Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Film TVP Paspor Independen. Sejarah Aktivis Solidaritas

Serangkaian 13 film dokumenter oleh aktivis solidaritas yang dikeluarkan oleh “Paspor Kebebasan” akan ditayangkan Senin sampai Jumat. 19.30 di TVP Historia, dan TVP Historia 2. Film-film ini diproduksi oleh Slavomir Keller.

Gala Penerbitan “Paspor Kemerdekaan” 21.40 di TVP1 dan TVP Historia tayang pada 12 Desember.

Mateusz Matyszkowicz: Tindakan kami hanyalah permulaan

“Peringatan 40 tahun pemberlakuan darurat militer dikaitkan dengan kembalinya minat pada era komunis di Polandia. Matiskovich, anggota komite eksekutif Televiza Polskova, pada konferensi pada hari Senin.

Dia mencatat bahwa upaya telah dilakukan sejak 1989 untuk menemukan ksatria tak terlihat. “Persatuan bukan hanya beberapa, atau selusin atau lebih nama – mari kita ingat bahwa ini adalah gerakan sosial yang sangat besar. Kenangnya.

Matyszkowicz mencatat bahwa para pahlawan potret film, “disiarkan dalam beberapa hari mendatang di antena kami, setelah 1989, tidak memegang posisi tertinggi, tidak berbisnis; mereka menjalani hidup mereka dengan sangat sederhana dan sederhana.”

Seorang anggota tim TVP menjelaskan bahwa kampanye “Paspor Kebebasan” memiliki dua tujuan. “Yang pertama berkaitan dengan penghancuran titik-titik putih, yang sebenarnya menunjukkan sejarah melalui mata mereka yang menciptakan persatuan, mereka yang melakukan pengorbanan terbesar demi kepemilikan,” katanya.

“Tujuan kedua sangat spesifik dan sangat penting bagi kami. Ketika kami melihat para pahlawan Solidaritas yang damai dan nyata ini, kami melihat bahwa setelah 1989 mereka tidak selalu beruntung,” katanya. “Setiap masyarakat dewasa adalah kenangan para veteran, kenangan mereka yang berjuang untuk tanah air mereka. Setiap komunitas memberikan perhatian khusus kepada orang-orang ini dan memastikan tidak ada yang kurang bagi mereka,” jelas Matyszkowicz.

READ  Pennant Fever: Phyllis bersenang-senang bisbol lagi di Philly

Dia menekankan bahwa “Paspor Kebebasan” juga memiliki dimensi ini. “Kami ingin mereka menjadi bantuan nyata bagi para pahlawan kami,” katanya.

“Saya percaya bahwa tindakan kita hanyalah permulaan, itu benar-benar yang pertama seperti api, sinyal kita, karena ada ribuan pahlawan di Polandia. Mereka hidup di antara kita” – kata Matyszkowicz.

Presiden TVP Historia: Serangkaian Monumen

Direktur Historia TVP Piotr Legutko menjelaskan kepada TVP bahwa “ini adalah awal dari kampanye sosial yang hebat.” “Proyek ini adalah seri, karena kami menunjukkan karakter setiap hari. Seri ini akan berlangsung tiga belas hari, yang akan berakhir dengan derap besar, di mana + paspor independen + akan diserahkan” – jelasnya.

“Ini benar-benar cerita yang luar biasa. Slavomir Keller adalah pembuat film dokumenter dan reporter yang hebat – ternyata – dia bahkan lebih baik, dan dia mampu menjangkau orang-orang ini,” katanya. “Ini bukan monumen. Ini, dalam banyak kasus, otobiografi dramatis,” jelas direktur TVP Historia.

Legutko mencatat bahwa “ada pertanyaan tentang harga yang harus dibayar untuk kebebasan ini.” “Ada banyak orang yang telah membayar harga tinggi dan hidup mereka telah hancur oleh darurat militer (…), yang merupakan penemuan besar bagi saya, melalui otobiografi, melalui orang-orang, terutama kita perlu menceritakan lebih banyak cerita. Kita perlu kelilingi diri kita sendiri,” tegasnya.

NSZZ Solidarność, Asosiasi Kata Bebas, Asosiasi Martabat dan Institut Peringatan Nasional adalah mitra dalam kampanye “Paspor Kebebasan”.