Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Dua satelit buatan PH berbentuk kubus akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional

Dari halaman Facebook DOST

MANILA – Dua satelit kubik, Maya 3 dan Maya 4, akan diluncurkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada Sabtu sore, kata Kementerian Sains dan Teknologi (DOST).

Kementerian Sains dan Teknologi mengatakan ini adalah pertama kalinya dua satelit kubik buatan Filipina diangkat bersama. Satelit, yang akan mengumpulkan data berbasis darat, antara lain, akan diluncurkan pada pukul 15:37 waktu Manila.

Peluncuran ini merupakan bagian dari misi pasokan komersial SpaceX NASA ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), menurut informasi yang tersedia di platform NASA dan DOST.

“CubeSats akan meninggalkan Bumi dengan roket Dragon C208 SpaceX Falcon 9 sebagai bagian dari SpaceX Commercial Resupply Mission-23 (SpX-23),” kata divisi sains dalam sebuah posting Facebook.

Layanan pasokan adalah bagian dari “penelitian ilmiah dan demonstrasi teknologi” yang bertujuan untuk membantu eksperimen di Stasiun Luar Angkasa Internasional, stasiun terpisah. Penjelasan Baca dari NASA.

“Eksperimen di atas kapal termasuk penyelidikan untuk melindungi kesehatan tulang melalui produk sampingan tanaman, menguji metode untuk memantau kesehatan mata kru, menunjukkan peningkatan kecerdasan robotika, memaparkan bahan bangunan ke lingkungan ruang yang keras, menghilangkan stres pada tanaman, dan banyak lagi,” NASA menambahkan. .

Maya 3 dan Maya 4

Maya 3 dan Maya 4 dikembangkan di bawah program STAMINA4Space dengan dukungan DOST, Universitas Diliman Filipina, Institut Teknologi Kyushu, dan Badan Antariksa Filipina.

Di antara misi dari dua satelit kubus adalah menampilkan gambar dan video dari RGB dan kamera inframerah-dekat, serta menampilkan akuisisi data tanah yang memungkinkan data dikumpulkan dari sensor Bumi yang jauh seperti suhu dan kelembaban.

Satelit-satelit tersebut juga diharapkan menampilkan model GPS komersial off-the-shelf (COTS) dan pengukuran medan magnet di luar angkasa, antara lain.

READ  Juno NASA merayakan 10 tahun dengan tampilan inframerah baru dari Jovian Mammoth Moon Ganymede

Peneliti muda Filipina membantu mengembangkan Maya 3 dan Maya 4 bersama dengan ilmuwan lain dari negara lain.

Maya 1 diluncurkan pada 2018, sementara Maya 2 diluncurkan awal tahun ini.

Anda dapat mendaftar Di Sini Untuk memesan tiket Anda secara online untuk acara tersebut dan mendapatkan lebih banyak informasi dan pembaruan dari misi SpX-23 NASA, menurut DOST.

– Laporan dari Jekki Pascual dan Job Manahan, ABS-CBN News

dari arsip kami