihat Keamanan Nasional Ajit Doval, juru bicara rezim Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan: “Meskipun kami tidak hadir di konferensi ini, kami sangat yakin bahwa konferensi ini di Afghanistan lebih baik karena seluruh wilayah memperhitungkan situasi Afghanistan saat ini dan negara-negara yang berpartisipasi juga harus mempertimbangkan untuk meningkatkan dan melindungi situasi keamanan di Afghanistan dan membantu pemerintah saat ini untuk memastikan keamanan di negara itu sendiri.

Pertemuan yang dipimpin oleh Badan Keamanan Nasional India itu dihadiri oleh Sekretaris Tertinggi Dewan Keamanan Nasional Iran, Laksamana Ali Shamkhani, Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev, dan kepala Dewan Keamanan Kazakhstan, Kirgistan, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan. Para pejabat keamanan juga bertemu dengan Perdana Menteri Narendra Modi setelah dialog.

Pertemuan Rabu adalah pertemuan regional pertama di Afghanistan yang diadakan oleh India setelah 15 Agustus ketika Taliban mengambil alih negara itu.

Seorang peserta dalam musyawarah hari Rabu menegaskan bahwa pertemuan regional menunjukkan banyak konvergensi pandangan selain dari “optik dan dinamika yang sangat baik”. “Saya pikir konferensi yang sangat sukses,” kata pejabat itu.

Pernyataan Taliban selanjutnya juga menekankan bahwa mereka menantikan untuk memperdalam kerja sama timbal balik dengan negara-negara di kawasan itu. Mujahid mengatakan, “Kami tidak keberatan atau khawatir mengadakan konferensi di India dan kami berharap hasil positif dari konferensi ini dapat dimanfaatkan dan dilaksanakan.”

READ  Bersedia berbicara dengan India tentang apa yang dibutuhkannya untuk melawan pandemi COVID: China

Ajit Doval juga kemudian mengadakan pertemuan dengan rekan-rekannya dari Iran, Kazakhstan dan Rusia setelah pertemuan hari Rabu untuk membahas situasi dalam kerjasama keamanan bilateral.

cerita dekat