Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gazprom menghindari gerakan gugup dalam kasus Nord Stream 2. Ini akan menunggu dengan sabar untuk sertifikasi – Energetyka Biznes Wprost

Gazprom menghindari gerakan gugup dalam kasus Nord Stream 2. Ini akan menunggu dengan sabar untuk sertifikasi – Energetyka Biznes Wprost

Pendapatan tinggi yang tidak terduga dari penjualan gas ke konsumen di Eropa mencegah Gazprom dari tekanan untuk mempercepat pengiriman gas melalui pipa gas Nord Stream 2. Pada 16 November, regulator Jerman Bundesnetzagentur menangguhkan sertifikasi Nord Stream 2 AG sebagai operator Nord Stream 2 pipa gas, yang Perusahaannya didirikan di Swiss dan operator harus bertindak sesuai dengan hukum Jerman. Keputusan seperti itu tidak sesuai dengan selera Gazprom, tetapi, sumber mengatakan kepada Reuters, akan menunggu dengan sabar untuk keputusan akhir, yang akan dikeluarkan sesuai dengan semua prosedur.

Gazprom bertanya-tanya apakah akan mudah untuk mencapai kesepakatan dengan penerus Angela Merkel

Pengumuman kesabaran itu mengejutkan, karena dimulainya transportasi gas, meskipun tidak disetujui, hanya akan menghasilkan denda kecil, sehingga Gazprom tidak akan mengambil risiko secara finansial secara signifikan. Hanya saja Jerman sedang dalam proses mengubah posisi kanselir, sehingga kesewenang-wenangan seperti itu dapat diterima dengan buruk, dan tanpa itu hubungan Gazprom dengan UE akan tegang. Oleh karena itu keputusan untuk melakukan segala sesuatu dalam urutan yang benar.

Kami tidak ingin mendapatkan persetujuan yang lebih cepat untuk pipeline. “Sekarang semuanya ada di tangan Jerman,” kata salah satu informan.

Gazprom, yang merupakan pembayar pajak terbesar Rusia dan bekerja sama dengan Kremlin, sedang menunggu dengan beberapa kekhawatiran tentang apa yang akan segera terjadi di Berlin. Sementara Angela Merkel telah bekerja sama erat dengan Rusia dan melihat minat Jerman dalam membangun jaringan pipa gas ke dasar Laut Baltik, tidak pasti apakah penggantinya, Olaf Schulz, juga ingin meningkatkan kerja sama. Di Uni Eropa sendiri, penentangan terhadap pipa gas yang melewati Ukraina kuat, dan Jerman mendorong beberapa keputusan yang bertentangan dengan pandangan negara-negara anggota lainnya.

READ  Starlinki lagi atas Polandia. Kapan dan bagaimana Anda melihat "Kereta Luar Angkasa" oleh Elon Musk?

Gazprom dengan hasil terbaik dalam sejarah

Setelah publikasi laporan kuartal ketiga, Wakil Presiden Vamich Sadegov mengatakan bahwa selama sembilan bulan pertama tahun 2021 Gazprom mencapai rekor 1,5 triliun rubel ($20,09 miliar). Pada periode yang sama tahun lalu, Gazprom mencatat kerugian bersih 202 miliar rubel.

Harga rata-rata ekspor gas pada kuartal ketiga adalah $304 per seribu meter kubik. Ini lebih dari dua kali lipat dari tahun sebelumnya.

– Hasil ini dipengaruhi oleh situasi di pasar ekspor. Mengingat dinamika mereka saat ini, kami mengharapkan hasil yang lebih mengesankan di kuartal keempat dan di akhir tahun, kata Famił Sadigow setelah menerbitkan laporan kuartal ketiga.

Baca juga:
Nord Stream 2 ditangguhkan setidaknya hingga Januari 2022. Bagaimana pengaruhnya terhadap harga gas?