Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa berkekuatan 7,0 mengguncang pulau utama Indonesia

Gempa berkekuatan 7,0 mengguncang pulau utama Indonesia

Gempa bumi yang kuat mengguncang sebagian pulau utama Indonesia di Jawa dan pulau wisata Bali pada 14 April, menyebabkan kepanikan tetapi tidak ada laporan segera mengenai kerusakan atau korban jiwa.

USGS mengatakan gempa berkekuatan 7,0 itu berpusat 96,5 kilometer (59,8 mil) utara Tuban, sebuah kota pesisir di provinsi Jawa Timur, pada kedalaman 594 kilometer (369 mil).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia mengatakan tidak ada bahaya tsunami tetapi memperingatkan kemungkinan gempa susulan. Badan itu memperkirakan besarnya awal 6,6. Variasi dalam pengukuran awal adalah umum.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan penduduk lokal dan turis di provinsi tetangga Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Bali panik karena rumah dan bangunan bergoyang selama beberapa detik. Beberapa tempat memerintahkan evakuasi, yang membuat banyak orang turun ke jalan.

Negara berpenduduk lebih dari 270 juta jiwa ini kerap dilanda gempa, letusan gunung berapi, dan tsunami karena lokasinya yang berada di busur gunung berapi dan garis patahan di cekungan Pasifik yang dikenal sebagai “Ring of Fire”.

Pada tahun 2004, gempa bumi yang sangat kuat di Samudera Hindia memicu tsunami yang menewaskan lebih dari 230.000 orang di belasan negara, sebagian besar di provinsi Aceh, Indonesia.

Ini adalah artikel gratis terakhir Anda.

READ  Perdana Menteri Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengatakan hanya India yang memberi kami uang untuk membeli bahan bakar