Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Emirates: India, Emirates, dan Prancis tertarik dengan Forum Rafale. Peran kunci untuk New Delhi

Pertemuan Tingkat Menteri Tripartit antara India, UEA, dan Prancis yang diadakan di New York pada hari Senin berfokus pada penguatan kemitraan di bidang pertahanan dan keamanan, dengan fokus khusus pada pesawat tempur Rafale, kepentingan bersama global, inovasi, dan hubungan antarmanusia.

Jet tempur Rafale adalah komponen umum dari Kemitraan Strategis Tripartit. Baik India dan Uni Emirat Arab membeli pesawat tempur Rafale dari Prancis. ET telah mengetahui bahwa ketiga negara sangat ingin membentuk forum Rafale trilateral dan bahwa India akan memainkan peran utama dalam forum tersebut.

Sementara India adalah mitra strategis utama Prancis di Asia Selatan, UEA juga merupakan mitra utama Prancis di Asia Barat. Kemitraan antara India dan UEA telah berubah dalam beberapa tahun terakhir dan bobot strategis dari hubungan tersebut telah dibawa ke tingkat yang baru.

“Pertemuan tripartit tingkat menteri yang bermanfaat antara India, UEA, dan Prancis. Pertukaran gagasan aktif antara mitra strategis dan anggota DK PBB. Terima kasih @ABZayed telah menjamu @MinColonna dan saya,” cuit Menteri Luar Negeri S Jaishankar setelah pertemuan di New York di sela-sela . Dari Majelis Umum PBB.

Trio India-Emirat-Prancis adalah cara baru dan lebih kontemporer dalam mempraktikkan diplomasi dengan penekanan pada “pertukaran aktif” gagasan antara mitra strategis dan anggota Dewan Keamanan PBB. Meskipun ketiga negara berbeda, mereka adalah mitra strategis satu sama lain dan diskusi fokus pada bidang kesamaan dan bekerja pada bagaimana mengidentifikasi dan menyoroti kesamaan bergerak maju, menurut orang-orang yang akrab dengan kemitraan. Ketiga negara sangat nyaman satu sama lain dan ada banyak bidang di mana mereka cenderung bekerja dengan cara yang lebih terkoordinasi.

READ  Presiden China Xi Jinping memperingatkan situasi 'suram' dengan Taiwan dalam sebuah surat kepada oposisi

Pada bulan Juli, India, Uni Emirat Arab, dan Prancis mengadakan tiga serangkai tingkat resmi pertama mereka untuk mengeksplorasi potensi kerja sama di kawasan Indo-Pasifik termasuk keamanan maritim, ekonomi biru, saling ketergantungan regional, ketahanan pangan dan energi. Pada bulan Juli, ketiga pihak bertukar pandangan tentang kawasan Indo-Pasifik dan menjajaki area potensial untuk kerjasama trilateral termasuk keamanan maritim, bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, ekonomi biru, konektivitas regional, kerjasama dalam forum multilateral, ketahanan energi dan pangan, inovasi dan startup. . Fleksibilitas rantai pasokan dan kerjasama budaya dan akar rumput. Mereka juga membahas langkah-langkah selanjutnya yang akan diambil untuk meningkatkan kerja sama trilateral di kawasan Indo-Pasifik.

Trio hari Senin datang setelah kunjungan menteri luar negeri Prancis ke India. Jaishankar dijadwalkan bertemu rekannya dari Turki pada Selasa malam untuk memajukan dialog antara Perdana Menteri Narendra Modi dan Presiden Recep Tayyip Erdogan di Samarkand Jumat lalu.