Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Fosil dinosaurus berleher panjang yang ditemukan ilmuwan Argentina merupakan salah satu fosil dinosaurus terbesar yang pernah ada

Fosil dinosaurus berleher panjang yang ditemukan ilmuwan Argentina merupakan salah satu fosil dinosaurus terbesar yang pernah ada

Ahli paleontologi Argentina telah menemukan sisa-sisa dinosaurus herbivora berleher panjang jenis baru yang sangat besar di wilayah Patagonia selatan negara itu, mengatakan bahwa binatang ini adalah salah satu yang terbesar yang pernah ditemukan.

Penemuan di Cagar Alam Pueblo Blanco yang dipajang pada Kamis ini pertama kali ditemukan oleh para ilmuwan pada 2018. Tulang dinosaurus yang begitu besar menyebabkan truk yang membawa mereka ke laboratorium Buenos Aires terbalik, meski tidak ada yang terluka. Dan residunya dibiarkan utuh.

Ahli paleontologi Nicholas Chimento mengatakan para ilmuwan memutuskan untuk memberi nama dinosaurus “Chucarosaurus Diripienda,” yang berarti direbus dan diparut, karena berguling dan selamat dari kecelakaan.

Dengan berat 50 ton dan panjang 30 meter, Chucarosaurus adalah dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di provinsi pegunungan Rio Negro. Dia akan hidup di akhir periode Cretaceous bersama dengan predator, ikan, dan penyu.

Para ilmuwan mengatakan tulang paha Chucarosaurus, yang membentang sepanjang 1,90 meter, terbelah menjadi tiga bagian, masing-masing memiliki berat lebih dari 100 kilogram dan membutuhkan setidaknya tiga orang untuk mengangkatnya.

Patagonia adalah rumah bagi dinosaurus pemakan tumbuhan terbesar di dunia seperti Patagotitan Mayor, dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan, meskipun para ilmuwan masih belum tahu mengapa spesies di sana tumbuh begitu cepat dan dalam beberapa kasus tidak pernah berhenti tumbuh sepanjang hidup mereka.

Sementara Chucarosaurus, sauropoda, menyaingi raksasa Patagonia lainnya dalam ukuran dan berat, kata ahli paleontologi Matias Mota, karakteristik di pinggul, kaki depan, dan kaki belakangnya menunjukkan bahwa ia lebih gesit dan gesit.

READ  Fosil "monster laut" memberikan bukti bahwa ichthyosaurus bermigrasi 230 juta tahun yang lalu

Sekitar 140 spesies dinosaurus telah ditemukan di Argentina, yang merupakan salah satu dari tiga negara terbesar di dunia dalam hal penelitian dan penemuan bersama dengan China dan Amerika Serikat.

Studi tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Museum Ilmu Pengetahuan Alam Bernardino Rivadavia, Yayasan Azara dan Dewan Riset Nasional Conicet dengan dukungan dari National Geographic Society.

(Laporan oleh Lucila Segal) Ditulis oleh Sarah Moreland. Diedit oleh David Gregorio

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.