Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa berkekuatan 7,1 SR mengguncang wilayah perbatasan Kyrgyzstan dan China  berita Dunia

Gempa berkekuatan 7,1 SR mengguncang wilayah perbatasan Kyrgyzstan dan China berita Dunia

Gempa berkekuatan 7,1 skala Richter terjadi di wilayah perbatasan antara Kyrgyzstan dan Xinjiang, lapor Pusat Penelitian Geosains Jerman (GFZ).

Getaran dirasakan di Delhi-NCR. (gambar representasional)

Kedalaman gempa adalah 10 kilometer (6,21 mil), menurut GFZ. Gempa berkekuatan 7,01 skala Richter terjadi setelah pukul 02.00 (Senin 18.00 GMT) di kedalaman 27 kilometer (17 mil) di wilayah Xinjiang, Tiongkok, tepatnya 140 kilometer sebelah barat kota Aksu.

Nantikan semua pembaruan terkini tentang Ram Mandir! klik disini

New Delhi melaporkan gempa kuat meski jaraknya sekitar 1.400 kilometer.

Di negara tetangga Kazakhstan, Kementerian Darurat mencatat gempa serupa berkekuatan 6,7 SR. Reuters tersebut.

CCTV melaporkan 14 gempa susulan terjadi setelah gempa utama, dua di antaranya berkekuatan lebih dari 5.

Gempa bumi terjadi di daerah pedesaan yang sebagian besar dihuni oleh warga Uighur, kelompok etnis Muslim Turki yang menghadapi asimilasi paksa dan penahanan massal sebagai bagian dari tindakan keras pemerintah.

Pusat gempa adalah Kabupaten Ochturbahn, dengan suhu turun hingga minus 18 derajat Celcius (tepat di bawah nol Fahrenheit), seperti yang diperkirakan oleh Badan Meteorologi Tiongkok. Minggu ini, suhu yang sangat dingin telah mempengaruhi berbagai wilayah di Tiongkok utara dan tengah, menyebabkan pihak berwenang beberapa kali menutup sekolah dan jalan raya karena badai salju.

Di Almaty, kota terbesar di Kazakhstan, warga mengungsi dari rumah mereka dan berkumpul di luar meski cuaca dingin. Beberapa orang mengenakan piyama dan sandal.

Uzbekistan juga mengalami gempa susulan serta gempa susulan yang terjadi sekitar 30 menit kemudian.

Survei Geologi AS melaporkan kemungkinan adanya korban jiwa, meskipun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan di daerah pegunungan dan pedesaan yang terkena dampak gempa. Agensi Pers Prancis tersebut. “Kerusakan parah mungkin terjadi dan bencana kemungkinan akan meluas,” kata laporan tersebut.

READ  Penjelasan: Akankah Rishi Sunak menjadi Perdana Menteri India pertama di Inggris?

Peristiwa seismik ini terjadi sehari setelah tanah longsor di barat daya Tiongkok mengubur beberapa orang dan menewaskan sedikitnya delapan orang.

Selain itu, gempa bumi bulan Desember yang melanda barat laut Tiongkok menewaskan 148 orang dan membuat ribuan orang mengungsi di Provinsi Gansu.

Buka dunia manfaat dengan HT! Dari buletin yang berguna hingga peringatan berita real-time dan feed berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan sekali klik! – Masuk sekarang! Dapatkan berita dunia terkini serta berita terkini dari India di Hindustan Times.