Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

FBI sedang menyelidiki serangan terhadap sebuah restoran India di New Mexico

Polisi Santa Fe menggambarkan insiden itu sebagai kejahatan rasial yang ditujukan terhadap komunitas India di sekitarnya.

Washington:

FBI telah ditugaskan untuk menyelidiki serangan tahun lalu di sebuah restoran India populer di Santa Fe, ibu kota negara bagian New Mexico, AS selatan.

Pada Juni 2020, pengacau tak dikenal merusak dapur, ruang makan, area penyimpanan, dan dinding gedung Istana India, dicat dengan kata-kata “Trump 2020” dan komentar rasis yang ditujukan kepada pemilik restoran Sikh, menyebabkan kerusakan pada dapur. Laporan media mengatakan itu bernilai $ 100.000.

Restoran itu dibeli pada 2013 oleh Baljit Singh, dan dijalankan oleh putranya Baljot, menurut Santafenewmexican.com.

Polisi Santa Fe menggambarkan insiden itu sebagai kejahatan rasial yang ditujukan terhadap komunitas India di sekitarnya.

Namun, lebih dari 16 bulan kemudian, mereka belum mengajukan tuntutan. Pekan lalu, FBI mengatakan mereka bertekad untuk membawa para pelaku di balik serangan di restoran India Palace ke pengadilan.

“Kejahatan ini telah menarik perhatian lokal dan nasional yang signifikan,” kata Agen Khusus Penanggung Jawab Raul Boganda dari Divisi Albuquerque FBI.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Departemen Kepolisian Santa Fe atas semua pekerjaan yang telah mereka lakukan dalam kasus ini. Kami bertekad untuk menemukan mereka yang bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Istana India dan membawa mereka ke pengadilan.”

“Departemen Kepolisian Santa Fe berterima kasih atas semua bantuan yang kami terima dari FBI selama penyelidikan ini,” kata Wakil Presiden Paul Joy.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan pekerjaan kami dengan FBI, untuk memastikan bahwa orang atau orang yang bertanggung jawab atas vandalisme ini dibawa ke pengadilan,” katanya.

READ  China menyatakan kesiapannya untuk mengembangkan "hubungan persahabatan" dengan Taliban; 5 tewas di bandara Kabul di tengah kekacauan

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan selama penyelidikan, Polisi Santa Fe tidak mengesampingkan bahwa orang-orang yang terkait dengan restoran mungkin terlibat dalam kerusakan yang terjadi, kata FBI dalam rilis berita.

Serangan Istana India dikecam secara luas di seluruh Amerika Serikat, dan itu terjadi di tengah gelombang serangan rasis dan protes di negara itu tahun lalu, setelah kematian George Floyd, pria kulit hitam yang meninggal dalam tahanan polisi di Minneapolis.