Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Formasi ‘bunga’ kecil terlihat di Mars oleh penjelajah Curiosity

Penjelajah Curiosity menemukan batu ini, lebih kecil dari satu sen, yang menyerupai bunga atau potongan karang di dalam Kawah Gale pada 24 Februari. Potongan-potongan kecil di foto ini dibuat miliaran tahun yang lalu ketika mineral yang dibawa oleh air menyemen batu itu.

Penjelajah Curiosity NASA menggunakan dua kamera untuk membuat selfie ini di depan “Mont Mercou,” sebuah formasi batuan yang tingginya 20 kaki.

Perspektif belahan bumi Valles Marineris Mars ini, dari 9 Juli 2013, sebenarnya adalah sebuah mosaik yang terdiri dari 102 gambar Viking Orbiter. Di tengah adalah sistem ngarai Valles Marineris, panjangnya lebih dari 2.000 kilometer dan kedalaman hingga 8 kilometer.

Potret diri penjelajah Curiosity Mars 2016 ini menunjukkan kendaraan di lokasi pengeboran Quela di daerah Murray Buttes di Gunung Sharp yang lebih rendah.

Foto saluran sungai yang diawetkan di Mars ini diambil oleh satelit yang mengorbit, dengan lapisan warna untuk menunjukkan ketinggian yang berbeda. Biru itu rendah dan kuning itu tinggi.

Misi Mars Express Badan Antariksa Eropa menangkap gambar kawah Korolev tahun 2018 ini, lebih dari 50 mil dan dipenuhi dengan air es, di dekat kutub utara.

Mars Reconnaissance Orbiter menggunakan kamera HiRISE untuk mendapatkan pemandangan area dengan tekstur yang tidak biasa di lantai selatan Kawah Gale ini.

Lava yang didinginkan membantu melestarikan jejak tempat bukit pasir pernah bergerak melintasi wilayah tenggara di Mars. Tapi itu juga terlihat seperti simbol “Star Trek”.

Meskipun Mars tidak aktif secara geologis seperti Bumi, fitur permukaan telah banyak dibentuk oleh angin. Fitur ukiran angin seperti ini, yang disebut yardang, adalah umum di planet merah. Di pasir, angin membentuk riak dan bukit pasir kecil. Di atmosfer Mars yang tipis, cahaya tidak tersebar banyak, sehingga bayangan yang ditimbulkan oleh yardang tajam dan gelap.

READ  Penelitian baru membalikkan pemahaman 100 tahun tentang persepsi warna

Beton kecil yang kaya hematit ini berada di dekat Kawah Fram, yang dikunjungi oleh penjelajah Opportunity NASA pada April 2004. Area yang ditampilkan adalah 1,2 inci. Pemandangan tersebut berasal dari pencitra mikroskopis pada lengan robot Opportunity, dengan informasi warna yang ditambahkan dari kamera panorama rover. Mineral ini menunjukkan bahwa Mars memiliki masa lalu yang berair.

Gambar ini menunjukkan aliran musiman di Valles Marineris di Mars, yang disebut garis lereng berulang, atau RSL. Tanah longsor Mars ini muncul di lereng selama musim semi dan musim panas.

Mars diketahui memiliki badai debu yang mengelilingi planet. Gambar-gambar 2001 dari pengorbit Mars Global Surveyor NASA ini menunjukkan perubahan dramatis dalam penampilan planet ketika kabut yang ditimbulkan oleh aktivitas badai debu di selatan menyebar secara global.

Gambar komposit ini, melihat ke arah wilayah Gunung Sharp yang lebih tinggi, diambil pada September 2015 oleh penjelajah Curiosity NASA. Di latar depan adalah punggungan panjang yang penuh dengan hematit. Tepat di seberangnya terdapat dataran bergelombang yang kaya akan mineral lempung. Dan di luar itu ada banyak butte bulat, semuanya kaya akan mineral sulfat. Mineralogi yang berubah di lapisan ini menunjukkan perubahan lingkungan di awal Mars, meskipun semuanya melibatkan paparan air miliaran tahun yang lalu.

Seismometer InSight mencatat “gempa mars” untuk pertama kalinya pada April 2019.

Dari tempat bertenggernya yang tinggi di punggung bukit, Opportunity merekam gambar setan debu Mars tahun 2016 yang berputar melalui lembah di bawahnya. Pemandangan itu terlihat dari jejak rover yang mengarah ke lereng Knudsen Ridge yang menghadap ke utara, yang merupakan bagian dari tepi selatan Lembah Marathon.

READ  Saksikan bulan merah muda menerangi langit malam di bulan April

HiRISE menangkap endapan berlapis dan lapisan es cerah di kutub utara Mars.

Nili Patera adalah wilayah di Mars di mana bukit pasir dan riak bergerak dengan cepat. HiRISE, di atas Mars Reconnaissance Orbiter, terus memantau area ini setiap beberapa bulan untuk melihat perubahan pada skala waktu musiman dan tahunan.

Penjelajah Curiosity NASA menangkap panorama permukaan Mars dengan resolusi tertinggi pada akhir 2019. Ini mencakup lebih dari 1.000 gambar dan 1,8 miliar piksel.

Gambar ini, menggabungkan data dari dua instrumen di atas Mars Global Surveyor NASA, menggambarkan pemandangan orbit wilayah kutub utara Mars. Tutup kutub yang kaya es memiliki lebar 621 mil, dan pita gelap di dalamnya adalah palung yang dalam. Di sebelah kanan tengah, sebuah ngarai besar, Chasma Boreale, hampir membagi dua lapisan es. Chasma Boreale kira-kira sepanjang Grand Canyon yang terkenal di Amerika Serikat dan kedalamannya mencapai 1,2 mil.

Kawah tumbukan segar yang dramatis mendominasi gambar ini yang diambil oleh kamera HiRISE pada November 2013. Kawah ini membentang sekitar 100 kaki dan dikelilingi oleh zona ledakan besar. Karena medan di mana kawah terbentuk berdebu, kawah baru tampak biru dalam warna gambar yang disempurnakan, karena penghilangan debu kemerahan di daerah itu.

Gundukan gelap ini, yang disebut Ireson Hill, berada di formasi Murray di bagian bawah Gunung Sharp, dekat lokasi di mana penjelajah Curiosity NASA memeriksa gundukan pasir linier pada Februari 2017.

Apakah itu kue dan krim di Mars? Tidak, itu hanya bukit pasir kutub yang ditaburi es dan pasir.

Awan di tengah gambar ini sebenarnya adalah menara debu yang terjadi pada tahun 2010 dan ditangkap oleh Mars Reconnaissance Orbiter. Awan biru dan putih adalah uap air.

READ  Multnomah County sekarang mencoba untuk mempercepat pembukaan kembali setelah penundaan seminggu

HiRISE mengambil gambar kawah berukuran satu kilometer ini di belahan selatan Mars pada Juni 2014. Kawah itu menunjukkan embun beku di semua lereng yang menghadap ke selatan di akhir musim dingin saat Mars menuju musim semi.

Dua gempa terbesar yang terdeteksi oleh InSight NASA tampaknya berasal dari wilayah Mars yang disebut Cerberus Fossae. Para ilmuwan sebelumnya melihat tanda-tanda aktivitas tektonik di sini, termasuk tanah longsor. Gambar ini diambil oleh kamera HiRISE di Mars Reconnaisance Orbiter NASA.

Gambar ini adalah foto pertama yang diambil dari permukaan Mars. Itu diambil pada 20 Juli 1976, oleh pendarat Viking 1 tak lama setelah mendarat di planet ini.