Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Enam orang tewas dan satu hilang setelah tambang emas ilegal runtuh di Indonesia

Enam orang tewas dan satu lainnya hilang setelah tanah longsor mengubur beberapa pekerja di tambang emas ilegal di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia, kata pejabat Kamis. AcerPress.

Harris Supriyadi, kepala organisasi pencarian dan penyelamatan lokal, mengatakan 16 penambang telah diselamatkan setelah tanah longsor pada Rabu malam di distrik Mait Dong di Paris. Enam orang lagi tewas ketika tim penyelamat mencari orang yang hilang.

“Di antara yang tewas ada suami dan istrinya,” kata Harris Supriyadi.

Rathidya Jati, juru bicara Institut Nasional Penanggulangan Bencana, mengatakan terowongan itu runtuh sekitar 30 menit setelah hujan lebat dan para pekerja terkubur di bawah tanah padat hampir 20 meter.

“Banyak yang datang setelah mendengar bahwa sejumlah besar emas telah ditemukan dan berdesakan di sumur sempit itu,” kata Raditya.

Sekitar 100 orang bekerja di tambang pada saat itu, tetapi sebagian besar dapat melarikan diri, katanya.

Pasukan, polisi, dan penduduk setempat bergabung untuk mencari yang hilang.

Kecelakaan berbahaya sering terjadi di situs pertambangan artisan di Indonesia. Lebih dari 20 orang tewas dalam bencana serupa tahun ini.

Penggunaan merkuri yang meluas dalam penambangan skala kecil juga menyebabkan berbagai masalah kesehatan, kata para ahli.

Penulis: PP

READ  Keseimbangan Covit: Meningkatkan jumlah pasien yang dirawat di perawatan intensif. Jumlah infeksi baru juga tinggi dalam 24 jam