SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Dua Mobil Diterjunkan Rekam E-KTP di Sekolah

  • Reporter:
  • Kamis, 24 Januari 2019 | 14:09
  • Dibaca : 281 kali
Dua Mobil Diterjunkan Rekam E-KTP di Sekolah
ilustrasi

SEKUPANG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam sediakan dua mobil untuk mendatangi sekolah-sekolah dalam proses pendataan dan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) bagi pelajar yang usia 16 tahun.

Kepala Disdukcapil Kota Batam, Said Khaidar menjelaskan, hal ini disediakan dalam rangka mendukung data pemilih yang masih usia 16 tahun dan hendak memasuki usia 17 tahun menjelang Pemilu 2019 nanti.

“Nanti ada dua mobil yang kami jadwalkan setiap hari untuk menyisir sekolah-sekolah untuk mendata dan melakukan perekaman,” ujarnya, Rabu (23/1).

Menurut dia, menerjunkan perekaman e-KTP di setiap sekolah tak hanya untuk kemudahan pesta demokrasi saja, namun juga bisa untuk keperluan lainnya. “Perlu juga e-KTP bagi pelajar yang sudah selesai sekolah, dan mengurus keperluan lainnya,” kata Said.

Nantinya untuk siswa yang masih berusia 16 tahun hanya didata saja, belum diberikan fisik e-KTP. “Misalnya nanti pada tanggal 28 pada saat penepatan batas waktu perekaman data pemilih sudah umur 17 Tahun, itu bisa kami cetak. Kalau ada yang sudah berumur 17 tahun, kami cetak langsung,” katanya.

Untuk menjalankan program ini, kemarin tim Disdukcapil menyambangi SMAN 1 Batam di Sekupang. Pada tahap pertama ini, tim akan menyisir sekolah di daerah sekupang terlebih dahulu. Perekaman di SMAN 1 akan dilaksanakan selama dua hari. Di hari pertama petugas merekam data 19 siswa.

“Syarat yang harus dibawa oleh siswa hanya KK (kartu keluarga) dan sudah terdaftar di Disdukcapil. Dan yang belum terdaftar harus melapor dulu ke Disdukcapil baru bisa direkam sesuai dengan database,” kata petugas perekaman e-KTP, Doni Hardinata.

Salah seorang siswa SMAN 1 Batam, Rafli mengatakan, kegiatan ini sangat membantu siswa untuk melakukan perekaman, karena belum tentu semua siswa sempat untuk ke Kantor Disdukcapil karena sibuk sekolah. “sangat membantu sekali. Apalagi kalau kami full day pulangnya jam lima sore. Kapan ada waktu mau ke Kantor Disduk,” ujarnya. cr1

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com