Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Diam di Rajapaksas, India mendukung ‘orang Lanka’ dan ‘kepentingan terbaik’ mereka

Diam di Rajapaksas, India mendukung ‘orang Lanka’ dan ‘kepentingan terbaik’ mereka

India pada Selasa berusaha menjauhkan diri dari pemerintah Sri Lanka yang dipimpin oleh keluarga Rajapaksa dan menjanjikan dukungan kepada “rakyat Sri Lanka”.

setelah sehari Mahinda Rajapaksa mengundurkan diri sebagai Perdana MenteriIndia telah mengambil pandangan yang cermat terhadap perkembangan di Sri Lanka, dengan mengatakan bahwa itu akan “selalu dipandu oleh kepentingan terbaik rakyat Sri Lanka yang diungkapkan melalui proses demokrasi”.

Pernyataan tiga paragraf yang disusun dengan hati-hati tidak menyebutkan “Pemerintah Sri Lanka” atau Rajapaksa sama sekali.

Juga, “proses demokrasi” kemungkinan besar merujuk pada protes damai dan kemungkinan pemilihan umum, dan kegelisahan Delhi dengan penindasan pemerintah terhadap pengunjuk rasa dan penggunaan segala cara yang tidak demokratis untuk mempertahankan kekuasaan – seperti intervensi militer, deklarasi darurat, dll.

Sementara itu, Komisi Tinggi India di Kolombo mengeluarkan bantahan menyusul rumor di Sri Lanka bahwa Mahinda Rajapaksa dan keluarganya telah diterbangkan ke India dengan helikopter. Dia mengatakan dalam tweet di Twitter: “Komisi Tinggi baru-baru ini memperhatikan desas-desus yang beredar di media dan bagian media sosial bahwa beberapa tokoh politik dan keluarga mereka telah melarikan diri ke India. Ini adalah laporan palsu dan terang-terangan palsu, tanpa kebenaran atau substansi apa pun. . Komisi Tinggi dengan keras menyangkalnya.”

Di New Delhi, juru bicara Kementerian Luar Negeri Arindam Bagshi mengatakan: “Sebagai tetangga dekat Sri Lanka, yang menikmati ikatan sejarah, India sepenuhnya mendukung demokrasi, stabilitas, dan pemulihan ekonominya.”

Mobil-mobil pendukung partai yang berkuasa didorong ke dalam danau selama bentrokan di dekat kediaman resmi perdana menteri di Kolombo pada Selasa. (Reuters)

“Sejalan dengan Neighborhood First Policy, tahun ini saja India telah memberikan dukungan lebih dari 3,5 miliar dolar AS kepada masyarakat Sri Lanka untuk membantu mereka mengatasi kesulitan saat ini. Selain itu, masyarakat India telah memberikan bantuan untuk meringankan kesulitan hidup mereka. kekurangan barang-barang penting seperti makanan, obat-obatan, dll.

READ  Perdana Menteri Imran Khan 'tidak berdaya', kata wartawan terlarang Pak; Mengkonfirmasi peningkatan "iklim ketakutan" untuk juru tulis

“India akan selalu dipandu oleh kepentingan terbaik rakyat Sri Lanka yang diekspresikan melalui proses demokrasi,” kata juru bicara MEA.

Ini jelas menyimpang dari pernyataan 3 Mei Komisi Tinggi India yang menyatakan bahwa “Bantuan ekonomi India ke Sri Lanka lebih dari $3 miliar pada tahun 2022 telah berperan penting dalam memenuhi beragam kebutuhan Pemerintah dan rakyat India dan Sri Lanka. .” Dalam pernyataan ini, baik pemerintah India maupun masyarakat Sri Lanka diakui.

Ia juga menyatakan bahwa fasilitas kredit senilai $1 miliar untuk pembelian makanan, obat-obatan dan kebutuhan pokok lainnya sudah beroperasi dan sekitar 16.000 metrik ton beras telah tersedia di bawahnya. Ia menambahkan bahwa jalur kredit terpisah sebesar $ 500 juta untuk pembelian produk minyak bumi seperti solar, bensin dan bahan bakar jet membuka jalan untuk pengiriman 9 pengiriman berbagai jenis bahan bakar.