Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Gedung Putih acuh tak acuh terhadap Islamabad’: Surat kemarahan dari menteri luar negeri Pakistan kepada utusan AS

Meskipun Pakistan telah lebih dekat dengan China dalam beberapa tahun terakhir dengan Beijing muncul sebagai mitra yang kuat untuk rencana ekonomi Islamabad, hubungannya dengan Amerika Serikat telah menurun. Ada bukti baru tentang hal ini dalam sebuah surat, yang diterima secara eksklusif oleh CNN-News18, dari Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi kepada duta besar negaranya untuk Amerika Serikat, Asad Majeed Khan.

Dalam korespondensi tertanggal 27 September 2021, Qureshi mengatakan bahwa kedutaan tidak dapat menjalin kontak yang berarti antara kedua negara. Ia juga mencatat bahwa terlepas dari peran kunci yang dimainkan Pakistan di Afghanistan, Washington telah acuh tak acuh terhadap Islamabad.

Qureshi meminta duta besar untuk memastikan “langkah-langkah diplomatik yang memadai diambil untuk memastikan kepentingan strategis Pakistan di semua forum diplomatik”.

Baca juga | Perdana Menteri Pakistan mendesak miliarder Bill Gates untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan

Perkembangan itu terjadi bahkan ketika seminggu yang lalu sekelompok senator mendukung RUU yang berusaha menyelidiki peran Pakistan dalam kebangkitan Taliban, merekomendasikan sanksi terhadap setiap entitas yang ditemukan telah membantu kelompok itu.

Sementara banyak negara telah menjangkau pemerintah Taliban, termasuk negara-negara seperti China dan Rusia, Pakistan mendapati dirinya disebutkan dalam RUU tersebut, yang disebut ‘Afghanistan Counter-Terrorism, Oversight and Accountability Act of 2021’, karena dugaan hubungannya dengan Islam. . tugas.

Pemerintah Pakistan telah berulang kali membantah tuduhan bahwa mereka memberikan dukungan material, logistik dan intelijen kepada Taliban. Namun, kedatangan kepala intelijen Pakistan (ISI) di Kabul pada saat Taliban berusaha membentuk pemerintah sementara Afghanistan adalah bukti pengaruh Islamabad terhadap kelompok tersebut.

Baca juga | Di luar tuduhan itu, Sneha Dube dari India dan Saima Saleem Pakistan yang tunanetra mendapat keberanian di PBB

Wakil Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman dijadwalkan tiba di Pakistan pada hari Kamis, setelah kunjungan ke India, untuk pembicaraan mengenai hubungan yang tegang antara kedua negara mengenai masalah Afghanistan.

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaru Dan Berita virus corona Di Sini. Ikuti kami Situs jejaring sosial FacebookDan Indonesia Dan kabel.

READ  Gedung Miami runtuh: Satu tewas, lebih dari 50 masih hilang, kata para pejabat