Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Final seremonial kompetisi “Javor – sumber budaya”. Kami memberikan penghargaan kepada seniman rakyat

Pada hari Minggu, 29 Mei, selama final regional yang diadakan di Studio Konser Janus Hajdun Radio Kdansk, kami memberikan hadiah kepada seniman yang diakui oleh juri kompetisi di “Javor – Sumber Budaya”. Tamu kehormatan pada upacara tersebut adalah Jaroslav Cellin, Sekretaris Kementerian Kebudayaan dan Warisan Nasional dan Penjaga Umum monumen tersebut.

Kompetisi “Javor – In the Origins of Culture” pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010 oleh Radio Keels. Setiap tahun ratusan seniman ambil bagian di dalamnya: band, orkestra, penyanyi, alat musik dan animator budaya rakyat dari daerah tertentu. Tahun ini, festival mengadopsi formula nasional. Radio Gdansk mengundang semua seniman rakyat dari Pomerania untuk berpartisipasi dalam kompetisi. Kami mencari seniman dan kreator regional yang dapat mempromosikan identitas unik dan tradisional wilayah Pomeranian.

– Setelah konser, dapat dikatakan bahwa itu adalah keputusan yang baik untuk bergabung dengan penyelenggara festival nasional budaya rakyat Radio Gdansk “Sumber Jawar – budaya”. Untuk waktu yang lama stasiun radio kami tidak begitu keras, berisik, penuh warna dan kreatif. Prediksi kami telah dikonfirmasi bahwa pencipta budaya rakyat dari Pomerania adalah sekelompok orang yang sangat kreatif dengan sikap yang sangat positif terhadap dunia; Duta besar wilayah tersebut yang berkontribusi dan menyusun pengembangan merek ini di Pomerania. Kami berharap dapat melanjutkan proyek ini di tahun-tahun mendatang karena Anda akan merasakan manfaatnya. Diakui, Javor adalah festival nasional, tetapi Pomerania hilang dari grup ini, itulah sebabnya Radio Gdansk bergabung dengan grup penyelenggara. Kami tidak dapat membayangkan menampilkan dan berbicara tentang budaya Polandia tanpa partisipasi seniman dari wilayah kami. Dalam hal budaya, Pomerania menonjol dari negara lain. Budaya daerah adalah fitur unik dari wilayah kami, yang menarik wisatawan dan orang-orang dari seluruh dunia – kata Dr. Adam Simileki, kepala Radio Gdansk.

(Foto. Radio Gdańsk / Roman Jocher)


Pemenang tampil di Radio GDAŃSK Studies

Dalam edisi pertama arena Pomeranian kompetisi “Javor – sumber budaya”, hampir 50 aplikasi diajukan, pemenangnya dipilih dalam tiga kategori. Itu juga memutuskan untuk menawarkan sepuluh spesial. Disusun oleh juri: Veronica Kortels – penyanyi, Sonia Klein-Wrońska dari Departemen Kebudayaan Rakyat di Wdzydze, Paweł Zagańczyk – dosen di Akademi Musik di Gdańsk, Maciej yszkiewicz – asisten direktur musik. Adam Chmielecki – Presiden Radio Gdańsk.

– Setahun yang lalu, saya mengadakan pertemuan dengan kepala stasiun radio daerah. Radio Keells, yang telah mengorganisir tinjauan seni rakyat semacam itu selama bertahun-tahun, telah diganggu oleh gagasan untuk menciptakan kualifikasi serupa untuk penghargaan nasional ini di masing-masing bagian negara dan di stasiun regional lainnya. Radio Gdańsk memutuskan untuk melakukannya – ini adalah hal yang sangat bagus. Itu sebabnya kami memiliki festival nasional, tetapi di tingkat regional. Sudah diketahui bahwa di Pomerania kami memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan. Setiap anak benua Pomeranian memiliki pencipta budaya rakyat yang luar biasa, dan mereka melakukannya dalam dimensi yang berbeda. Ini termasuk lukisan, patung, lagu, tari, seni, tekstil dan banyak lagi. Jadi, berbagai bidang dan peristiwa yang indah, ini adalah akar yang dalam dari budaya nasional dan etnis kita. Jadi, ada baiknya menemukan seniman yang memelihara, memelihara, dan mewariskan ke generasi berikutnya. Itulah tujuan festival ini. Seniman rakyat umumnya adalah manusia yang sangat rendah hati, sering kali beroperasi dengan ambisi untuk dikenal di lingkungan sekitarnya. Tetapi ada baiknya menemukan mereka, dan menunjukkannya dalam arti yang lebih luas. Sungguh luar biasa melihat seniman dari kota yang sangat kecil menciptakan hal-hal yang luar biasa. Di atas segalanya, saya ingin mereka menemukan ahli waris. Karena setiap bagian dari budaya rakyat membutuhkan keahlian profesional. Untuk memeliharanya dan meneruskannya ke generasi berikutnya, perlu untuk menemukan ahli waris – Jaroslav Cellin bersikeras.

(Foto. Radio Gdańsk / Roman Jocher)

Janusz Svitkovsky memenangkan tempat pertama dalam kategori “Solo: Penyanyi atau Alat Musik”. Spesial ini dipersembahkan kepada Crosina Milos. Shyarkovis memenangkan grup lagu dan tari Kashubian dalam kategori “Band Rakyat atau Band Rakyat”. Penghargaan diberikan kepada grup tari dan lagu daerah Kashubian di Begebenheit, Grup Materia Prima, Band Ecekon Karno, Lubichowskie Kociewiaki dan Kartuzy. Hadiah utama dalam kategori “Kerajinan dan Seni Rakyat” diberikan kepada Irina Preska. Studio Keramik Kashubian NECLÓW, Helena Pavlovska, Kristina Malek dan Tadeusz Mogowski menerima penghargaan tersebut.

– Saya merasa betah di antara seniman yang luar biasa. Ini adalah orang-orang yang memiliki keberanian untuk mengatakan dan melakukan apa yang mereka pikirkan dalam jiwa mereka, untuk menunjukkan minat mereka dan untuk menunjukkan diri mereka sendiri. Sungguh menakjubkan bagaimana saya bisa berada di grup seperti itu. Sampai saya berpartisipasi dalam kompetisi ini, saya tidak pernah menganggap diri saya sebagai seniman rakyat. Ketika undangan datang ke Kala saya tahu saya telah mendaftar. Dari sudut pandang seorang penulis lagu kecil, dengan sedikit keterlibatan dalam puisi, orang tidak dapat menahan kesan bahwa puisi dan seni rakyat ini meresap; Tidak diketahui di mana yang satu berakhir dan yang lain dimulai. Anda harus berbagi perasaan, naluri, dan pengalaman Anda karena kita semua kaya dan ada sesuatu untuk dibagikan kepada semua orang – katanya. Janusz Svitkovsky.

(Foto. Radio Gdańsk / Roman Jocher)

Para pemenang tampil selama upacara final regional pada 29 Mei pukul 16:00 di Studio Konser Janus Hajdun Radio Kdanskin. Kami juga menyerahkan penghargaan malam itu.

(Foto. Radio Gdańsk / Roman Jocher)

Jurnalis, pembangun, artis

Janusz Svitkovsky, pemenang kategori “Soloist”, mengarang, memainkan, dan menyanyi. Ia jarang tampil di atas panggung karena “entah bagaimana tidak ada waktu”. Dia pernah mengubah jurnalisme menjadi pekerjaan pekerja konstruksi, dan sekarang dia bergumam dari atap, rumah atau cerobong asap. Keluarga dan teman-teman mengatakan dia bernyanyi sambil berbelanja di toko dan di meja. Setiap tahun, ia mensponsori perayaan Tahun Baru di Kashubian dengan bermain di pasuna. Dia memberikan konser, memainkan alat musik tradisional, menulis teks dan menggubah musik. Dia menggambarkan dirinya sebagai non-tukang kayu, dan bertanya-tanya apakah dia masih seorang jurnalis. Dia tinggal bersama keluarganya di desa Koiskovo yang indah.

Keanggotaan menjadi tradisi

Grup lagu dan tari Kashubian “Sierrakovis” – pemenang kategori “Band atau Band Rakyat” – telah beroperasi terus menerus selama 42 tahun. Pada saat itu, ia sangat tertanam dalam identitas masyarakat setempat. Ini mengajarkan, mengajarkan dan membentuk rasa patriotisme daerah untuk generasi berikutnya. Dalam banyak kasus, keanggotaan band adalah tradisi keluarga. Di sini mereka menemukan tempat bagi kaum muda untuk mengembangkan keterampilan musik dan tari mereka.

Selama 25 tahun, kelompok ini telah dikaitkan dengan Pusat Kebudayaan Kota di Sierra Leone, di mana para anggotanya belajar memainkan alat musik. Pusat ini juga memberi mereka dukungan institusional, berkat itu mereka memberikan konser tidak hanya di Polandia tetapi juga di luar negeri, memenangkan banyak ulasan dan menampilkan cerita rakyat di tingkat tertinggi. Mereka memiliki bakat yang luas: selain presentasi yang kaya dari cerita rakyat Kaspia, mereka menawarkan karangan bunga tarian Loewich dan Krakow serta banyak potongan instrumental dan vokal.

Lagu dan grup tari Kashubian “Sierrakovis” telah memenangkan banyak penghargaan, termasuk “Złoty Tur” di festival lagu, tarian dan gawda Kazubska di Sojnis (1986 dan 1989); “Amber Neptunus” pada festival kelompok rakyat di Polandia utara di Gdańsk (1984 dan 1986); Grand Prix Review Band Regional Caspian, Versuccino 2008; Tempat ke-2 dalam review band folk Polandia Utara, Piaseczno 2014; Hadiah utama pada Festival Negara Baltik di Carlsham, Swedia pada tahun 2013 dan 2015; Grand Prix of the Pomeranian Folklore Review, 2015. Sebagai pengakuan atas kontribusi mereka terhadap budaya regional, ansambel ini menerima gelar berikut: “Meritorious to the Commune of Sierra Leone” (1992), “Kashubia’s Pearl”, serta Kartuzy Staroste Penghargaan (2007 dan 2015) dan Lencana “Z” “Pada 2010. Pada 2018, ia dianugerahi Penghargaan Oscar Golberg untuk” Kualifikasi untuk Budaya Rakyat “.

(Foto. Radio Gdańsk / Roman Jocher)

Patung, teater, dan film

Irena Presca, pemenang kategori “Kerajinan Tangan dan Seni Rakyat”, adalah seorang pematung, pemegang beasiswa dari Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional dan seorang marshal dari Provinsi Pomeranian. Dia tinggal di Kożyczkowo, tetapi berasal dari Warmia, dan dapat membandingkan dan membedakan bagian-bagian yang dia pasang dalam instalasinya. Dengan mengacu pada sastra, berita, dan mitologi Kashubian, ia menyadari permainan mainan aslinya dan menghidupkan kembali patung-patungnya.

Dia ikut menulis film “Adventures of Remus” dalam bentuk animasi stop-motion, dan ikut menulis patung untuk patung “Kite Wood”, yang terinspirasi oleh kebiasaan Kashubian memotong layang-layang di tengah. malam musim panas. . Adegan pertama pertunjukan berlangsung di Pusat Kebudayaan, Olahraga dan Hiburan Kota di Simeilno selama final kompetisi “Rodno Moa” 2018. Acara ini bertepatan dengan pembukaan dan pameran “Dunia Pribadi” di Museum Kashubian di Kardashian, di mana Irina Bresca dan Museum Kashubian yang disebutkan di atas di Kardashian memenangkan “Penghargaan Museum Pomeranian” untuk keunikannya. Kompetisi.

Ibu Irina telah memahat selama 19 tahun. Hal terpenting baginya adalah menemukan sekolah yang dia ciptakan dengan patung-patungnya. Siswa ingin tahu bahwa ada bentuk yang menunjukkan seluruh dunia patung hidup. Kesempatan untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang dicintainya akan menjadi kesuksesan terbesarnya.

Peluang besar

Pemenang hadiah utama regional di ketiga kategori akan mewakili voyeurship kami di final nasional kompetisi yang diselenggarakan oleh Radio Keells, yang akan berlangsung di Museum Desa Keells di Tokarnia, dekat Keells. Perjalanan ini merupakan kesempatan bagi Menteri Kebudayaan dan Warisan Nasional, Professor Award. Piotr Gliński. Final nasional akan diadakan pada 25-26 Juni.
Pemenang kategori “Soloist” dan “Folk Band” akan mendapatkan sesi rekaman selama sepuluh jam di studio konser Radio Kdanskin, dan pemenang hadiah dalam kategori “Craft and Folk Art” akan mendapat kesempatan untuk mempresentasikan karya mereka. Sebuah pameran yang diselenggarakan oleh Radio Gdańsk.

Penyelenggara kompetisi adalah Radio Gdansk dan mitranya – Radio Kiels. Sponsor kampanye PKN Orlan.

Galeri Marver

READ  Pertunangan dengan Donald Trump Jr. dan Kimberly Gilfoyl terjadi