SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Didominasi Wisman, Tingkat Hunian Hotel Penuh

  • Reporter:
  • Jumat, 28 Desember 2018 | 16:16
  • Dibaca : 276 kali
Didominasi Wisman, Tingkat Hunian Hotel Penuh
Ilustrasi foto teguh prihatna

LUBUKBAJA – Tingkat hunian hotel di Batam penuh dan mayoritas hotel di dalam kota mencapai 100 persen pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2019. Tamu yang menginap merupakan wisatawan mancanegara (wisman), terutama turis Singapura.

“Hunian hotel di Batam saat ini bagus sekali. Hotel-hotel yang berada di kota capai 100 persen, ” kata Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Batam, Mansyur, Kamis (27/12).

Sedangkan hotel yang berlokasi di pinggir kota, seperti di Batuaji, tingkat huniannya mencapai 80 persen. “Untuk resor, tingkat huniannya juga bagus sekali,” ujarnya.

Ia mengatakan tingkat hunian hotel pada musim libur Natal dan Tahun Baru 2019, meningkat signifikan dibanding tahun lalu. “Saya rasa ini tidak lepas dari rasa nyaman yang diberikan pemerintah melalui infrastruktur di kota,” kata Mansyur.

Disinggung mengenai kegiatan perayaan tahun baru, hampir semua hotel di kota itu memiliki program yang dijual dengan paket khusus. Momen pergantian tahun dimanfaatkan sejumlah hotel untuk meraup keuntungan. Menawarkan even-event menarik, hotel dan resort bersaing menggaet tamu untuk datang. Baik mereka yang datang menginap, atau sekadar menikmati pesta malam pergantian tahun.

Seperti acara pergantian tahun baru di Planet Holiday Hotel & Residance Batam. Bertemakan Carnival Sensuality Glamorous. Acaranya berupa carnival show, Disc Jockey (DJ) ferformance, food festival dan live music.

“Kami konsep party di tahun ini beda dari tahun sebelumnya. Ada penampilan carnival show dan DJ sehingga menjadi glamour,” kata Food and Beverage Manager Planet Holiday Hotel & Residence Batam, Deni Mahyudi, Rabu (26/12).

Berlokasi di Blue Horizon Poolside, tamu bebas memilih tempat yang suka. Manajemen Planet Holiday menargetkan 250 pax. “Lokasi kegiatannya ada 2 kolam renang, berada di lantai empat tamu bisa melihat pemandangan kota,” jelasnya.

Sebelum menampilkan carnival show dan DJ, tamu akan menikmati makan malam. Untuk menunya disajikan Indonesian Food dan Western Food yang menggugah selera. Yang spesialnya untuk Indonesia food akan ada live cooking yakni kambing guling.

Dengan Rp380 ribu tamu sudah mendapatkan buffet dinner, puluhan lucky draw dari bagi yang ikut gala dinner, dan 2 jam gratis flow beer dan soft drinks. Selain itu tamu juga akan mendapat terompet dan topeng serta souvenir.

Bagi tamu yang ingin menginap, Planet Holiday menawarkan kamar dengan tipe primer sweet dengan harga Rp2.060.000, tipe executive dengan harga Rp2.360.000, dan tipe deluxe Rp1.460.000.

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam mencatat sebanyak 51.555 wisman datang ke Batam, dalam sepekan memasuki libur Natal dan Tahun Baru 2019, Jumat-Selasa (20-25/12). Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Batam, Lucky Agung Binarto menyatakan, sepanjang lima hari terakhir, 87.571 orang memasuki Batam dari lima pelabuhan dan satu bandara internasional di Batam, sebsnysk 36.016 di antaranya adalah WNI yang kembali ke Tanah Air dan 51.555 orang lainnya adalah WNA.

Peningkatan kunjungan wisman paling tinggi terjadi pada Sabtu (23/12), yaitu sebanyak 15.159 WNA.

Imigrasi Batam juga mencatat sepanjang 5 hari terakhir, sebanyak 91.088 orang meninggalkan Batam melalui pelabuhan dan bandara internasional, 47.393 orang di antaranya adalah WNI yang berangkat ke Malaysia dan Singapura, dan 43.695 orang lainnya adalah WNA. ant/reni hikmalia

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com