Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Di mana alien melihat Bumi? – Para astronom telah mengidentifikasi sekitar 1.400 bintang dengan penglihatan yang saat ini tidak terhalang untuk melintasi Bumi

Tampilan luar angkasa: 1.402 sistem bintang saat ini memiliki pandangan yang jelas tentang transit Bumi – Bumi melintas di depan Matahari. Jika ada peradaban luar angkasa, mereka akan dapat menemukan planet kita dan jejak kehidupan. 46 dari “kursi kotak pengamatan bumi” ini begitu dekat dengan kita sehingga sinyal radio kita telah mencapainya, para astronom melaporkan dalam jurnal khusus Nature. Beberapa exoplanet yang dekat dengan Bumi juga bisa muncul dalam waktu dekat.

Apakah kita sendirian di alam semesta? Atau apakah ada kehidupan di planet lain dan bahkan mungkin kecerdasan di luar bumi? Secara teori, mungkin ada sekitar 10.000 peradaban maju di Bima Sakti kita saja, tetapi sejauh ini tidak ada jejaknya. Meskipun proyek SETI secara khusus mencari sinyal dari intelijen luar angkasa, antara lain, belum menemukan apa pun. tapi kenapa? Di mana semua alien?

Bintang-bintang pada bidang yang sama dengan orbit Bumi mengelilingi Matahari menyajikan pemandangan transit Bumi tunggal – ditandai di sini dengan titik-titik putih.© Burke dkk. / PNAS

Dari sudut pandang para astronom

Dalam pencarian mereka untuk sebuah jawaban, dua astronom kini telah membalikkan keadaan tanpa basa-basi lagi: Lisa Kaltenegger dari Cornell University dan Jackie Ferti dari American Museum of Natural History di New York, telah menyelidiki bintang-bintang yang dapat diamati oleh astronom luar angkasa – perjalanan Bumi dari Matahari. Transit ini adalah metode yang terbukti untuk melacak planet di sekitar bintang eksotis.

“Dari perspektif planet ekstrasurya, kita adalah makhluk luar angkasa,” jelas Kaltenegger. “Kami ingin tahu bintang mana yang memberikan pandangan yang benar untuk mengamati Bumi yang menghalangi matahari.” Untuk melakukan ini, para astronom mengevaluasi data dari satelit Eropa Gaia, yang memetakan posisi dan gerakan 1,8 miliar benda langit di galaksi Bima Saktinya sendiri.

READ  Eternal Darkness "Sebuah horor aksi berukuran sedang berdasarkan seri video game

Berbeda dengan penelitian sebelumnya, para peneliti juga mencatat bintang dan sistem planet yang telah atau akan memiliki “kursi kotak dengan pemandangan Bumi” dalam 5.000 tahun terakhir atau periode panjang serupa di masa depan. “Saat bintang-bintang bergerak di alam semesta kita yang dinamis, mereka dapat bergerak dalam garis pandang, tetapi mereka juga bisa kehilangannya lagi,” kata Kaltenegger.

1402 “Bangku kotak” dengan pemandangan lantai

Hasilnya: 1.402 bintang saat ini memiliki pandangan yang jelas tentang transit Bumi. Jika ada planet di sekitarnya dengan penghuni luar angkasa, mereka dapat mendeteksi planet kita dengan melewatinya di depan matahari. Di antara “kursi kotak” ini adalah 128 bintang mirip Matahari dan 1.050 bintang dalam kategori spektral M — katai merah dan raksasa merah, lapor para peneliti. 313 bintang lainnya telah meninggalkan zona transit Bumi, dan hanya 319 yang dapat menikmati pemandangan Bumi di masa depan.

Di antara bintang-bintang yang saat ini disukai, hanya tujuh sistem dengan planet yang diketahui. Yang paling dekat dengan kita adalah katai merah Ross 128, 11 tahun cahaya, dengan planet ekstrasurya mirip Bumi. Penduduknya – jika mereka ada – bisa melihat daratan melintasi sampai sekitar 900 tahun yang lalu. Di sisi lain, planet-planet di sekitar bintang Teegarden, yang berjarak dua belas tahun cahaya, tidak akan terlihat sampai dalam 29 tahun.

Di sisi lain, dibutuhkan sedikit lebih lama bagi bintang TRAPPIST-1 yang berjarak 40 tahun cahaya dengan tujuh exoplanetnya untuk mendapatkan pandangan yang jelas tentang transit Bumi: mereka akan memasuki zona transit Bumi hanya dalam 1642 tahun, tetapi kemudian mereka akan tetap berada di “baris pertama” selama 2371 Tahun “.

READ  Google Drive: Tautan ke file yang dibagikan tidak valid - periksa sekarang atau blokir

Tampilan yang jelas dan sinyal radio terestrial

Juga menarik: saat ini ada 46 bintang baik di wilayah trans-Bumi dan dalam radius hingga 100 tahun cahaya. “46 objek ini dapat memantau perjalanan Bumi dari Matahari dan pada saat yang sama mereka akan dapat mengambil gelombang radio dari Bumi,” menurut Kaltenegger dan Fherty. Karena pesan dan siaran radio yang dikirim oleh umat manusia sekitar 100 tahun yang lalu telah menyebar hingga jarak sekitar 100 tahun cahaya.

Berdasarkan perkiraan kelimpahan planet di sekitar berbagai jenis bintang, ini bisa berarti bahwa sekitar 29 planet yang berpotensi ramah kehidupan saat ini berada di posisi yang tepat untuk mendeteksi gelombang radio Bumi dan manusia, menurut para astronom. Jika seseorang tidak melihat ke Bumi, setidaknya ada 75 bintang terdekat dan satelit potensial yang dapat menerima sinyal radio manusia.

Cukup waktu untuk astronom luar bumi

Jika astronom luar angkasa berada di salah satu bintang di bidang pandang mereka, mereka akan memiliki banyak waktu untuk mengamati transit Bumi. Karena bintang itu tetap berada di bidang pandang Bumi selama 1.000 tahun, para astronom telah menentukan. Sebaliknya, sebagian besar transit planet luar tetap terlihat oleh kita untuk waktu yang lama. Khususnya dalam kasus bintang terdekat, hal ini meningkatkan harapan untuk menemukan bukti molekuler kehidupan berdasarkan sinyal spektral selama transit – misalnya dalam bentuk kandungan oksigen yang sangat tinggi, seperti di atmosfer bumi.

Para astronom berharap Teleskop Luar Angkasa James Webb, yang akan diluncurkan pada akhir 2021, akan dapat melihat lebih dekat beberapa eksoplanet terdekat dan atmosfernya. “Anda dapat membayangkan peradaban di luar rencana Bumi untuk pengamatan serupa dengan kita dan tata surya,” kata Fahrty. Namun, keberadaan makhluk luar angkasa yang cerdas seperti itu, dan apakah mereka benar-benar mengarahkan teleskop mereka ke Bumi, tetap terbuka. (Alam, 2021; doi: 10.1038/s41586-021-03596-y)

READ  Gerhana matahari hari Kamis. Bagaimana cara melihatnya di Bielsko-Biała?

Ini adalah: Universitas Cornell