Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Direktur, Malta BA, Nabil. Siapa pemimpin bank terbesar di Polandia?

Jan Emeryk Rościszewski adalah presiden PKO BP yang dipilih secara bersyarat. Dewan pengawas bank menunjuknya ke posisi ini dengan syarat bahwa pengangkatannya disetujui oleh Otoritas Pengawas Keuangan Polandia. Sampai saat itu, Rościszewski akan mengarahkan pekerjaan dewan direksi. Seharusnya tidak ada masalah dengan persetujuan Otoritas Pengawas Keuangan Polandia, karena kepala bank yang baru terpilih telah menjadi wakil presiden sejak 2016, bertanggung jawab atas perbankan ritel. Ia juga mendapat dukungan politik.

– Di PKO BP, kami akan fokus dalam waktu dekat untuk menyelesaikan implementasi strategi saat ini dan mengembangkan yang baru, kata Rościszewski.

PKO Bank Polski telah memenangkan peringkat Finnoscore 2020 dan telah menjadi pemimpin Eropa dalam perbankan digital. Ini dinilai tinggi dalam kategori berikut: perbankan online, media sosial, aplikasi seluler, dan strategi inovasi.

– Jalan yang benar untuk diambil PKO BP adalah melanjutkan digitalisasi – mengumumkan presiden baru.

Rościszewski adalah lulusan Fakultas Humaniora di Universitas Katolik di Lublin dan Institut d’Etudes Politiques di Paris. Dia juga memiliki gelar MBA Eksekutif dan kualifikasi pialang asuransi. Beliau menjabat berbagai posisi manajemen di bidang asuransi.

Beliau juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komite Audit Asosiasi Asuransi Polandia, Ketua Dewan Pengawas Pocztylion-Arka PTE (1998-2016) dan Wakil Ketua Dewan Pengawas Pocztowa Agencja Usług Finansowych (2000-2014). Ia menjadi anggota Komite Audit Asosiasi Asuransi Polandia (2012-2016) dan anggota Dewan Pengawas NFI Pengembangan BBI (2011-2018).

Beliau juga pernah menjabat sebagai anggota Dewan Pengawas PKO Leasing (2016-2018), PKO Faktoring (2017-2018), PKO Bank Hipoteczny (2017-2019), Bank Pocztowy (2017 – Juli 2020), sebagai deputi. -Ketua Dewan Direksi.

Hingga April 2021, beliau menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas: PKO TFI, PKO Towarzystwo Ubezpieczeń dan PKO ycie Towarzystwo Ubezpieczeń. Saat ini, beliau adalah anggota dewan pengawas PKO Bank Hipoteczny dan Grupa ywiec.

READ  Federal Reserve AS memperkirakan suku bunga utama akan naik pada 2023

Seperti yang ditekankan oleh teman-teman bankir berusia 56 tahun itu, dia bangga dengan garis keturunan bangsawannya dari keluarga Rościszewski dari lambang Junosza, dan pada saat yang sama terkait erat dengan Gereja. Selama masa darurat militer, ia adalah anggota Komite Primata untuk membantu orang-orang yang dirampas kebebasannya.

Sejak 2009 Jan Emeryk Rościszewski juga menjadi Ksatria Kehormatan dan Dedikasi Ksatria Malta, dan sejak 2012 dia menjadi Pemimpin Perhotelan Masyarakat Ksatria Polandia Malta.

Asal-usul sistem kembali ke Perang Salib. Pada abad ke-18, Istana Malta di Roma menjadi tempat tinggal utamanya. Di Polandia, ini adalah salah satu organisasi paling elit. Ini termasuk pendeta dan orang awam, yang dikenal sebagai Knights of Malta atau Knights Hospitallers, atau rumah sakit, karena anggota organisasi ini sejak awal berfokus pada keramahan.

Knights of Malta di Polandia mengelola modal sekitar 20 juta PLN per tahun. Itu datang dari berbagai sumber – dari kontribusi dari anggotanya, donor dan sponsor, melalui pelaksanaan proyek dengan pemerintah daerah dan Dana Kesehatan Nasional, hingga pengembalian 1 persen. pajak.

Bank dan Politik

Redistribusi posisi puncak di perusahaan perbendaharaan negara bukanlah hal baru. Sebuah rahasia umum adalah perebutan pengaruh dalam bisnis pemerintah, yang telah lama dilancarkan oleh Perdana Menteri Mateusz Morawiecki dan Presiden Solidaritas Polandia, Zbigniew Sziobro. Pada akhir Mei tahun ini, kepala PiS mengumumkan bahwa penerus Zbigniew Jagiełło – yang dikatakan telah kehilangan kepercayaan dari Jaroslaw Kaczynski – akan menjadi anggota dewan direksi bank.

Zbigniew Jagiełło adalah kenalan lama Mateusz Morawiecki, jadi pengunduran dirinya dan pencalonan Rociszewski dikatakan sebagai penghormatan kepada “PC Order”, sebuah partai berpengaruh di kubu PiS yang dibentuk oleh orang-orang kepercayaan Jaroslaw Kaczynski dari masa Center Convention Party. Tapi Roseszewski diatur untuk berhubungan baik dengan Morawiki, jadi pencalonannya juga sukses untuk perdana menteri.

READ  Iklan Polandia £. Lebih dari 42 ribu tanda tangan menentang perubahan pajak. 'berbahaya bagi perkembangan'

– Banknya kuat. Bos baru mengambil alih kendali dari mantan bos yang sangat baik, jadi tantangannya sangat besar. Namun, dewan pengawas memutuskan. Ada beberapa nama dan tidak ada yang curiga bahwa ini adalah kandidat yang baik, kata MP Tadeusz Cymański untuk portal WNP.PL. Ketika berbicara tentang perbankan, tidak ada ruang untuk kebetulan atau kontroversi. Ada contoh salah urus bank, tapi tidak demikian dengan PKO BP. Saya optimis dalam hal ini dan berharap yang terbaik untuk kepala baru bank ini – tambah politisi berpengaruh Solidarna Polska.

Namun, para ahli mencatat pemindahan orang-orang yang berhubungan langsung dengan politik ke PKO BP, yang sudah menjadi dewan pengawas dan dewan direksi bank. Mereka menegaskan bahwa hari ini, dalam pengelolaan salah satu bank terbesar di bagian Eropa kita, dukungan politik diperlukan, dan itulah yang dimiliki Jan Emeryk Rościszewski.

Dia aktif dalam politik di tahun 90-an, dan sekarang dia bisa membanggakan karena aktif di Center Convention, yaitu formasi pertama yang didirikan oleh Lech dan Yaroslav Kaczynski.

Setelah Zbigniew Jagiełło mengundurkan diri dari posisinya, pertukaran nama calon presiden baru dimulai. Pencalonan Wakil Presiden PKO PB, Jan Emeryk Rościszewski, juga gagal karena pengetahuannya tentang politisi paling penting saat ini. Diduga bahwa dia seharusnya bertemu dengan kepala PIS, Jaroslaw Kaczynski, dengan Mateusz Morawiecki, ketika perdana menteri saat ini masih menjadi presiden Santander Polska.