Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Foto sains menakjubkan dari Nikon Small World Photo Contest 2023

Foto sains menakjubkan dari Nikon Small World Photo Contest 2023

berlangganan Untuk buletin sains CNN, Wonder Theory. Jelajahi alam semesta dengan berita tentang penemuan menarik, kemajuan ilmiah, dan banyak lagi.



CNN

Tarantula beracun, sirup gula mengkristal Rambut-rambut yang berpendar secara spontan pada daun termasuk di antara 20 gambar teratas yang dipilih berdasarkan sains dan keseniannya dalam Kontes Fotografi Mikroskopi Dunia Kecil Nikon tahun ini.

Kompetisi ini, yang memasuki tahun ke-49, memberikan hadiah utama kepada peneliti Hassanein Ghambri, dibantu oleh Jayden Dixon, atas gambar kepala saraf optik hewan pengerat dalam kotak berwarna kuning cerah, merah dan hijau, sambil mempelajari retinopati diabetik – suatu kondisi mempengaruhi mata. Yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan pada penderita diabetes.

Gambari, yang telah terlibat dalam penelitian tentang deteksi dini dan pembalikan retinopati diabetik sejak tahun 2021, mengatakan kompetisi ini memungkinkan orang untuk menampilkan “sisi estetika dan artistik dari sains yang mungkin terlewatkan.”

“Kompetisi seperti ini tidak hanya merayakan kerja keras dan semangat para peserta, namun juga dapat menarik para ilmuwan muda dan menginspirasi mereka untuk berkarir di bidang STEM. Ini tentu menginspirasi saya,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa.

Eric Flem, direktur senior hubungan pelanggan dan komunikasi di Nikon Instruments, menambahkan bahwa dia “terus kagum” dengan kemajuan teknologi pencitraan ilmiah “memungkinkan terciptanya seni dari sains untuk dinikmati publik.”

Penyelenggara mengatakan kompetisi tahun ini menerima hampir 1.900 peserta dari 72 negara.

Uli Bielefeldt menempati posisi kedua karena foto korek api yang menyala akibat gesekan saat membentur permukaan kotak. Di tempat ketiga adalah Malgorzata Lisowska karena gambar sel kanker payudaranya yang berwarna merah jambu.

Pilihan gambar terbaik pilihan penyelenggara dapat dilihat pada galeri di atas.

READ  Para ilmuwan menemukan fosil 'hantu' - 'sama sekali tidak terduga'