Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Diplomat AS Ke Panel Senat Tertinggi

India telah melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing. (Foto berkas)

Washington:

China memprovokasi India di setiap kesempatan seperti yang dilakukannya dengan Amerika Serikat dan Washington berkomitmen untuk mempercepat kemajuan dalam memperkuat kapasitas pertahanan India untuk mencegah provokasi China, kata seorang pejabat senior pemerintahan Biden kepada anggota parlemen.

Hubungan India dengan China saat ini sedang melalui fase yang sangat sulit setelah Beijing melanggar kesepakatan untuk tidak membawa pasukan militer ke perbatasan timur Ladakh.

“Sama seperti Cina yang provokatif menantang Amerika Serikat, itu juga memprovokasi India di setiap kesempatan,” Asisten Menteri Luar Negeri untuk India Selatan dan Tengah, Donald Lu, anggota Subkomite Senat di Timur Dekat, Asia Selatan, Asia Tengah , dan Kontraterorisme pada hari Rabu.

“India melakukan boikot diplomatik terhadap Olimpiade Beijing setelah China yang bertanggung jawab memilih komandan resimen untuk serangan di perbatasan India yang mengakibatkan kematian 20 tentara India pada 2020 sebagai pembawa obor Olimpiade,” katanya.

Beijing juga baru-baru ini menerbitkan peta China baru yang menegaskan kembali klaim atas petak besar wilayah di negara bagian Arunachal Pradesh di India, mengganti nama kota-kotanya dengan nama China baru.

Kebuntuan perbatasan di Ladakh timur meletus pada 5 Mei 2020, menyusul bentrokan hebat di kawasan danau Pangong. Ketegangan meningkat setelah bentrokan Lembah Galwan pada 15 Juni 2020.

India terlibat dalam pembicaraan dengan China di perbatasan timur Ladakh dengan kejelasan mutlak bahwa mereka tidak akan menyetujui perubahan status quo atau upaya apa pun untuk secara sepihak mengubah Garis Kontrol Aktual (LAC) di wilayah tersebut.

Lu juga mengatakan kepada anggota parlemen bahwa AS juga bekerja sama dengan India untuk memperkuat kemampuan pertahanannya.

READ  Sebuah keluarga keturunan India di AS mengembalikan tiket jutaan dolar kepada seorang wanita yang membuangnya

“Kami tetap berkomitmen untuk mempercepat kemajuan dalam Kemitraan Pertahanan Utama kami dan memperkuat kapasitas India untuk mencegah provokasi China, melalui kerja sama angkatan laut yang kuat, meningkatkan berbagi informasi dan intelijen, dan meningkatkan kerja sama dalam domain yang muncul seperti ruang angkasa dan dunia maya,” kata Lu.

Mengacu pada menteri Quad baru-baru ini di Melbourne, Lu mengatakan dia terkejut dengan seberapa banyak pencapaian Quad dan tekad semua mitra Quad untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Quad adalah pengelompokan empat anggota dari AS, India, Australia, dan Jepang yang telah dibentuk untuk memajukan visi bersama tentang Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif, di tengah meningkatnya ketegasan China di kawasan tersebut.

Quad membuat langkah besar dalam mencapai tujuan mengirimkan 1 miliar dosis vaksin COVID-19 ke dunia, kata Lu.

US International Development Finance Corporation memberikan USD50 juta dalam pembiayaan jangka panjang kepada Biological E Ltd untuk mengembangkan kapasitas manufaktur untuk memproduksi setidaknya satu miliar dosis vaksin Covid-19 pada akhir tahun 2022, ”katanya.

“Kami telah mengadakan diskusi melalui Quad tentang teknologi kritis dan yang muncul dan juga bekerja sama untuk mendukung energi bersih dan upaya dekarbonisasi di kawasan Indo-Pasifik, termasuk melalui pengiriman hijau dan inisiatif hidrogen bersih,” tambahnya.

“Quad juga bekerja sama dalam kerja sama dan keamanan maritim. Kami berbagi data tentang kesadaran domain maritim, memerangi penangkapan ikan ilegal bersama, dan keempat negara kami telah melakukan latihan angkatan laut yang kompleks dan berskala besar dalam latihan tahunan Malabar,” kata Lu.

Dia membantah tuduhan dari Senator Ted Cruz bahwa Administrasi Biden telah kehilangan prioritas untuk melawan China di Quad.

READ  Segmen rudal China turun kembali ke Bumi, jatuh di dekat Maladewa

“Saya duduk di setiap sesi diskusi Quad, dan di setiap sesi diskusi itu, bersama dengan tiga mitra Quad kami, kami berbicara tentang melawan China. Kita berbicara tentang Cina melawan Cina dengan kegiatan keamanan dan pertahanan.

“Kami juga berbicara tentang melawan China dengan vaksin COVID karena kami tahu bahwa ini adalah bagian dari jangkauan China ke Indo Pasifik. Jadi saya mengambil pengecualian untuk pernyataan itu. Bukan itu yang saya saksikan,” kata Lu.

Pada bulan November 2017, AS, Australia, India, dan Jepang membentuk proposal yang telah lama tertunda untuk mendirikan Quad untuk mengembangkan strategi baru untuk menjaga rute laut penting di Indo-Pasifik bebas dari apa pun, di tengah kehadiran militer China yang berkembang. di kawasan strategis.

China mengklaim hampir semua Laut China Selatan yang disengketakan, meskipun Taiwan, Filipina, Brunei, Malaysia, dan Vietnam semuanya mengklaim sebagian darinya. Beijing telah membangun pulau buatan dan instalasi militer di Laut Cina Selatan. Beijing juga terlibat dalam sengketa maritim dengan Jepang atas Laut China Timur.