Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Gerhana Bulan Sebagian, Venus, Saturnus dan Jupiter – November 2021 Tips Pengamatan Langit dari NASA

Apa kabar November? Planet matahari terbenam, gerhana bulan sebagian, dan kembalinya bintang musim dingin.

Dari 6 November hingga 11 November, saksikan bulan tergelincir VenusDan Saturnus, Dan Jupiter Setelah matahari terbenam di selatan/barat daya. Secara khusus, jika Anda keluar untuk melihat pada tanggal 7 November, Anda akan menemukan bulan sabit berusia empat hari sekitar dua derajat dari Venus. Pasti sangat indah, jadi jangan sampai ketinggalan.

Bagan langit untuk 7 November Setelah matahari terbenam, Venus muncul hanya dua derajat dari bulan sabit di barat daya. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Dan antara sekarang dan awal Desember, Anda akan menemukan Jupiter dan Saturnus semakin dekat ke Venus setiap malam.

Gerhana bulan sebagian sedang dalam perjalanan, terjadi semalam pada tanggal 18-19 November, ketika bulan menyelinap ke dalam bayangan Bumi selama beberapa jam. Jika cuaca memungkinkan, gerhana akan terlihat dari mana pun bulan muncul di atas cakrawala selama gerhana. Tergantung pada zona waktu Anda, itu akan terjadi lebih awal atau larut malam untuk Anda.

November 2021 sebagian tampilan gerhana bulan

Peta yang menunjukkan visibilitas gerhana bulan sebagian pada 18-19 November. Area gelap menunjukkan visibilitas yang lebih besar. Periksa detail lokal untuk visibilitas di dekat Anda. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Sekarang ini adalah area besar planet yang akan dapat melihat setidaknya sebagian dari gerhana, termasuk Amerika Utara dan Selatan, Asia Timur, Australia, dan kawasan Pasifik. Jadi periksa kapan mereka melihatnya untuk area Anda.

Bagi pengamat Pantai Timur Amerika Serikat, gerhana sebagian dimulai sesaat setelah pukul 2 pagi, dan mencapai puncaknya pada pukul 4 pagi. Untuk pengamat di Pantai Barat, ini berarti dimulai tepat setelah jam 11 malam, dengan maksimum jam 1 pagi.

READ  Pemantauan luar angkasa: NASA sedang mencari obat untuk masalah Hubble | Teleskop Luar Angkasa Hubble

Gerhana bulan sebagian mungkin tidak begitu spektakuler seperti gerhana bulan total – di mana bulan sepenuhnya tertutup oleh bayangan Bumi – tetapi itu sering terjadi.

Dan itu berarti lebih banyak peluang untuk menyaksikan perubahan halus di tata surya kita terkadang terjadi tepat di depan mata kita.

Sepanjang bulan, jika Anda terlambat dan melihat ke timur, Anda akan melihat bahwa beberapa kawan yang akrab mulai bangun larut malam. Bintang-bintang yang familier kembali di langit musim dingin utara, terbit larut malam dan duduk tinggi di selatan saat fajar.

bagan langit asteroid trojan

Bagan langit menunjukkan lokasi beberapa asteroid Trojan yang akan dikunjungi oleh pesawat ruang angkasa Lucy yang baru diluncurkan NASA, terlalu redup untuk dilihat tanpa teleskop besar, tetapi lokasi mereka di langit dekat dengan gugus bintang Pleiades. Kredit: NASA/JPL-Caltech

Anda akan menemukan konstelasi bintang Pleiades memimpin konstelasi Taurus the Bull dan pemburu Orion, diikuti oleh bintang paling terang di langit, Sirius – semuanya datang kembali untuk menemani kami selama malam musim dingin yang panjang di sini di Belahan Bumi Utara. (Dan bagi mereka yang berada di Belahan Bumi Selatan, mereka menemani Anda selama malam yang lebih pendek karena musim semi berganti musim panas di sana.)

Catatan menyenangkan tentang Pleiades bulan ini adalah bahwa banyak dari delapan asteroid yang akan dikunjungi misi Lucy NASA berada di bagian langit itu.

Peluncuran pesawat ruang angkasa Lucy

Pesawat ruang angkasa Lucy diluncurkan dari Space Launch Complex 41, Sabtu, 16 Oktober 2021, di Cape Canaveral Space Force Station di Florida. Kredit: NASA/Bill Ingalls

Pesawat ruang angkasa Lucy diluncurkan pada 16 Oktober dalam misi 12 tahun untuk mengunjungi sekelompok asteroid khusus yang disebut Trojans. Mereka berbagi orbit Jupiter, dengan satu kelompok memimpin planet ini, dan kelompok lain mengikutinya.

READ  Seorang bintang Rusia sedang menuju ke Stasiun Luar Angkasa Internasional minggu depan untuk syuting film luar angkasa dunia pertama

Lucy akan menjadi misi luar angkasa pertama yang menjelajahi kelompok asteroid unik ini, memberikan wawasan baru tentang pembentukan dan sejarah awal tata surya kita.