Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dijelaskan: Hibah Nepal dari AS, dan apa artinya persamaannya dengan China

Dijelaskan: Hibah Nepal dari AS, dan apa artinya persamaannya dengan China

Menteri Luar Negeri China Wang Yi berada di Nepal pada kunjungan tiga hari minggu lalu, dipandang sebagai respons terhadap serangkaian perkembangan yang dianggap China bertentangan dengan kepentingannya.

Parlemen Nepal pada 27 Februari diratifikasi hibah $500 juta dari Amerika Serikat sebagai bagian dari kompak Nepal dari lembaga bantuan Millennium Challenge Corporation. Dana tersebut untuk proyek jalan dan pembangkit listrik. Sementara China telah meminta Nepal untuk tidak meratifikasinya dan menyebutnya sebagai ‘kotak Pandora’, AS telah memperingatkan bahwa kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan peninjauan kembali hubungan bilateral mereka yang telah berusia 75 tahun.

Nepal meratifikasi kesepakatan itu sehari sebelum batas waktu 28 Februari yang ditetapkan oleh AS, sebuah tanda bahwa pengaruh China di Nepal bisa berkurang. Dan, sebagai tanda ikatan yang tumbuh dengan AS, Nepal di Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa mengutuk Rusia atas invasinya ke Ukraina — sementara India dan Cina abstain. Pada tahun 2014, Nepal telah abstain dari pemungutan suara untuk pencaplokan Krimea oleh Rusia.

Mengubah persamaan

Sementara Deuba dianggap dekat dengan AS, apa yang akan membuat marah China adalah bahwa tidak ada satu pun partai komunis utama — Pusat Maois yang dipimpin oleh Pushpa Kamal Dahal Prachanda, Sosialis Bersatu yang dipimpin oleh Madhav Nepal, atau Partai Komunis Leninis Marxis Bersatu Nepal yang dipimpin oleh mantan PM KP Oli — menentang ratifikasi. Dua yang pertama memilih dengan pemerintah; UML tetap netral.

Hingga Juni lalu, ketiga partai tersebut tergabung dalam Partai Komunis Nepal, dan China telah bertindak secara terbuka untuk menyatukan mereka dan mengkonsolidasikan persahabatan antara partai komunis China dan Nepal. Semua itu hancur ketika Partai Komunis terpecah menjadi tiga, mengakibatkan pemimpin Kongres Nepal Deuba menggantikan Oli sebagai Perdana Menteri pada bulan Juli.

READ  Kepala WHO Omicron memperingatkan: 'Lebih baik membatalkan acara daripada membatalkan kehidupan'

Selama masa jabatan pertamanya sebagai PM pada 2025-16, Oli telah menandatangani serangkaian perjanjian kerangka kerja dengan China tentang perdagangan dan transit dengan akses ke rute laut, mengakhiri pengaturan monopoli dengan India.

Kehangatan itu seolah hilang saat Wang berkunjung. Nepal mengusulkan kebangkitan “komite bersama” untuk menangani sengketa perbatasan. Empat tahun setelah Nepal mendaftar untuk menjadi bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan China (BRI), Nepal menunjukkan antusiasme yang lebih rendah, menuntut lebih banyak hibah dalam proyek-proyek China daripada pinjaman yang dapat menyebabkan jebakan utang.

Tapi politik Nepal rumit. UML masih mendukung pelaksanaan proyek-proyek BRI, dengan Oli memberi tahu Wang bahwa ini harus dilakukan tanpa penundaan. Oli, yang partainya adalah yang terbesar di Parlemen, dipandang memiliki prospek kuat untuk kembali berkuasa ketika Nepal melakukan pemilihan pada akhir tahun.

“Kunjungan Wang Yi mencerminkan rasa tidak aman China, tetapi pada saat yang sama China memilih untuk tampak peduli, prihatin, dan merendahkan daripada menunjukkan ketidaksetujuannya,” kata seorang eksekutif senior sebuah lembaga pemikir.

Taruhan Cina

Di antara penawaran yang dibuat Wang ke Nepal adalah dorongan untuk proyek-proyek BRI termasuk jalur kereta api antara Kerung dan Kathmandu dan jalur transmisi (meskipun kurangnya antusiasme dari Nepal), pemenuhan janji yang dibuat oleh Presiden Xi Jiping selama kunjungannya Oktober 2019, dan dukungan untuk proyek-proyek pembangunan berdasarkan “Nepali aspirasi rakyat”. Pada saat yang sama, ia mengirimkan pesan bahwa China akan terlibat secara aktif jika ada kegiatan yang diilhami secara internal atau eksternal yang diarahkan terhadap China dari wilayah Nepal, tetapi China akan mendukung Nepal dalam membela kedaulatan dan haknya untuk menentukan nasib sendiri. pada isu-isu internal terhadap setiap gerakan luar. Wang juga berjanji Covid-19 Vaksin dan bantuan lainnya, sementara Nepal setuju untuk mengizinkan petugas kesehatan China menjalankan fasilitas kesehatan dan mendirikan rumah sakit besar lainnya di Kathmandu.

READ  Saat India berjuang untuk mengekstrak lebih banyak batu bara, peringatan dari badan energi terkemuka

Cina sering menampilkan dirinya sebagai teman pragmatis Nepal. “Pada masa krisis, seperti blokade dari India pada akhir 1980-an, China telah meminta Nepal untuk memperbaiki hubungan dengan India karena China belum siap untuk menggantikan India,” kenang seorang mantan menteri perdagangan.

Kehadiran China di Nepal tumbuh seiring dengan perkembangan situasi setelah 2006 — meningkatkan kehadiran AS dan negara-negara Eropa, mengubah persamaan dengan India, dan keluarnya monarki. Ketika Xi berkunjung pada Oktober 2019, sudah lebih dari dua dekade sejak kunjungan terakhir pendahulunya. Dia menjanjikan investasi di bidang energi, perdagangan dan investasi, rekonstruksi pascagempa, serta pariwisata dan perhotelan, saat China bersaing dengan India dalam investasi. China juga menaruh minat pada politik Nepal, mendorong komunis saingan untuk bersatu dalam pemilihan parlemen 2018. Ini meningkatkan kerja sama dengan pemerintah termasuk Angkatan Darat Nepal, serta dengan para pemimpin partai dan pemimpin Kiri. Dan telah membuka pintu bagi ribuan siswa Nepal di lembaga pendidikannya, dan membuka pusat Konfusius di Nepal untuk mengajar bahasa Mandarin.

Di satu sisi, China berinvestasi dalam kepemimpinan masa depan Nepal. Jadi minatnya bersifat jangka panjang, dan tampaknya bertekad untuk menghadapi pesaing, terutama AS dan India.

Buletin | Klik untuk mendapatkan penjelasan terbaik hari ini di kotak masuk Anda