Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gambaran dramatis muncul saat Taiwan dilanda gempa terkuat dalam 25 tahun

Gambaran dramatis muncul saat Taiwan dilanda gempa terkuat dalam 25 tahun

Gempa Taiwan: Tujuh orang tewas dan ratusan lainnya terluka setelah gempa berkekuatan 7,4 SR, yang disebut-sebut sebagai gempa terkuat dalam 25 tahun terakhir, melanda Taiwan timur pada Rabu pagi, memicu peringatan tsunami bagi pulau yang mempunyai pemerintahan sendiri itu serta sebagian wilayah Jepang selatan dan Jepang. Filipina. .

Orang yang meninggal (dalam beberapa jam pertama) tertimpa tanah longsor, Berita Taiwan Ditambah Dikutip oleh otoritas pemadam kebakaran.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan gempa tersebut – yang terjadi sebelum pukul 8:00 pagi waktu setempat – berkekuatan 7,4 dan berpusat 18 kilometer selatan Kota Hualien di Taiwan, pada kedalaman 34,8 kilometer.

Sementara itu, pejabat Pusat Gempa Taipei mengatakan gempa yang melanda Taiwan ini adalah “yang terkuat dalam 25 tahun terakhir”.

kantor berita Reuters Dilaporkan 20 orang terjebak di 26 bangunan yang runtuh, lebih dari separuhnya berada di Kota Hualien. Upaya penyelamatan sedang dilakukan di daerah-daerah yang terkena dampak di seluruh kota.

Pasca gempa Taiwan

Ada laporan kerusakan parah dan runtuhnya bangunan dan rumah setelah gempa.

Ribuan rumah juga mengalami pemadaman listrik, sementara jalan raya utama di sepanjang pantai timur ditutup karena tanah longsor dan longsor, kata para pejabat Taiwan. CNN.

Taiwan juga mengeluarkan peringatan tsunami, namun tidak melaporkan kerusakan apa pun yang diakibatkannya. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii kemudian mengatakan bahwa sebagian besar risiko kerusakan akibat tsunami telah berlalu.

Kantor Berita AP Dilaporkan bahwa layanan kereta api ditangguhkan di seluruh pulau berpenduduk 23 juta orang, begitu pula layanan kereta bawah tanah di Taipei.

“Gempa bumi adalah hal yang biasa dan saya sudah terbiasa dengan hal tersebut. Namun hari ini adalah pertama kalinya saya takut sampai menangis karena gempa bumi.” AP.

iklan

Presiden Taiwan yang akan segera habis masa jabatannya, Tsai Ing-wen, mengatakan dia telah memerintahkan pemerintahannya untuk segera melihat situasi dan memahami dampaknya sesegera mungkin. Mereka juga diminta untuk “memberikan bantuan yang diperlukan dan bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengurangi dampak bencana.” CNN tersebut.

READ  Siswa menggunakan ChatGPT untuk mengerjakan pekerjaan rumah, berikut cara menangkapnya | umum

Gambar gempa yang melanda Taiwan

Saat gempa mengguncang kota tersebut, gambar-gambar mengerikan muncul di media sosial yang menunjukkan momen gempa terjadi dan apa yang terjadi setelahnya.

Salah satu video menunjukkan tirai langit-langit bergoyang maju mundur saat gempa melanda kota tersebut.

Foto yang dibagikan oleh Pengguna Orang-orang yang mengendarai skuter dan mobil melaju setelah gempa berhenti.

Salah satu klip video seram memperlihatkan jembatan metro bergetar dari kiri ke kanan di tengah gempa kuat.

Gambar visual dari Jalan Beibin Kota Hualien menunjukkan dampak gempa ketika bangunan tersebut – yang terletak di sudut jalan – dibiarkan dalam posisi miring dengan sebagian atap sampingnya menimpa sepeda yang diparkir di luarnya.

Salah satu gambarnya berasal dari kamera mobil yang menangkap dampak gempa saat terjadi.

Badan Meteorologi Jepang menyebutkan gelombang tsunami setinggi tiga meter diperkirakan akan segera mencapai pulau-pulau terpencil Jepang di wilayah tersebut, termasuk Pulau Miyakojima.

Taiwan sering dilanda gempa bumi karena letak pulau ini di dekat persimpangan lempeng tektonik. Gempa bumi berkekuatan 7,6 skala Richter melanda Taiwan pada bulan September 1999, menewaskan sekitar 2.400 orang dalam bencana alam paling mematikan dalam sejarah pulau itu.

Kota Hualien dilanda gempa bumi dahsyat pada tahun 2018, yang menyebabkan runtuhnya sebuah hotel bersejarah dan beberapa bangunan.

(Dengan masukan dari lembaga)

Asmita Ravi ShankarAsmita Ravi Shankar adalah magang berita di News18.com dan meliput kejahatan dan peristiwa umum…Baca selengkapnya

Pertama kali diterbitkan: 03 April 2024 pukul 07:46 WIB