Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Donald Trump, bersiap untuk melawannya, menyebut jaksa agung sebagai ‘gila gila’

Donald Trump, bersiap untuk melawannya, menyebut jaksa agung sebagai ‘gila gila’

Washington: Di mata para pengkritiknya, dia tidak bisa berbuat lebih baik jika dia menyerahkan borgol itu kepadaku penegakan hukum Dan mereka mengulurkan tangannya. Di bawah tajuk utama “Kejahatan Terbodoh yang Bisa Dibayangkan”, seorang komentator berkata, “kami tahu dia akan menjadi jahat,” tetapi tidak ada yang membayangkan dia akan menjadi penjahat.
Bahkan para pendukungnya tercengang. Seorang profesor hukum dan peneliti hukum di Universitas Harvard berkata: “Setiap kali dia membuka mulutnya, dia meningkatkan peluangnya untuk masuk penjara.” Alan DershowitzSiapa yang pernah membela Trump, katanya dalam salah satu wawancara.
Jadi apa dakwaan setebal 49 halaman dari Departemen Kehakiman yang membuat beberapa pendukungnya mencengangkan?
Dalam salah satu kasus yang dikutip dalam surat dakwaan, Trump melemahkan klaimnya bahwa dia membuka rahasia dokumen rahasia yang dia ambil dari Gedung Putih yang katanya merupakan rencana dari sang jenderal. Mark MileyKetua Kepala Staf Gabungan untuk menyerang Iran. “Begini, sebagai presiden saya bisa mendeklasifikasi itu,” katanya sambil melambai-lambaikan dokumen sementara para pembantunya tertawa. “Sekarang aku tidak bisa, kau tahu, tapi itu masih rahasia.”

Di foto lain, dia menunjukkan peta rahasia kepada seorang aktivis politik dan berkata, “Dia seharusnya tidak menunjukkan peta itu…dan jangan mendekat.” Di tempat lain, dia memberi tahu pengacaranya, “Bukankah lebih baik jika kita memberi tahu mereka bahwa kita tidak punya apa-apa di sini?”
Semua itu disertai dengan bukti foto yang memperlihatkan kotak-kotak berisi dokumen rahasia yang tersebar di seluruh kamar mandi dan ballroom rumahnya Kediaman Mar-a-Lagodi mata banyak analis, menempatkan Trump dalam masalah besar.
Dalam briefing klinis singkat, Jaksa Penuntut John SmithSambil menjaga Trump tidak bersalah sampai terbukti bersalah tanpa keraguan, dia mengajukan kasus yang kuat terhadap mantan presiden, dengan mengatakan bahwa kesalahan penanganan informasi rahasia membahayakan keamanan Amerika Serikat dan nyawa personel layanan dan petugas intelijen.
Anggota komunitas militer dan intelijen “mendedikasikan hidup mereka untuk melindungi bangsa kita dan rakyatnya,” katanya, menyebut Undang-Undang Informasi Pertahanan “penting untuk keselamatan dan keamanan Amerika Serikat,” menambahkan bahwa “pelanggaran undang-undang itu telah membahayakan negara kita.”

READ  Segala sesuatu yang dimiliki keluarga terkaya di dunia

Menanggapi argumen berulang Trump bahwa seorang presiden, saat ini atau sebelumnya, tidak dapat diganggu gugat dan tidak boleh dikenakan tuntutan pidana, Smith menegaskan, “Ketaatan pada supremasi hukum adalah prinsip dasar Departemen Kehakiman. Komitmen bangsa kita terhadap aturan hukum menjadi contoh bagi dunia. Kami memiliki satu set Hukum di negara ini dan berlaku untuk semua orang.”
Tanggapan Trump? Smith adalah seorang “psikopat” dan “pembenci Trump”.
Mantan presiden itu dijadwalkan berpidato di kaukus Partai Republik negara bagian pada Sabtu di Georgia dan North Carolina, di mana dia diperkirakan akan meningkatkan serangan. Dia juga mendorong para pendukungnya untuk berkumpul pada hari Selasa di Miami, di mana dia dijadwalkan untuk hadir di pengadilan.
“Sampai jumpa di Miami pada hari Selasa!!!” Dia memposting Jumat malam di platformnya Sosial Kebenaran, sebagai pengingat yang tidak menyenangkan akan pesannya pada 19 Desember 2020, ketika dia men-tweet, “Protes besar di D.C. 6 Januari. Berada di sana, itu akan menjadi liar!”

Dia menonton Skandal bersejarah: Mantan Presiden Trump menghadapi tuduhan kriminal yang mengerikan – apakah dia akan menjalani hukuman 100 tahun penjara?