Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Ditunjuk sebagai penerus ketua dewan pengawas Achleitner

FrankfurtDeutsche Bank telah menyelidiki emas dalam mencari pengganti ketua dewan pengawas lama Paul Achleitner. Komite Nominasi Komite merekomendasikan agar Alexander Weinandts diusulkan ke rapat umum pada 19 Mei 2022, untuk pemilihannya menjadi Dewan Pengawas Bank, lembaga itu mengumumkan Jumat malam. Dia kemudian akan terpilih sebagai presiden dan dengan demikian menggantikan Paul Achleitner. Rekomendasi tersebut harus mendapat persetujuan penuh dari dewan pengawas.

Menurut informasi, Wynaendts adalah presiden grup asuransi Belanda Aegon dari 2008 hingga 2020. Direktur saat ini memegang beberapa dewan pengawas dan manajemen, termasuk Citigroup, Uber Technologies dan Air France KLM. Di Citigroup, ia akan meninggalkan dewan direksi.

Selain itu, Dewan Pengawas akan merekomendasikan kepada rapat umum tahunan penunjukan Wakil Presiden lain selain perwakilan karyawan Detlev Polachek. Panitia akan mengusulkan Norbert Winkeljohan, yang telah menjadi anggota dewan pengawas Deutsche Bank sejak 2018.

Achleitner menjabat sebagai Ketua Deutsche Bank selama sepuluh tahun

Achleitner memegang salah satu posisi terpenting dalam perekonomian Jerman untuk waktu yang sangat lama. Namun setelah sepuluh tahun menjadi ketua dewan pengawas Deutsche Bank, itu harus berakhir, tegas pria Austria berusia 65 tahun itu berulang kali. Di masa lalu, dia harus mengajukan pertanyaan apakah lembaga keuangan tidak akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk waktu yang lama jika dewan pengawas tidak mempertahankan manajer yang salah untuk waktu yang lama. Pada Rapat Umum Tahunan 2019, pemegang saham menyerukan agar sistem Achleitner tidak dipilih.

Peluang untuk menggantikan Achleitner sebelumnya telah diberikan kepada Presiden Deutsche Boerse Theodor Weimer. Frank Witter, mantan kepala keuangan Volkswagen, juga telah dianggap sebagai calon potensial untuk memimpin dewan pengawas Grup Dax Frankfurt.

READ  Batas pembebasan €22 tetes untuk paket dari China

Tampaknya waktu pengunduran diri Achleitner tepat. Deutsche Bank kembali ke pasar lagi, dan meskipun biaya restrukturisasi perusahaan meningkat, ia membukukan lebih banyak keuntungan pada kuartal ketiga dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi tidak semuanya berjalan begitu mulus. Perbankan investasi tetap menjadi sumber keuntungan, meski direksi sudah mulai mengurangi ketergantungan pada bisnis pasar modal yang bergejolak. Anti-pencucian uang tetap menjadi masalah lama dan FSA Baffin telah mendesak bank untuk berbuat lebih banyak.

Achleitner, yang sebagian besar tinggal di Munich, dianggap sebagai teman baik. Beliau memulai karirnya pada tahun 1984 setelah belajar ekonomi termasuk gelar PhD di St. Gallen, Swiss, di Bain Management Consulting. Pada tahun 1988, penduduk asli Linz pindah ke Goldman Sachs yang legendaris di Wall Street dan membangun bisnis Jerman untuk mereka. Dengan melakukan itu, dia membawa Telekom ke bursa saham dan menempa Thyssen dan Krupp menjadi satu grup. Pada tahun 2000, Henning Schulte-Noel, yang saat itu menjabat sebagai presiden Allianz, membawa bankir investasi tersebut ke Munich sebagai CFO raksasa asuransi (hingga 2012). Dari sana, Achleitner pergi ke Frankfurt di menara kembar Deutsche Bank.