Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Deteksi reptil raksasa yang berkeliaran di langit Australia 107 juta tahun lalu |  Paleontologi

Deteksi reptil raksasa yang berkeliaran di langit Australia 107 juta tahun lalu | Paleontologi

Para peneliti telah mengkonfirmasi setelah memeriksa fosil bahwa reptil terbang tertua di Australia terbang sekitar 107 juta tahun yang lalu.

Ahli paleontologi telah menganalisis sampel tulang milik dua spesies pterosaurus yang terpisah — reptil bersayap yang merupakan salah satu vertebrata pertama yang berevolusi untuk terbang — yang awalnya ditemukan lebih dari 30 tahun yang lalu.

Salah satu spesimen, tulang sayap kecil, milik pterosaurus remaja – spesimen pertama yang dilaporkan di Australia. Yang lainnya, sebagian tulang panggul, berasal dari pterosaurus yang memiliki lebar sayap lebih dari dua meter. Mereka berasal dari 107 juta tahun yang lalu.

Tulang tersebut pertama kali ditemukan pada 1980-an di Dinosaur Cove dekat Cape Otway di Victoria selatan oleh tim yang dipimpin oleh Dr Tom Rich dari Institute of Museum Research Victoria dan Profesor Pat Vickers Rich.

Sampai saat ini, mereka belum pernah dideskripsikan dalam penelitian ilmiah peer-review, yang dipublikasikan di jurnal Biologi Sejarah.

Penulis utama studi tersebut, Adele Pentland dari Curtin University, mengatakan pterosaurus diketahui ada di setiap benua, termasuk Antartika.

Meskipun pterosaurus adalah reptil prasejarah, mereka berbeda dari dinosaurus terbang.

Pentland sedang menyelesaikan gelar PhD di pterosaurus dan pada tahun 2019 menamai spesies reptil baru, Ferrodraco lentoni, yang juga merupakan pterosaurus Australia terlengkap yang ditemukan hingga saat ini.

Pentland tidak dapat menentukan spesies yang tepat dari spesimen pterosaurus di Cape Otway. Tidak seperti biasanya, itu ditemukan di situs “Perjanjian Lama Perjanjian Lama”.

Profesor Pat Vickers Rich dan Dr Tom Rich menunjukkan sampel tulang pterosaurus yang mereka temukan pada 1980-an. Gambar: Museum Victoria

Kembali kapan [these pterosaurs] Australia masih hidup, dan merupakan bagian dari benua besar selatan Gondwana. “Victoria lebih jauh ke selatan daripada sekarang dan berada di Lingkaran Arktik.

READ  Berikut cara melihat gerhana bulan wormhole yang akan datang

Geologi sedimen memberi tahu kita bahwa hewan-hewan ini kemungkinan besar hidup dalam kegelapan selama berminggu-minggu, jika tidak berbulan-bulan, sepanjang tahun. Akan sangat bagus untuk dijawab di masa depan… Apakah pterosaurus tangguh dalam kondisi ekstrem seperti itu, apakah mereka penduduk tetap sepanjang tahun, atau dapatkah mereka bermigrasi? Kami tidak tahu. “

Empat spesies pterosaurus telah dideskripsikan di Australia hingga saat ini, berdasarkan fosil yang ditemukan di Queensland tengah-barat.

“Dalam hal rekor pterosaurus Australia, kami memiliki sedikit ketertinggalan,” kata Pentland. “Pterosaurus pertama dideskripsikan pada abad ke-18, tetapi di sini di Australia, tulang pterosaurus pertama tidak dipublikasikan dalam jurnal ilmiah hingga tahun 1980.”