Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gedung Putih tidak akan mengatakan apakah kekebalan kelompok terhadap Covid-19 dapat dicapai

KTT vaksin global online yang diselenggarakan oleh Gavi dan pemerintah Jepang pada hari Rabu mengumpulkan $ 2,4 miliar, memungkinkan untuk membeli 1,8 miliar dosis vaksin untuk negara-negara berpenghasilan rendah yang berpartisipasi dalam COVAX Prakarsa.

Gavi bersama dengan Vaccine Alliance, Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI) dan World Health Organization mengoordinasikan skema COVAX, yang bertujuan untuk memastikan semua negara memiliki akses yang sama terhadap vaksin Covid-19.

Totalnya terdiri dari donasi dari lebih dari 40 pemerintah donor, sektor swasta, dan yayasan “yang telah melampaui target pendanaan mereka dan total janji untuk COVAX AMC telah mencapai $9,6 miliar hingga saat ini,” menurut siaran pers dari Gavi.

Vaksin yang dijadwalkan untuk pengiriman pada tahun 2021 dan awal 2022, “akan memungkinkan COVAX untuk melindungi sekitar 30% dari populasi orang dewasa di 91 ekonomi AMC.”

Pernyataan itu mengatakan uang yang dikumpulkan pada hari Rabu juga akan mendukung COVAX untuk mendiversifikasi portofolio vaksinnya di saat ketidakpastian pasokan dan munculnya variabel baru.

Salah satu donor penting adalah Jepang, yang berkomitmen $800 juta di KTT dan meningkatkan total kontribusinya menjadi $1 miliar.

Negara-negara Eropa seperti Austria dan Spanyol termasuk di antara negara-negara yang meningkatkan komitmennya untuk menyumbangkan vaksin di KTT tersebut.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez mengatakan pada pertemuan puncak itu bahwa Spanyol akan mengirim tambahan 15 juta vaksin, sehingga totalnya menjadi 22,5 juta pada akhir 2021.

“Selain itu, kami akan memberikan tambahan 50 juta euro kepada Gavi,” tambahnya.

Kanselir Sebastian Kurz mengatakan pada pertemuan puncak itu bahwa Austria akan menyumbangkan 2,6 juta euro lagi, sehingga total kontribusinya menjadi 5 juta euro.

READ  Inggris memantau dengan cermat program vaksinnya dan peningkatan jumlah kasus

Jose Manuel Barroso, Ketua Dewan Direksi Gavi, berterima kasih kepada semua donor karena membantu meningkatkan “peluang kita untuk mengendalikan epidemi.”