Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gempa bumi di New York jarang terjadi dan dirasakan di wilayah yang lebih luas: saat kota-kota di AS merasakan getaran yang “kuat”.

Gempa bumi di New York jarang terjadi dan dirasakan di wilayah yang lebih luas: saat kota-kota di AS merasakan getaran yang “kuat”.

Gempa bumi langka berkekuatan 4,8 skala Richter melanda wilayah metropolitan padat penduduk New York City pada Jumat pagi, kata Survei Geologi AS (USGS). The New York Times mengutip pernyataan Gubernur New York Kathy Hochul: “Ini adalah salah satu gempa bumi terbesar yang melanda Pantai Timur dalam satu abad terakhir.” Reuters Seperti yang dia katakan.

Gempa yang berpusat di dekat Stasiun Whitehouse ini dilaporkan merupakan gempa terkuat ketiga dalam 50 tahun terakhir dan gempa terkuat kesepuluh di Timur Laut. Berdasarkan data yang dikutip CNN, gempa terbesar berkekuatan 5,3 terjadi di Au Sable Forks, New York, pada tahun 2002. Gempa terbesar kedua berkekuatan 5,1 terjadi di Newcomb, New York pada 7 Oktober 1983.

Sementara itu, Associated Press (AP) mengutip Survei Geologi AS yang mengatakan bahwa gempa bumi berkekuatan 5 atau lebih besar melanda dekat Kota New York pada tahun 1737, 1783, dan 1884.

Gempa bumi yang terjadi pada hari Jumat juga memicu ingatan akan gempa bumi tanggal 23 Agustus 2011 yang mengguncang puluhan juta orang mulai dari Georgia hingga Kanada. Dengan pusat gempa di Virginia, gempa ini meninggalkan retakan di Monumen Washington dan membuat khawatir warga New York.

Gempa berkekuatan 3,8 skala Richter yang berpusat di timur Buffalo di pinggiran kota Seneca Barat (bagian barat New York) pada Februari 2023 dikatakan sebagai gempa bumi terkuat di wilayah tersebut setidaknya dalam 40 tahun terakhir.

Selain itu, gempa tahun 1989, yang mengganggu Seri Dunia bisbol dan mengguncang San Francisco, berkekuatan 6,9 skala Richter, menjadikannya 1.000 kali lebih kuat dibandingkan gempa hari Jumat, menurut laporan Reuters.

Baca juga: Gempa bumi di New York: Gubernur Kathy Hochul memperingatkan 'kemungkinan gempa susulan', Presiden Joe Biden menjelaskan

READ  Enam belas peziarah tewas dalam kecelakaan lalu lintas di Irak saat acara keagamaan Berita agama

Mengapa gempa bumi lebih jarang terjadi di Amerika Serikat bagian timur?

Guncangan yang terjadi di dekat New Jersey pada hari Jumat, dilaporkan terasa secara luas mulai dari Washington, D.C., New York City hingga New England. Daerah tersebut tidak terbiasa dengan gempa bumi. Hanya ada 24 gempa bumi berkekuatan 2,5 atau lebih besar di New Jersey sejak tahun 1700, CNN melaporkan.

Gempa tersebut berpusat di Tewksbury di pusat New Jersey, sekitar 40 mil (64 kilometer) barat Kota New York.Survei Geologi AS mengatakan gempa terjadi tepat setelah pukul 10:20 EDT (1420 GMT) pada kedalaman 4,7 kilometer. (2,9 mil).

Gempa bumi lebih jarang terjadi di wilayah timur Amerika Serikat dibandingkan di wilayah barat Amerika Serikat karena… Pantai Timur tidak terletak pada batas lempeng tektonik. Gempa bumi terbesar di wilayah timur biasanya terjadi di sepanjang Punggung Bukit Atlantik Tengah, yang membentang melintasi Islandia dan Samudra Atlantik, demikian laporan Associated Press.

Survei Geologi AS menyebutkan gempa bumi bisa terjadi di mana saja dan kapan saja. Namun sejarah menunjukkan bahwa hal ini terjadi dengan pola umum yang sama dari waktu ke waktu, terutama di tiga wilayah besar di Bumi.

Lebih jauh lagi, Gempa bumi di Amerika Serikat bagian timur dirasakan di wilayah yang lebih luas Batuan tersebut jauh lebih tua dan keras, serta lebih mudah mentransmisikan energi seismik, menurut USGS. Batuan di Amerika Serikat bagian barat berumur lebih muda dan mengandung lebih banyak patahan yang menyerap energi gempa.

Buka dunia yang penuh manfaat! Dari buletin bermanfaat hingga pelacakan inventaris waktu nyata, berita terhangat, dan umpan berita yang dipersonalisasi – semuanya ada di sini, hanya dengan satu klik! Masuk sekarang!

READ  Berita terkini langsung - korban tewas akibat ledakan ranjau di Turki telah meningkat menjadi setidaknya 40: Menteri